Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KULIAH ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER RABU, 28 MAY 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KULIAH ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER RABU, 28 MAY 2008."— Transcript presentasi:

1 KULIAH ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER RABU, 28 MAY 2008

2 SISTEM KOMPUTER PRIBADI BERBASIS MIKROPROSESOR Pada kuliah ini akan dijelaskan struktur komputer pribadi (PC) Berbasiskan mikroprosesor. Gambar berikut ini, merupakan diagram blok sebuah komputer pribadi, yang juga diterapkan dalam sistem-sistem lainnnya. Diagramblok tersebut terdiri dari tiga blok yang saling terhubung oleh bus-bus( bus adalah sekumpulan hubungan yang sama dan membawa informasi yang sama.

3 MEMORI DAN SISTEM I/O Struktur memori dari sistem komputer pribadi berbasiskan mikroprosesor keluarga intel, pada dasarnya sama. Pada gambar dibawah ini melukiskan peta memori dari sebuah komputer pribadi.

4 Struktur memori dari semua sistem komputer berbasis mikroprosesor Intel 80x86 sampai Pentium II adalah sama, dimana sistem memori dibagi atas tiga utama yaitu : 1.Transien Program Area (TPA) 2.System Area 3.Extended Memory System (XMS) SatuMByte pertama sering disebut sebagai real memory, sebab setiap mikroprosesor Intel didesain untuk berfungsi pada area ini (pada saat beroperasi pada mode real)

5 Type mikroprosesor yang terpasang dalam komputer, menentukan ada tidaknya XMS. Jika komputer berbasis pada 8086 generasi terakhir atau 8088 (sebuah PC atau XT), maka TPA dan System Areanya ada, tetapi XMS-nya tidak ada. Sistem komputer berbasis pada sampai Pentium II tidak hanya berisi TPA (640 KByte) dan Area System (384 KByte) saja, tetapi juga berisi extended memory. Komputer ini disebut sebagai kelas AT.

6 TPA TPA berisi sistem operasi DOS dan program lainnya yang mengontrol sistem komputer. Panjang TPA adalah 640 KByte. Pada gambar dibawah ini menunjukkan organisasi TPA sebuah sistem komputer. Peta memori melukiskan bagaimana sebagian besar area TPA digunakan untuk sistem program, data dan driver.

7 Berikut ini Penjelasan dari masing-masing area dari Peta Memori TPA • Vektor Interrupt mengakses berbagai fitur DOS, BIOS, dan aplikasi. BIOS adalah sekumpulan program yang tersimpan pada ROM atau memori flash yang digunakan untuk mengendalikan peralatan I/O (external devices) yang terhubung dengan sistem komputer. • Area System BIOS dan komunikasi DOS berisi data transien yang digunakan oleh program untuk mengakses peralatyan I/O dan berbagai fitur yang terdapat dalam komputer. I/O.SYS adalah sebuah program yang dimasukkan ke TPA dari DISK saat DOS dimulai. I/0.SYS berisi program yang memampukan DOS menggunakan keyboard, monitor, printer dan peralatan I?O lainnya pada komputer. Program I/O.SYS menghubungkan DOS ke program yang tersimpan pada BIOS ROM. • Program DOS mencakup dua area memori, area pertama panjangnya 16 byte dan berlokasi di puncak TPA, lainnya lebih besar dan terdapat didekat dasar TPA Program DOS mengontrol operasi sistem komputer.

8 • Ukuran dari area driver serta jumlah driver berbeda dalam setiap komputer. Driver adalah program yang mengontrol peralatan I/O yang dapat diinstall. Driver umumnya adalah file dengan ekstensi.SYS • Program Command.COM (Prosesor perintah) mengontrol operasi komputer dari keyboard. Program ini memproses perintah-perintah DOS sebagaimana diketik dari keyboard. • Daerah TPA bebas menampung program aplikasi selama mereka dijalankan. TPA juga menampung program TSR (Terminate Stay Resident), yang menetap di memori dalam status tidak aktif sampai diaktifkan oleh penekanan hot key atau interrupt.

9

10 Mikroprosesor Jantung dari sistem komputer berbasiskan mikroprosesor adalah microprocessor integrated circuit. Mikroprosesor adalah elemen kontrol pada sistem komputer yang disebut dengan central processing unit (CPU). mikroprosesor mengontrol memori dan I/O melalui beberapa koneksi yang disebut Bus. Bus memilih I/O atau peralatan memori, mentransfer data bolak-balik antara I/O, Sistem memori dan mikroprosesor. Memori dan I/O dikontrol melalui instruksi yang disimpan di memori yang dijalankan oleh mikroprosesor

11 Tugas Utama Mikroprosesor adalah : 1.Mentransfer data antara mikroprosesor, memori dan I/O 2.Menjalankan operasi aritmatika dan logika 3.Menentukan aliran program melalui keputusan sederhana. Kekuatan mikroprosesor terletak pada kemampuannya untuk menjalankan ratusan juta instruksi dalam satu detik dari suatu program yang tersimpan dalam sistem memori.

12 Selain itu pula mikroprosesor mampu untuk membuat keputusan-keputusan sederhana yang membuat ia dapat memodifikasi aliran program. Fitur lain yang menjadikan mikroprosesor sangat hebat adalah kemampuannnya untuk membuat keputusan- keputusan sederhana yang dibuat berdasarkan angka-angka. Misalnya mikroprosesor dapat memutuskan jika angka tersebut adalah nol atau bukan, positif atau negatif, dan sebagainya. Keputusan sederhana tersebut memungkinkan mikroprosesor untuk memodifikasi aliran program.

13

14 BUS Bus adalah kumpulan kabel-kabel yang menghubungkan komponen-komponen pada sistem komputer. Bus-bus menghubungkan bagian-bagian sistem komputer, mentransfer data, alamat dan mengendalikan informasi antara mikroprosesor dengan memorinya dan sistem I/O. Pada sistem komputer, bus bertugas mentransfer informasi mengenai alamat, data, dan kontrol. Bus alamat membutuhkan lokasi memori dari memori atau lokasi peranti I/O.

15


Download ppt "KULIAH ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER RABU, 28 MAY 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google