Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaringan Komputer. •Definisi Kelompok komputer yang saling berbagi informasi menggunakan teknologi kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Kelompok komputer/perangkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaringan Komputer. •Definisi Kelompok komputer yang saling berbagi informasi menggunakan teknologi kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Kelompok komputer/perangkat."— Transcript presentasi:

1 Jaringan Komputer

2 •Definisi Kelompok komputer yang saling berbagi informasi menggunakan teknologi kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Kelompok komputer/perangkat komputer yang saling terhubung melalui saluran komunikasi untuk saling berkomunikasi dan berbagi sumber antar pengguna.

3 Jaringan Komputer •Jenis-Jenis JarKom (Area) Local Area Network (LAN) is a network of personal property within a building or campus-sized to several kilometers. LAN is often used to connect personal computers and workstations in company offices or factories for use as a resource (eg, printers, scanners) and exchange information. LAN can be distinguished from other tissue types based on three characteristics: size, transmission technology and topology.

4 Jaringan Komputer •Jenis-Jenis JarKom Metropolitan Area Network (MAN) is basically a LAN version of the larger size and usually use the same technology to the LAN. MAN can include corporate offices are adjacent and can be used for private purposes (private) or public. MAN usually support voice and data, and can even relate to the cable television network. MAN only have one or two and do not have cable switching element, which serves to regulate cable package with multiple outputs. The existence of switching elements to make the design become simpler.

5 Jaringan Komputer •Jenis-Jenis JarKom Wide Area Network (WAN) covers a wide geographical area, covering a country or continent. WAN consists of a collection of machines intended to carry out the application programs. We will follow traditional usage and call these machines as hosts. The term End System is sometimes also used in the literature. The hosts are connected by a communication subnet, or simply called a subnet.

6 Jaringan Komputer •Jenis-Jenis JarKom Internet, includes (LAN, MAN, WAN)

7 Jaringan Komputer •Jenis-Jenis JarKom (Koneksi) Server-based network Server-based network is the presence of a server on a network that provides improved security and network management. Peer to peer network Peer to peer network has function as a client and server simultaneously. These networks are used in a small office with a bit number of computers. Hybrid network Hybrid network has all contained in the above two types of networks. It means the users can access resources that are shared by a peer to peer network, and can also utilize the resources which are provided by the server.

8 Benefits of Computer Networks

9 Keuntungan JarKom Berbagi Sumber Daya (Resource Sharing) Reliabilitas Tinggi (Kemampuan membuat backup) Menghemat biayaSarana Komunikasi

10 Network Protocol

11 •Definisi A network protocol defines rules and conventions for communication between network devices. Network protocols include mechanisms for devices to identify and make connections with each other. Some protocols also support message acknowledgement and data compression. Hundreds of different computer network protocols have been developed each designed for specific purposes

12 Network Protocol •Jenis-Jenisnya File Transfer Protocol (FTP) is a standard network protocol used to transfer files from one host to another host over a TCP-based network, such as the Internet. The Hypertext Transfer Protocol (HTTP) is an Application protocol for distributed, collaborative, hypermedia information systems. HTTP is the foundation of data communication for the World Wide Web. Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) is a widely used communication protocol for secure communication over a computer network, with especially wide deployment on the Internet.

13 Network Topology

14 •Definisi Hubungan antar komputer berdasarkan cara pengkabelan secara fisik. Beberapa contoh topologi jaringan: • Bus • Ring • Star • Mesh Pemilihan topologi jaringan tersebut ada tiga hal utama yang harus anda perhatikan, yaitu : 1. Kegagalan pada satu titik. 2. Ketahanan eavesdropping (serangan sniffer atau penyadapan paket jaringan) 3. Toleransi kegagalan koneksi

15 Network Topology •Topologi Bus Bus Topology biasanya menggunakan kabel coaxial sebagai backbone-nya. Hal ini menyebabkan dua titik kelemahan utama, yaitu server dan backbone. Backbone

16 Network Topology •Topologi Bus Kelemahan: -Apabila anda ingin menggunakan teknologi client-server, topologi ini sangat tidak cocok. Karena backbone dari topologi bus hanya menangani satu koneksi pada satu saat, sehingga memiliki tingkat collission (tabrakan paket) yang tinggi. -Karena trafik hanya berjalan pada satu kabel, maka akan sulit untuk melakukan troubleshooting apabila terjadi kerusakan jaringan. -Sangat rentan terhadap eavesdropping. Kelebihan: - Cepat mengkonfigurasinya - Murah - Efektif untuk jaringan kecil, misal warnet

17 Network Topology •Topologi Ring Seperti Topologi Bus, Topologi Ring juga memiliki dua titik utama kelemahan, yaitu server dan kabel.

18 Network Topology •Topologi Ring Pada gambar terlihat bahwa kegagalan pada satu workstation dapat menyebabkan kegagalan secara keseluruhan, berbeda dengan Bus. Pada Ring Topology, workstation digunakan sebagai repeater. Seperti yang terlihat, Ring Topology memiliki beberapa kelemahan diantaranya DoS attack yang mudah dengan menjatuhkan salah satu workstation, dan karena arah dari paket yang lewat adalah satu arah maka akan rentan terhadap eavesdropping.

19 Network Topology •Topologi Star Seluruh workstation pada segmen tertentu terkoneksi pada satu komponen hardware, seperti sebuah hub atau sebuah switch. Ini menyebabkan Star Topology memiliki satu titik kelemahan utama, yaitu hub atau switch tersebut.

20 Network Topology •Topologi Star Kelebihan: - Mudah untuk mengetahui kegagalan yang terjadi pada jaringan. - Kegagalan pada satu workstation tidak akan menyebabkan kegagalan pada jaringan secara umum. - Administrator dapat meningkatkan keamanan dengan melakukan segmentasi pada jaringan dan melindungi jaringan yang menghubungkan antar workstation tersebut dengan enkripsi, untuk melindungi dari eavesdropping. Kelemahan: - Memiliki satu titik kelemahan utama yang sangat kritis, yaitu hub atau switch. Apabila titik ini diserang, maka jaringan akan jatuh. - Apabila menggunakan run-of-the-mill hubsdibandung switch, maka jaringan dapat menjadi lambat, karena kelebihan beban, hal ini disebabkan semua transmisi harus melewati satu titik temu utama, yaitu hub atau switch.

21 Network Topology •Topologi Mesh Setiap node terhubung ke seluruh node yang ada pada jaringan. Untuk menghitung jumlah kabel yang dibutuhkan adalah: Jumlah Kabel = N komputer - 1

22 Network Topology •Topologi Mesh Kelebihan ? Kelemahan ?

23 Required Hardwares

24 Modem (Modulator – Demodulator) Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.

25 Required Hardwares Modem (Modulator – Demodulator)

26 Required Hardwares NIC (Network Interface Card (Ethernet Card) Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk.

27 Required Hardwares Hub Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link. Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100.

28 Required Hardwares Bridge Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial. Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.

29 Required Hardwares Switch Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan.

30 Required Hardwares Kabel UTP (Un-Twisted Pair) Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.

31 Required Hardwares Konektor RJ-45 Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP

32 ?


Download ppt "Jaringan Komputer. •Definisi Kelompok komputer yang saling berbagi informasi menggunakan teknologi kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Kelompok komputer/perangkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google