Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaringan komputer Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs. Topic  Media transmisi  Kabel Jaringan  Wireless.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaringan komputer Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs. Topic  Media transmisi  Kabel Jaringan  Wireless."— Transcript presentasi:

1 Jaringan komputer Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs

2 Topic  Media transmisi  Kabel Jaringan  Wireless

3 Media Transmisi  Media Transmisi Gueded (Terarah)  Media Transmisi Ungueded

4 Media Transmisi Gueded (Terarah)  Kabel yang digunakan pada jaringan komputer ada berbagai macam jenis mulai dari yang penghantarnya pendek hingga jauh, dari yang penghantarnya lambat hingga cepat.  Berikut ini berbagai jenis kabel yang umum dipakai:

5 1. Coaxial Thin Ethernet (Thinnet)  Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah.  Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0.5 – 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung.

6 Gambar Coaxial Thin Ethernet (Thinnet)

7 2. Thick Ethernet (Thicknet)  Dengan thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet.  Panjang Thick Ethernet maksimum 500 m.

8 Gambar Coaxial Thick Ethernet (Thicknet) Foil Outer ConductorInsulation Inner Conductor Jacket

9 Connector Yang Digunakan pada Coaxial Thin dan Thick Ethernet BNC TConnectorBNC Connector

10 3. Twisted Pair Ethernet  Di dalamnya ada beberapa pasangan kabel yang saling dipelintir dengan pasangannya sehingga disebut twisted pair. Maksud dari pelintiran kabel adalah mengurangi interferensi, derau (noise) dan gangguan yang masuk.  Ada 2 macam kabel ini, yaitu: a. Shielded Twisted Pair (STP), kabel dengan selubung pembungkus b.Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel tanpa selubung pembungkus

11 Gambar Twisted Pair Ethernet Shielded Twisted Pair Unshielded Twisted Pair Conector RG 45

12 Karakteristik kabel twisted pair : a.Kabel yang dipelintir satu sama lain untuk mengurangi interferensi listrik. b. Dapat terdiri atas dua, empat atau lebih pasangan kabel. c. Dapat melewatkan sinyal sampai 10 Mbps. d. Koneksi menggunakan RG-11 atau RG-45. f.STP tahan gangguan daripada UTP sehingga kecepatannya sampai 100 Mbps. g. Dibutuhkan hub untuk membangun sebuah LAN. h. Lebih mudah dirawat karena kerusakan pada satu saluran tidak menganggu saluran lain.

13 Kabel UTP (Unshield Twisted Pair)  Mempunyai delapan pin (4 pasang).  Pin1 dengan warna hijau-putih (TD+)  Pin2 dengan warna hijau (TD-)  Pin3 dengan warna orange-putih (RD+)  Pin4 dengan warna biru (NC)  Pin5 dengan warna biru-putih (NC)  Pin6 dengan warna orange (RD-)  Pin7 dengan warna coklat-putih (NC)  Pin8 dengan warna coklat (NC)

14 Konfigurasi Kabel UTP

15 Tiga Cara Pemasangan UTP  Straight Trought  Pengkabelan jenis ini biasanya diperuntukkan untuk menghubungkan peralatan yang berbeda jenis. Misal untuk menghubungkan PC dengan hub, switch dan router, switch dan PC dan sebagainya  Cross Over  Pengkabelan jenis ini biaanya digunakan untuk menghubungkan peralatan sejenis. Misal untuk menghubungkan PC dengan PC, hub dengan hub dan sebagainya  Roll Over  Pengkabelan jenis ini merupakan pengkabelan khusus, Misal untuk melakukan konfigurasi router menggunakan PC

16 Straight Trought  PC to Hub, PC to Switch  Router to Hub, Router to Switch

17 Cross Over  PC to PC  Hub to Hub  Switch to Switch  Hub to Switch

18 Roll Over

19 Membuat Kabel UTP

20 Potong Panjang Kabel

21 Gunakan Alat untuk Mengupas Kulit

22 Bagian – Bagian Kabel

23 Pisahkan setiap bagian dan Luruskan

24 Potong Ujungnya dan Luruskan

25 Masukkan ke dalam Konektor RJ45

26 Tekan kabel ke dalam konektor

27 Lihat warna sesuai urutan

28 CAT5 Termination

29 Crimping menggunakan alat yang ada

30 Lihat kedua sisi harus warna harus sesuai aturan

31 Test Kualitas Kabel

32 Guided Device Hub/Switch NIC RG45 dan BNC

33 4. Fiber Optic  Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar,dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit.  Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

34 Gambar Fiber Optic Ket: ST : single mode subscriber multimode SC : Straight connector single mode SC Connector SC Duplex Connector ST Connector

35 Media Transmisi UNGUIDED (Media Tidak Terarah)  Suatu media yang digunakan untuk mengirimkan data, dimana arah ujung yang satu dengan ujung yang lainnya tersebar.  Komunikasi ini mengirimkan sinyal ke udara berdasarkan spektrum elektromagnetik  Menggunakan sebuah media antena dalam mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik  Rentan intereferensi  Umumnya menggunakan 2 GHz – 40 Ghz  Semakin tinggi frekuensi yang digunakan maka semakin besar potensial bandwidth dan rate datanya namun semakin pendek jaraknya  Point to point, point to multi point, accesspoint

36 Unguided Device 1 Internal Wireless NIC PCMCIA for Laptop Access Point External USB Wireless NIC

37 Wireless Device 2 Antenna Wireless (GRID)

38 Wireless Device 3 Antenna Wireless (PATCH PANEL)

39 Wireless Device 4 Antenna Wireless (PARABOLIC)

40 Wireless Device 6 BackHaul(P2P)

41 Wireless Device 5 Antenna Wireless (YAGI) Access Poin(AP)


Download ppt "Jaringan komputer Lasmedi Afuan, ST.,M.Cs. Topic  Media transmisi  Kabel Jaringan  Wireless."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google