Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Nama Kelompok : 1. Nabella Duta Nusa23364 2. Fitri Nurcahyani23365 3. Diah Chandra Dewi23366 4. Asri Milana23367.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Nama Kelompok : 1. Nabella Duta Nusa23364 2. Fitri Nurcahyani23365 3. Diah Chandra Dewi23366 4. Asri Milana23367."— Transcript presentasi:

1  Nama Kelompok : 1. Nabella Duta Nusa Fitri Nurcahyani Diah Chandra Dewi Asri Milana23367

2  Microcomputer  Minicomputer  Mainframe computer  Supercomputer

3  Personal Computer Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

4  Desktop Desktop adalah komputer yang di rancang untuk kebutuhan personal dan dapat ditempatkan di atas meja kerja (tidak memerlukan tempat yang luas).

5  Luggables Sebuah komputer luggable memilik berat antara 9-11 kg. Luggable memiliki prosesor, monitor, disk drive, dan keyboard yang digabungkan dalam satu unit. Kadang-kadang unit tersebut dapat mencakup printer juga. Saat ini luggables sebagian besar telah digantikan oleh laptop, notebook, subnotebook, dan Pocket PC.

6  Laptop Merupakan jenis PC yang dapat dijinjing dan bisa digunakan di mana pun karena dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah.

7  Subnotebook Subnotebook adalah perangkat komputer serupa notebook tetapi ukuran atau dimensinya lebih kecil dari notebook biasa. Dengan kata lain subnotebook adalah notebook mini. Subnotebook masih menggunakan standar mikroprosesor mobile sama seperti yang digunakan oleh notebook-notebook umumnya.

8  Pocket PC Merupakan jenis PC yang seukuran saku yang dapat dibawa ke mana pun, Pocket PC hanya sebesar genggaman tangan dengan berat sekitar 1 pon atau kurang dari itu.  Pocket PC dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis: 1. Electronic organizer Electronic organizer digunakan untuk menyimpan agenda, alamat dan rencana harian. 2.Palmtop computer PC yang lebih kecil untuk digenggam dalam satu tangan dan dapat dioperasikan dengan tangan yang lain. 3. Personal Digital Asisten (PDA) atau komunikator pribadi, berukuran kecil, dikendalikan oleh pena atau stylus yang dapat melakukan berkirim pesan tanpa kabel.

9

10  Pen Computer Seiring berkembangnya zaman, ukuran subnotebook atau komputer saku mengalami perubahan, komputer pena tidak memiliki keyboard atau mouse, tetapi memungkinkan Anda untuk memasukkan data dengan menulis langsung di layar dengan stylus, atau pena

11  Workstation Workstation (stasiun kerja) adalah mikrokomputer canggih yang digunakan untuk keperluan teknis. Dalam bahasan jaringan komputer, istilah workstation biasanya dipakai untuk menyebut komputer (yang dipakai oleh pengguna) yang terhubung ke suatu jaringan.

12  Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil. Contoh : IBM AS-400

13  Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.

14  Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah tinggi dan mahal.

15 • Central Processing Unit melakukan apa yang diperintahkan oleh software untuk merubah data menjadi informasi. Terdiri dari dua bagian: • Control unit: Control unit menjelaskan system computer bagaimana cara melaksanakan instruksi program. • Arithmetic / logic unit: atau disingkat ALU, melakukan operasi aritmatika dan operasi logis serta mengendalikan kecepatan operasi tersebut.

16 • Memory, primary storage, internal memory, atau RAM (random access memory) adalah tempat penyimpanan data. Memiliki tiga fungsi utama: • Menyimpan data untuk diolah • Menyimpan instruksi (program) untuk pengolahan data • Menyimpan data yang telah diproses • Main memory terdapat dalam chip yang biasa disebut dengan RAM chips.

17 • Bersifat sementara: Data- data di komputer bisa hilang ketika komputer dimatikan. Untuk menghindari lenyapnya data, maka data harus disimpan di penyimpanan cadangan atau secondary storage, yang biasanya bisa berupa disket atau hard disk. • Kapasitas yang bervariasi: Ukuran kapasitas dari main memory sangat penting diketahui untuk memastikan seberapa besar dan kompleks sebuah program yang digunakan untuk memproses data.

18  Control unit dan ALU juga berisi register, daerah khusus yang meningkatkan kinerja komputer. Registers merupakan area berkecepatan tinggi yang menyimpan data sementara selama pemrosesan dan memberikan area kerja untuk perhitungan.

19 • Di dalam pemrosesannya komputer menggunakan address atau alamat yang disusun oleh angka- angka unik yang terletak di dalam main memory dimana karakter sebuah data atau sebuah instruksi disimpan selama pemrosesan. • Machine cycle, atau siklus mesin, adalah rangkaian operasi yang dilakukan untuk melaksanakan instruksi.

20 Machine Cycle Instruction Cycle 1. Mendapatkan instrusi dari main memory 2. Mengartikan (decode) instruksi tersebut Execution Cycle 1. Melaksanakan instruksi 2. Menyimpan hasil pemrosesan pada main memory

21  Waktu untuk menyelesaikan satu siklus mesin 1. Milliseconds – 1/1000 detik 2. Microseconds – 1/ detik 3. Nanoseconds – 1/ detik 4. Picoseconds – 1/ detik  Waktu untuk menyelesaikan instruksi in Millions of Instructions per Second (MIPS) Ukuran kecepatan komputer yang dapat dilakukan prosesor

22  Floating-Point Operations per Second (FLOPS) Merupakan jenis perhitungan matematis. Biasanya diukur dalam megaflops atau satu juta floating- point per detik.

23 Binary coding : Susunan untuk menampilkan karakter atau digit.  ASCII-8 : American Standard Code for Information Interchange  EBCDIC : Extended Binary Coded Decimal Interchange Code

24 Hanya memiliki digit 0 dan 1, yang merupakan tanda atau sinyal. 0 : Dapat ditunjukkan dengan aliran listrik OFF (tegangan rendah) 1 : Dapat ditunjukkan dengan aliran listrik ON (tegangan tinggi)

25 CharacterASCII-8EBCDICCharacterASCII-8EBCDIC A N B O C P D Q E R F S G T H U I V J W K X L Y M Z ! ;

26  Bit : merupakan ukuran masing-masing dari 0 dan 1 dalam binary system (binary digit)  Byte : terdiri dari 8bit Satu bit mewakili satu karakter. Misal huruf A dengan binary system terdiri dari 8 bit atau 1 byte.  Kilobyte : terdiri dari 1000 byte (1024 byte)  Megabyte :terdiri dari 1,000,000 byte (1,048,576 byte)  Gigabyte :terdiri dari 1 milyar byte (1,073,741,824 byte)  Terabyte: terdiri dari 1 triliyun byte (1,009,511,627,776 byte)

27  bahasa pemrograman tipe binary dimana komputer bisa menjalankannya secara langsung. Bagi kebanyakan orang, sebuah intruksi yang tertulis di bahasa mesin tidak dapat dipahami, dan hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Namun, bahasa seperti itulah yang dimengerti komputer itu sendiri. Angka 0 dan 1 mewakili lokasi penyimpanan dan operasi yang tepat. program language translator dapat secara cepat mengubah instruksi tersebut menjadi bahasa mesin.

28 Unit sistem terdiri dari beberapa komponen elektronik yang mampu membuatnya bekerja. Komponen inilah yang biasanya melakukan pemrosesan informasi. Bagian dari sistem unit: 1. The Power Supply 2. The motherboard 3. The CPU 4. Specialized processor chips 5. The system clock 6. RAM Chips

29 7. Bentuk memory lain – cache, VRAM, flash 8. Expansion slot & board 9. Bus lines 10. Ports 11. PCMCIA slots and cards

30

31 Listrik yang tersedia di outlet itu biasanya adalah AC (alternating current) namun mikrokomputer bekerja pada arus DC. Maka dibutuhkanlah power supply, yaitu alat yang mengubah aliran AC menjadi DC.

32 Kadang aliran listrik dari outlet AC tidak stabil, kadang terjadi percikan dan dapat membakar sirkuit DC yang bervoltase rendah (motherboard menjadi gosong). Sehingga, daripada langsung mencolokkan komputer ke socket AC ada baiknya komputer dicolokkan ke alat pelindung power (power protection device), yakni ada 2 macamnya:  Surge Protector, alat yang melindungi komputer dari hentakkan/percikkan tiba-tiba dari tegangan tinggi.  UPS (Uninterruptable Power Supply), alat yang diporasikan dengan baterai yang akan menyediakan tegangan listrik kepada komputer apabila terjadi kesalahan power.

33 Disebut juga system board, sirkuit utama (main circuit) board pda unit sistem. Motherboard terdiri dari sebuah papan datar yang mengisi bagian bawah dari unit sistem (ini terinstall dengan unit poer supply dan kipas dan satu tau lebih disk drive). Papan ini berisi “otak” dari komputer, memori elektronik yang membantu CPU, dan dikenal dengan RAM; dan beberapa expansion slot, dan tambahan papan sirkuit yang dikenal dengan expansion board mungkin juga ditanamkan.

34 Kebanyakan personal komputer sekarang sudah menggunakan chip CPU (microprocessors), ada yang dibuat oleh Intel dan ada yang dibuat oleh Motorola. Kebanyakan microprocessor yang dipakai saat ini adalah 32-bit. Daftar mikroprosesor:  Dibuat oleh AMD: Athlon, Duron, Opteron, Sempron, Turion  IBM: POWER3, POWER4, POWER5  Intel: core, core 2, core i5, core i7

35 Sebuah motherboard biasanya mempunyai slot untuk memcolokkan chip prosesor khusus. Jenisnya adalah math coprocessor chips, membantu program yang menggunakan banyak persamaan/program matematika agar bisa berjalan dengan cepat. Yang kedua adalah graphics coprocessor unit, yakni meningkatkan kemampuan dari program yang menggunakan grafik. Gambar dan membantu untuk membuat tampilan layar yang kompleks.

36  Jika kita berbicara kecepatan komputer, pastilah itu mengacu pada seberapa cepat komputer tersebut dapat melakukan pemrosesan, yakni mengubah data menjadi informasi. Setiap mikroprosessor pasti terdapat system clock. System clock ini mengatur seberapa cepat semua operasi yang sedang dilakukan oleh komputer. System clock menggunakan getaran tetap (fixed vibration) dari kristal quartz untuk menghantarkan aliran digital yang stabil. Semakin cepat clock bekerja, semakin cepat pemrosesan dilakukan.  Kecepatan dalam komputer diukur dalam satuan megahertz (MHz), dimana 1 MHz = beats per detik.

37  RAM (Random Access Memory), sebuah memory yang sementara mengumpulkan data dan instruksi yang segera akan dibutuhkan oleh CPU. RAM ini juga disebut main memory atau primary storage. Cara beroperasinya seperti papan tulis, ditulis kemudian dihapus, lau ditulis kembali. Kata random access didapat dari fakta bahwa data dapat disimpan dan diakses kembali (retrieve) secara acak (random), dari manapun chips RAM tersebut.  Seperti mikroprosesor, RAM terdiri dari chip bersilikon yang menempel pada motherboard.

38 Ada dua tipe chip RAM:  DRAM (Dynamic Random Access Memory)  SRAM (Static Random Access Memory) Pada tipe komputer IBM, ada beberapa tipe RAM: 1. Conventional Memory 2. Upper Memory 3. Extended Memory 4. Expanded Memory

39  Tidak seperti RAM, yang dapat terus-menerus ditulis dan dihapus, ROM, yang merupakan singkatan dari Read Only Memory dan juga dikenal sebagai firmware, tidak dapat ditulis atau dihapus oleh komputer user.ROM Chips berisi program yang dibuat di pabrik yang digunakan sebagai instruksi khusus dalam pengoperasian komputer, seperti untuk menyalakan komputer atau meletakkan karakter di layar. Tiga variasi pada chip ROM 1. PROM(Programmable Read Only Memory) 2. EPROM(Erasable Programmable Read Only Memory) 3. EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)

40 Kinerja mikrokomputer dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan menambahkan bentuk lain dari memori sebagai berikut: • Chace memori Memori Chace(dibaca : kas ) adalah memori dengan kecepatan tinggi khusus yang dapat diakses oleh CPU dengan cepat. • Video memory Memori video atau video RAM (VRAM) chip digunakan untuk menyimpan gambar tampilan di monitor. • Flash memory Digunakan terutama dalam komputer notebook dan subnotebook, memori flash atau kartu flash RAM, terdiri dari sirkuit pada kartu berukuran kartu kredit yang dapat dimasukkan ke dalam slot yang menghubungkan ke chip RAM motherboard.

41

42 Expandability adalah kemampuan komputer untuk menambah memory atau peripheral devices.Peripheral devices adalah hardware di luar CPU. Expandability dimungkinkan dengan ekspansion slots dan expansion board Expansion Slots adalah soket pada motherboard di mana Anda bisa memasang kartu ekspansi. Kartu ekspansi adalah papan sirkuit yang menyediakan lebih banyak memori atau untuk mengontrol peripheral devices. Tipe-tipe kartu ekspansi : 1. Expanded memory (atau SIMM) 2. Display adapter atau kartu grafis adapter 3. Controller cards 4. Other add-ons

43  Merupakan jalur listrik(bus) yang bit ditransmisikan dalam CPU dan antara CPU dan perangkat lain dalam sistem unit.Ada perbedaan jenis bus (bus alamat, bus kontrol, data bus), tetapi untuk tujuan kita yang paling penting adalah input / output bus, yang menghubungkan CPU untuk setiap perangkat keras. Sebuah bus menyerupai jalan raya berjalur banyak.Semakin banyak jalur maka semakin cepat bit bisa ditransfer.

44 Adalah soket pada bagian luar unit sistem yang terhubung ke board ekspansi di bagian dalam port unit.Sebuah port memungkinkan kita untuk menggunakan kabel untuk menghubungkan peripheral devices, seperti printer, monitor, atau modem, sehingga dapat berkomunikasi dengan sistem komputer. Jenis-jenis Port 1. Port Line Pararellel 2. Port serial atau RS-232 port 3. Video adaptor port 4. SCSI port


Download ppt " Nama Kelompok : 1. Nabella Duta Nusa23364 2. Fitri Nurcahyani23365 3. Diah Chandra Dewi23366 4. Asri Milana23367."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google