Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEVISA. Pengertian Segala mata uang asing yang beredar di dalam negeri. Atau bisa juga segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEVISA. Pengertian Segala mata uang asing yang beredar di dalam negeri. Atau bisa juga segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional."— Transcript presentasi:

1 DEVISA

2 Pengertian Segala mata uang asing yang beredar di dalam negeri. Atau bisa juga segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional.

3 Devisa Terdiri dari mata uang asing, Emas, dan cadangan IMF atau SDR (Special Drawing Right)

4 Fungsi Devisa  Alat Tukar Internasional  Alat Pembayaran Utang Luar Negeri  Stabilisasi Mata Uang Negara

5 Sumber Devisa  Ekspor Barang dan Jasa  Pinjaman Luar Negeri  Bunga atau Pendapatan dari Investasi

6 Nilai Tukar Valuta Asing (KURS)

7 Pengertian Kurs Jumlah Satuan mata uang yang harus diserahkan untuk mendapatkan satu (1) satuan mata uang asing $1 Rp. 9800

8 Perubahan Kurs  Dampak Peningkatan Penawaran  Dampak Penurunan Penawaran  Dampak Peningkatan Permintaan  Dampak Penurunan Permintaan

9 Manfaat Devisa  Mentransfer Daya Beli  Memudahkan Transaksi Perdagangan Internasional

10 KURS VALUTA ASING Kurs TetapKurs Bebas Kurs Distabilkan

11 PASAR VALUTA ASING  Disingkat valas, merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan Mata Uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar- pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.

12 FUNGSI PASAR VALUTA ASING  Transfer daya beli  Penyediaan kredit  Mengurangi risiko valas

13 FUNGSI PASAR VALUTA ASING  Transfer daya beli ¥£ TRANSAKSI SELLERBUYER $

14 FUNGSI PASAR VALUTA ASING  Penyediaan kredit MASYARAKAT PROSES PENGIRIMAN KREDIT BANKER ACCEPTANCE L/C (Letter of Credit)

15 PELAKU DI PASAR VALAS  Bank & Non Bank as Dealer  Individual & Perusahaan  Spekulan & Arbitrator  Bank Sentral  Pialang

16 PELAKU DI PASAR VALAS  Bank & Non Bank as Dealer 1. memperoleh keuntungan dengan membeli valuta asing pada harga "bid' dan menjualnya kembali pada harga yang sedikit lebih tinggi pada harga "offer". 2. Dealer valas bank-bank internasional sering berfungsi sebagai market maker.

17 PELAKU DI PASAR VALAS  Individual & Perusahaan 1. mempermudah pelaksanaan transfer investasi atau komersial Terdiri Atas 1. importir-importir, 2. investor portfolio internasional. 3. perusahaan-perusahaan multinasional

18 PELAKU DI PASAR VALAS  Spekulan & Arbitrator suatu bentuk spekulasi yang terdapat dalam pasar valas, di mana mereka membeli valas di suatu pusat keuangan kemudian menjualnya kembali di pusat keuangan lain untuk memperoleh keuntungan diri sendiri.

19 PELAKU DI PASAR VALAS  Bank Sentral Bank-bank sentral menggunakan pasar ini untuk memperoleh cadangan devisa dan juga mempengaruhi harga di mana mata uangnya diperdagangkan.

20 TRANSAKSI VALAS  Transaksi Spot  Cash  Tom  Spot  Transaksi Forward  Transaksi Swap

21 TRANSAKSI VALAS  Transaksi Spot Transaksi spot adalah jual beli mata uang dengan penyerahan dan pembayaran antarbank yang akan diselesaikan pada dua hari kerja berikutnya.  Cash penyerahan dana dilakukan pada tanggal (hari) yang sama dengan tanggal (hari) diadakannya transaksi (kontrak).  Tom penyerahan dana dilakukan pada hari kerja berikutnya atau hari kerja setelah diadakannya kontrak atau one day settlement.  Spot penyerahan dilakukan dua hari kerja setelah tanggal transaksi.

22 TRANSAKSI VALAS  Transaksi Forward 1. Transaksi sejumlah mata uang tertentu dengan sejumlah mata uang lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang. 2. Kurs ditetapkan pada waktu kontrak dilakukan, tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrak jatuh tempo.

23 TRANSAKSI VALAS  Transaksi Swap 1. Transaksi sejumlah mata uang tertentu dengan sejumlah mata uang lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang. 2. Kurs ditetapkan pada waktu kontrak dilakukan, tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrak jatuh tempo.

24 TRANSAKSI VALAS (sumber: klikbca.co.id 05 Nov 2012) MATA UANGKURS JUALKURS BELI USD SGD HKD CHF GBP AUD JPY SEK DKK CAD EUR SAR NZD CNY

25 SOAL KURS Tono menjual mobil seharga US $70, Dengan menukarkan uangnya di valas, maka berapa rupiah uang yang diperoleh Tono? (Rate JUAL Rp9, Rate Beli Rp 9,400,00) Laptop disamping seharga ¥ 1,700,00. Berapa Rp uang yang tono perlukan untuk membeli laptop tersebut? (Rate Jual Rp120,00 Rate Beli Rp110,00)

26 Nilai Tukar Rupiah terhadap Valuta Asing

27

28 Permintaan (Demand Factor) 1.Pembayaran Utang luar negeri a.Pemerintah b.Perbankan c.Korporasi lokal ataupun internasional 2. Perdagangan (Ekspor/Impor) a.Letter of credit (L/C) b.Prefinancing 3. Spekulan a.Domestik b.Internasional Penawaran (Supply Factor) 1.Hasil Ekspor 2.Investasi luar negeri 3.Bank Indonesia (cadangan devisa + pinjaman siaga) 4.Pinjaman luar negeri (bilateral dan multilateral) Nilai Tukar Valuta Asing

29 Proses Pencetakan Uang


Download ppt "DEVISA. Pengertian Segala mata uang asing yang beredar di dalam negeri. Atau bisa juga segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google