Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Dosen : Andy Dharmalau S.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Dosen : Andy Dharmalau S.Kom"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

2 Dosen : Andy Dharmalau S.Kom

3 • Tatap Muka • Tanya Jawab / Diskusi • Kuis / Soal Latihan • Tugas Mandiri

4 • Absensi 10 % • Tugas20 % • Ujian Tengah Semester30 % • Ujian Akhir Semester/UMU40%

5 Judul Buku : Pengantar Teknologi Informasi • Aji Supriyanto Penerbit Infotek Salemba • Edhy Sutanta Penerbit Graha Ilmu • Abdul Kadir Penerbit Andy Offset • Using Information Technology Williams/Sawyer

6  Apa yang dimaksud dengan Data ?

7 Data adalah kumpulan fakta ( obyek, orang,barang) Pengolahan data adalah manipulasi data untuk mendapatkan bentuk yang lebih berarti yang disebut Informasi. Proses data meliputi : kalkulasi angka dan operasi klasifikasi serta tranfer data dari satu tempat ke tempat lain. Secara umum operasi data dilakukan oleh mesin atau komputer atau bahkan bisa manual.

8  PENGOLAHAN DATA TERDIRI DARI TIGA LANGKAH DASAR

9 TERDIRI DARI TIGA LANGKAH DASAR: 1.Input : penyiapan data dalam media tertentu ( Perekaman data ) 2.Proses (pengolahan) : merubah data menjadi informasi (bentuk yang lain) melalui urutan/langkah-langkah operasi yg ada. 3.Output : hasil akhir dari seluruh langkah proses (pengolahan) berupa informasi

10  Zaman modern semua aktifitas hidup manusia dilakukan secara effektif dan effisien  Untuk tujuan itu diciptakan suatu alat utk mewujudkannya termasuk komputer  Hampir semua bidang pekerjaan manusia menggunakan komputer (kantor,sekolah,perusahaan, rumah)  Ada pekerjaan yg tergantung pada komputer (bank online, industri,rumah sakit,pengendali pesawat, komunikasi data)  Komputer mengalami evolusi yg dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi berdampak beragam definisi komputer dan timbul istilah sistem komputer,ilmu komputer dan teknologi informasi.

11  OED2 (OXFORD ENGLISH DICTIONARY): komputer adalah Suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.  V.C. HAMACHER komputer adalah mesin penghitung electronik yg cepat dan dapat menerima input digital kemudian memproses sesuai program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.  WILLIAM M. FUORI komputer adalah suatu pemroses data yg dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.  SANDERS :Sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yg telah tersimpan dalam memori. Komputer adalah perangkat elektronik yg dpt menerima masukan (input) dan selanjutnya melakukan pengolahan (proses) utk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. Perangkat utama utk tindakan tersebut adalah : input devices, proses devices, output devices dan storage devices (perangkat penyimpan data dan informasi)

12  Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer ( Hardware, Software dan brainware ) yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai yang diharapkan.  Tahap pengolahan data Sistem komputer melakukan operasi pengolahan data terdiri dari tiga tahap dasar yaitu pemasukan data (input), pengolahan data (processing) dan mengeluarkan hasil (output) Untuk melangkah antar tahap satu ke tahap berikutnya pada hardware yg digunakan harus diperintahkan atau dikendalikan user (brainware) dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software ) pada komputer. Tahap yg terjadi adalah data yg didapat selanjutnya dimasukan oleh user pada input devices lalu dengan metode tertentu data diolah oleh proses devices dan selanjutnya dihasilkan informasi oleh output device. Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar diatas ditambah dengan penyimpan data atau informai (storage devices) dan dibentuk model siklus pengolahan data (data processing cycle)

13  Teknologi Informasi(TI) atau Information Technology (IT) identik dengan komputer.  Teknologi informasi merujuk pada teknologi yg digunakan dalam menyampaikan atau mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri.  Teknologi informasi adalah pengolahan informasi berbasis pada komputer yang saat ini teknologinya terus berkembang sehubungan perkembangan teknologi lain yang dapat dikoneksikan dengan komputer itu sendiri.

14  AUSTRALIAN National Training Authority ( ANTA) : Industri teknologi informasi didefinisikan sebagai pengembangan teknologi dan aplikasi dari komputer dan teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, penyajikan, mengelola data dan informasi. Termasuk didalamnya pembuatan Hardware komputer dan komponen komputer; pengembangan software komputer dan berbagai jasa yg berhubungan dengan komputer; bersama- sama dengan perlengkapan komunikasi, pembuat komponen dan jasa.

15  OED2(Oxfort English Dictionary edisi 2) : Teknologi informasi(InformationTechnologi-IT) adalah hardware dan software, dan bisa termasuk didalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. IT merupakan bagian dari kegiatan usaha yang memanfaatkan perangkat elektronik komputer. Pada intinya istilah teknologi informasi adalah teknologi yg memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

16  Pengolahan data dengan komputer dikenal dengan Pengolahan Data Elektronik( Electronik Data Processing- EDP) adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yg lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan komputer.  Data adalah obyek yg belum dan akan dilakukan pengolahan yang sifatnya masih “ mentah ”.  Informasi adalah data yg telah terolah dan sifatnya menjadi data lain yang bermanfaat yang biasa disebut informasi

17  Dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisis dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.  CSAB (Computing Sciences Accreditation Board ) membuat definisi menarik tentang ilmu komputer : Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritis, eksperimen dan pendesainan komponen serta termasuk di dalamnya hal-hal yg berhubungan dengan : * Teori-teori memahami perangkat komputer, program dan sistem * Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep * Metodologi Desain, algoritma, tool utk merealisasikannya * Metode analisis utk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah selesai dengan persyaratan yg diminta.

18  Definisi yang lebih abstrak: Ilmu komputer adalah ilmu yang memepelajari tentang representasi pengetahuan dan implementasinya. Definisi lain : Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kompleksitas sebuah komputer.  Peter J. Denning : Ilmu komputer adalah studi sistimatik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

19 Ilmu komputer terbagi dalam 12 subbidang yaitu : 1. Algoritma dan Struktur Data 2. Arsitektur 3. Rekayasa Perangkat Lunak 4. Artificial Intelegence dan Robotik 5. Interaksi Manusia dan Komputer 6. Organisasi Informatika 7. Bahasa Pemrograman 8. Sistem Operasi dan Jaringan 9. Data Base dan Sistem Retrieval Informasi 10. Grafika komputer 11. Ilmu Komputasi 12. BioInformatika ( gabungan antara ilmu komputer dan biologi yg saat ini mengalami perkembangan yg cukup signifikan )

20  Denning menggambarkan ilmu umum komputer direfleksikan dalam tiga hal : 1.Teori adalah berlandaskan pada pendekatan matematik dimana untuk mendapatkan teori yg valid, harus melalui proses-proses berikut :  Pendefinisian,  Pembuatan teorema  Pembuktian,  Penginterprestasi hasil (interpret result).

21 2. Abstraksi atau permodelan berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah dimana dalam melakukan investigasi terhadap suatufenomena, harus melalui proses sbb: a. Membentuk Hipotesis, b. Membuat suatu model dan melakukan prediksi, c. Mendesign eksprimen dan pengumpulan data d. Menganalisis hasil (analyze result)

22 3.Design berlandaskan pada pendekatan teknik, dimana pd saat mendesain sebuah sistem dan perangkat untuk memecahkan masalah harus melalui proses-proses sbb: a. Menentukan persyaratan, b. Menentukan spesifikasi, c. Merancang dan mengimplementasi sistem, d. Melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system). Ilmu komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, yg berhubungan dengan komputasi, komputer dan algoritmanya dalam perspektif software maupun hardware.

23 Ilmu komputer berkaitan erat dengan bidang lain seperti: 1Ilmu Informasi : ilmu yg mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterprestasi, menganalisa, menyimpan dan mengambil kembali. Ilmu Informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data. 2Rekayasa Perangkat Lunak: menekankan analisis, desain dan konstruksi software menggunakan alat2 dan cara kerja baru. 3Sistem Informasi : aplikasi komputer utk mendukung operasi dari suatu organisasi : operasi, instalasi, perawatan komputer, software dan data. 4Rekayasa Komputer : ilmu yg mempelajari analisa, desain dan konstruksi Hardware. 5Keamanan Komputer : ilmu yg mempelajari analisis dan implementasi dari keamanan SI (termasuk Kriptografi)

24 1. Piranti masukan utk menerima data dan perintah. 2. Piranti keluaran utk memberi atau menampilkan informasi 3. I/O Port utk penghubung penerima dan pengirim data 4. Central Processing Unit (CPU) unit pusat pengolah data disebut juga prosesor utk mengendalikan operasi (CU) dan melakukan perhitungan aritmatika dan logika (ALU) serta unit yg membantu pelaksanaan operasi prosesor terhadap akses memori yg disebut dengan register. 5. Memori utk menyimpan data dan program (RAM dan ROM) 6. Data Bus jalur perpindahan data antar modul dlm sistem komputer ( jalur bus terdiri atas 8, 16, 32, 64 saluran paralel). 7. Address Bus utk menandakan lokasi sumber atau tujuan pd proses transfer data ( biasanya terdiri 16, 20, 24, 32 saluran) 8. Control Bus utk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan adress bus. Biasanya 4 sampai 10 saluran paralel

25 Manfaat komputer sangat beragam mulai dari alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video,memutar lagu sampai analisa penelitian dan menjalankan program-program penyelesaian masalah. Yg meliputi bidang : 1. Pendidikan 2. Industri dan manufaktur 3. Bisnis dan Perbankan 4. Teknik dan ilmu pengetahuan 5. Penerbangan dan kemiliteran 6. Kedokteran 7. Kriminalitas 8. Entertainment dan Permainan 9. Internat(komunikasi jaringan global) 10. Pemerintahan

26 Kelebihan :  Statis dalam melakukan aktifitas sesuai perintah.  Dinamis dalam menyimpan data (mudah update).  Mengurutkan data dengan cepat (Asc/Desc)  Melakukan perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Ketelitian mendekati 100 %  Mampu menerima data dan mengeluarkan informasi yang besar dalam waktu yang cepat Keterbatasan :  Mengurangi tenaga kerja manusia.  Data dpt hilang atau disadah (hacker).  Pemalsuan transaksi ( bobol bank).  Tdk bisa berpikir (keputusan sesuai perhitungan).

27


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Dosen : Andy Dharmalau S.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google