Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Juli • Agustus • September 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Juli • Agustus • September 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 1 dan 2 Tesalonika Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jon Paulien

4 Sama seperti kita yang kini sedang hidup dalam masa-masa yang sukar, jemaat di Tesalonika menghadapi berbagai hal yang menyebabkan stress, ketegangan, pergumulan, bahkan penganiayaan. Namun demikian, jemaat di Tesalonika memiliki pengharapan yang pasti, yaitu sebuah pengharapan yang didasarkan pada apa yang telah diperbuat Kristus kepada mereka, sebuah pengharapan yang menunjuk pada janji terbesar yaitu kedatangan Yesus yang kedua kali. 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

5 , dia berkata Rasul Paulus menuliskan pengharapan tersebut, dia berkata: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.” (1 Tesalonika 4:16-18) 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

6 , dia berkata Kedatangan-Nya yang pertama...menjadi jaminan untuk kedatangan-Nya yang kedua kali dalam kemuliaan. 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

7 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

8 1. Injil Datang ke Tesalonika 2. Melestarikan Hubungan 3. Tesalonika Pada Zaman Paulus 4. Bersukacita dan Bersyukur (1 Tes. 1:1-10) 5. Teladan Rasul (1 Tes. 2:1-12) 6. Sahabat untuk Selamanya (1 Tes. 2:13-3:13) 7. Hidup Dalam Kekudusan (1 Tes. 4:1-12) 8. Yang Meninggal Dalam Kristus (1 Tes. 4:13-18) 9. Berbagai Peristiwa Akhir Zaman (1 Tes. 5:1-11) 10. Kehidupan Jemaat (1Tes. 5:12-28) 11. Janji Bagi yang Teraniaya (2 Tes 2:1-12) 12. Anti Kristus (2 Tes. 2:1-12) 13. Memelihara Jemaat Agar Setia (2 Tes. 2:13-3:18) 1dan 2 Tesalonika Daftar Isi

9 Pelajaran 9 Berbagai Peristiwa Akhir Zaman

10 Kata-kata Pembuka Orang percaya seharusnya tidak lupa pada kedatangan Kristus dan perlunya memelihara perasan mendesak dan kesediaan dalam persiapan untuk hari itu.

11 Pokok Pikiran Realitas kedatangan Kristus mengajak kita untuk selalu bersedia

12 Ayat Hafalan “Tetapi kita yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan” (1 Tesalonika 5:8)

13 Pengantar Paulus tidak terlalu memberikan keterangan rinci mengenai kedatangan Yesus yang ke dua kali pada pelajaran pekan ini, tetapi dia menyatakan betapa pentingnya untuk selalu bersedia bagi kedatangan Yesus (dan masa penghakiman yang sedang berlangsung). Pada bagian ini mereka (anggota jemaat Tesalonika) telah mengerti dengan lebih baik sifat kedatangan-Nya, Pertanyaannya ialah bagaimana mempersiapkan diri untuk hal itu.

14 Pada saat itu ada masalah yang terjadi di jemaat Tesalonika. Saat itu ada satu ajaran teologi yang menggabungkan “damai dan keamanan,” mungkin, ada beberapa anggota yang mencoba menghitung saat kedatangan Yesus yang kedua kali. Pengantar

15 Melalui nubuatan, jemaat Tesalonika berharap dapat memprediksi saat peristiwa akhir itu tiba, dan mengetahui kapan waktu untuk mulai bersedia. Akibatnya, ada beberapa orang yang hidup tanpa merasakan pentingnya persiapan bagi kedatangan Tuhan. Pengantar

16 Berbagai Peristiwa Akhir Zaman Selayang Pandang 1. Kepastian Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:1-3) 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:6-8) 3. Membangun Iman Bagi Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:9-11)

17 a a 1. Kepastian Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:1-3) Berbagai Peristiwa Akhir Zaman

18 1 Tesalonika 5:1-3 Tetapi tentang zaman dan masa,... kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman -- maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin -- mereka pasti tidak akan luput.

19 1. Kepastian Kedatangan Kristus Dua sisi Penghakiman Konsep Alkitab tentang penghakiman lebih luas dari sekadar ancaman, kecaman, dan eksekusi. Ada juga sisi positif dari penghakiman. Setiap tindakan rahmat dan kebaikan setiap hari tidak berlalu begitu saja tanpa mendapat perhatian dan upah. Allah melihat semua yang kita lakukan, apakah itu positif atau negatif, dan semuanya memiliki makna dalam skema akhir dari segala sesuatu.

20 1. Kepastian Kedatangan Kristus Dua sisi Penghakiman PeristiwaSisi NegatifSisi Positif Adam & HawaAllah menghakimi dosa Adam dan Hawa Allah mengadakan permusuhan antara mereka dan setan, Allah memakaikan pakian kulit kepada Adam dan Hawa yang melambangkan kebenaran Kristus Kain dan HabilAllah mengirim Kain ke pengasingan Allah memberikan tanda pada Kain agar tidak ada orang yang membunuh dia Peristiwa Air BahAllah mengacaukan bahasa manusia dan mencerai-beraikan mereka ke seluruh dunia Abraham dipanggil untuk menjadi berkat bagi banga di dunia yaitu bagi bangsa yang telah dicerai-beraikan dari Babel pada tahun- tahun sebelumnya.

21 1. Kepastian Kedatangan Kristus Tiba-tiba dan tak terduga “Hari Tuhan” merupakan frase yang sering ditemui dalam perikop Perjanjian Lama yang membahas tentang penghakiman. Hal itu menjelaskan bahwa, yang menentukan akhir zaman itu adalah Allah, dengan penekanan konsekuensi negatif dari ketidaktaatan

22 1. Kepastian Kedatangan Kristus Tiba-tiba dan tak terduga Kombinasi tiga kali lipat dari hari Tuhan, pencuri di malam hari, rasa sakit pada saat hendak melahirkan, semuanya menggambarkan maksud yang sama: Kedatangan Yesus yang kedua kali akan terjadi secara tiba-tiba, tidak diduga, dan tidak dapat dielakkan oleh orang fasik. Masa penutupan bukanlah waktu untuk mempersiapkan diri bagi akhir zaman. Sekaranglah waktu untuk persiapan itu.

23 DISKUSIKAN Apakah anda merasakan keurgensian kedatangan Tuhan yang kedua itu? Bagaimanakah anda menjaga keseimbangan antara urgensi atau mendesaknya kedatangan Kristus yang kedua, dengan sikap fanatik atau ekstrim yang bisa saja terjadi oleh karena adanya sikap urgensi itu. Jelaskan!

24 a 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:6-8) Berbagai Peristiwa Akhir Zaman

25 1 Tesalonika 5:6-8 Sebab itu baiklah jangan kita tidur..., tetapi berjaga-jaga dan sadar. Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.

26 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Keunggulan orang Percaya Kejutan (mengenai kedatangan Kristus yang kedua kali) itu akan merupakan suatu hal yang tragis bagi mereka yang tidak bersedia. Beberapa orang tidak bersedia sebab mereka tidak percaya bahwa Yesus akan datang kembali; yang lain berpikir bahwa mereka dapat menunda persiapan mereka sampai mereka melihat berbagai peristiwa yang meyakinkan mereka bahwa akhir zaman sudah dekat.

27 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Keunggulan orang Percaya Penting untuk Diingat: kita tidak perlu mengetahui tanggal kedatangan Yesus supaya kita dapat bersedia saat ini juga.

28 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Keunggulan orang Percaya Umat yang tidak percaya akan terkejut oleh peristiwa-peristiwa akhir zaman, namun umat percaya tidak akan terkejut. Mengapa? Sebab mereka hidup dalam terang. Nubuatan diberikan agar kita dapat memiliki informasi yang cukup untuk mendorong kita supaya bersedia secara rohani menghadapi apa saja yang akan terjadi.

29 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Keunggulan orang Percaya Apa saja Persiapan yang perlu untuk menantikan kedatangan Kristus: Persiapan bagi kedatangan Yesus mencakup meluangkan waktu yang banyak untuk mempelajari Firman Allah. Persiapan itu merupakan tindakan menyimpan harta di surga. Persiapan itu dilakukan dengan menyerahkan diri setiap hari kepada Tuhan Allah.

30 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Keunggulan orang Percaya Ada banyak gangguan dalam dunia saat ini, mulai dari pekerjaan sampai kepada , hiburan, obat-obat berlebihan dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi suasana hati manusia. Ajakan Paulus diberikan kepada kita melalui koridor waktu. Singkirkan semua hal yang mengganggu. Tempatkan Firman Allah menjadi hal yang utama dalam kehidupan Anda, maka Anda tidak akan dikejutkan oleh peristiwa itu, tidak peduli betapa mendadaknya kedatangan Yesus yang kedua kali pada akhir zaman nanti.

31 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Bersedia Setiap Saat Paulus menetapkan bahwa pengikut Yesus yang sejati adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. mereka seharusnya tidak tidur, sama seperti malam hari untuk tidur. Istilah “Tidur” adalah merupakan kiasan untuk menyatakan kemalasan rohani atau tidak adanya minat, hal itu merupakan gambaran kematian.

32 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Bersedia Setiap Saat Ekspresi janganlah kita tidur dalam bahasa aslinya memiliki arti “janganlah mencoba” untuk tidur. Paulus beranggapan bahwa mereka semua sudah bangun namun menasihati mereka untuk tetap berjaga-jaga dan lebih bersedia lagi dari waktu ke waktu. Paulus kemudian menasihatkan mereka untuk sadar dan tidak mabuk.

33 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Bersedia Setiap Saat Paulus menginginkan jemaat Tesalonika menjadi bijak dan berhati-hati dalam penalaran mereka tentang Kitab Suci. Beberapa orang menggunakan Alkitab untuk menentukan tanggal dan spekulasi. Paulus menginginkan umat percaya untuk lebih fokus, dalam penerapan Kitab Suci untuk persiapan rohani mereka secara pribadi.

34 2. Waspada Akan Kedatangan Kristus Bersedia Setiap Saat Dalam penantiannya akan kedatangan Kristus, Paulus mengajak agar setiap orang Kristen bersikap bagaikan seoranng “prajurit. harus mengenakan seluruh peralatan yang ada sebelum bertugas di pos jaga mereka.

35 DISKUSIKAN Cara-cara praktis apa sajakah yang dapat menolong anda untuk tetap terjaga secara rohani sepanjang minggu ini yang akhirnya akan menyiapkan anda untuk kedatangan Kristus?

36 a 3. Membangun Iman Bagi Kedatangan Kristus (1 Tesalonika 5:9-11) Berbagai Peristiwa Akhir Zaman

37 1 Tesalonika 5:9-11 Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga- jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain..

38 2. Membangun Iman Bagi Kedatangan Kristus Saling menguatkan satu sama lain Murka Allah bukanlah suatu amarah tanpa pertimbangan, dan meledakledak Jalan-jalan Tuhan bukanlah jalan. Konsep Alkitabiah tentang murka Allah bagaikan satu bangsa yang menuntut keadilan terhadap para pelanggar hukum yang mengganggu dan menindas orang lain. Mereka yang bertahan dalam kejahatan akan dihukum dan dihancurkan.

39 2. Membangun Iman Bagi Kedatangan Kristus Saling menguatkan satu sama lain Tujuan Allah bagi kita bukanlah murka atau peradilan yang mendatangkan hukuman namun kasih karunia dan keselamatan... dalam Kristus Dia telah memberikan perlindungan yang kita butuhkan sehingga kita tidak mengalami kehancuran dalam penghakiman... murka Allah, jika dipahami dengan benar, dapat menjadi sebuah alasan yang memberanikan kita dan bukan membuat kita takut Dalam Kristus, kita tidak perlu menghadapi murka Allah karena, di atas salib, Yesus telah menghadapi murka itu untuk kita.

40 DISKUSIKAN Sampai pada tingkatan manakah fokus umat Advent pada akhir zaman telah mempengaruhi hidup Anda baik secara negatif atau positif? Bagaimanakah pandangan Anda tentang akhir zaman berubah dengan berlalunya waktu? Mengapa pengertian tentang rencana keselamatan, dan pembenaran oleh iman saja, sangat penting untuk mendapatkan pengertian yang jelas mengenai peristiwa- peristiwa akhir zaman?

41 KUTIPAN ROH NUBUAT “Kita perlu untuk selalu waspada. Hati kita sangatlah licik; kita dikepung oleh berbagai kelemahan manusia, dan Setan selalu memiliki niat untuk menghancurkan kita. Kita bisa saja lengah, namun musuh kita tidak pernah menganggur. Menyadari kewaspadaan musuh yang tidak mengenal lelah, janganlah kita tidur, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang, tetapi berjaga-jaga dan selalu waspada.”—Ellen G. White, Testimonies for the Church, jld. 5, hlm. 409.

42 KUTIPAN ROH NUBUAT “Mereka yang mengaku sebagai orang Kristen... sedang hidup untuk kesenangan dunia. Iman mereka hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam mengekang mereka dari upaya memburu kesenangan semu; sementara mereka mengaku sebagai anakanak terang, mereka berjalan di jalan yang gelap sebagai anak-anak malam dan anak kegelapan.”—Ellen G. White, Testimonies for the Church, jld. 1, hlm. 404.

43 RANGKUMAN Dalam 1 Tesalonika 5:1-11, Paulus mengajak setiap orang untuk membuat komitmen agar bersedia bagi kedatangan Yesus. Pada saat kita menerima Injil, kita menjadi anak-anak terang. Saat kita menghidupkan kebenaran Injil dalam iman, pengharapan, dan kasih, kita bertumbuh lebih serupa ke dalam gambar Kristus. Jika pada hari ini kita siap untuk mati dalam Kristus, kita juga akan bersedia jika Yesus datang pada hari ini.

44 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Umat percaya harus menghindari kepuaan rohni pada saat menunggu dan mempersiapkan diri untuk kedatangan Yesus yang kedua kali Saya harus merasakan bahwa kedatangan Keitus itu adalah merupakan hal yang paling mendesak saat ini. Saya harus terus mempersiapkan diri untuk peristiwa besar itu. Saya kadang- kadang kurang menyedari hal ini. Minggu ini saya akan lebih serius lagi mempersiapkan diri untuk kedatangan Kristus dengan lebih rajin lagi mempelajari Firman Allah, menyingkirkan segala sesuatu yang menghalangi saya untuk membaca Alkitab. Saya harus menyerahkan diri setiap hari kepada Tuhan melalui doa.

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google