Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNTUK KELAS XI OLEH: Drs. BAMBANG SRI BUDIONO JENIS PANEL LISTRIK DAN PANEL TEGANGAN TINGGI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNTUK KELAS XI OLEH: Drs. BAMBANG SRI BUDIONO JENIS PANEL LISTRIK DAN PANEL TEGANGAN TINGGI."— Transcript presentasi:

1 UNTUK KELAS XI OLEH: Drs. BAMBANG SRI BUDIONO JENIS PANEL LISTRIK DAN PANEL TEGANGAN TINGGI

2 Teknologi dan Rekayasa PANEL /PHB  Ialah suatu perlengkapan atau peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengendali, pengubung dan pelindung serta membagi tenaga listrik dari sumber tenaga listrik seperti; pembangkit, gardu induk, gardu distribusi dan transformator ke saluran pelayanan atau ke pelanggan.

3 Teknologi dan Rekayasa CIRI-CIRI LEMARI HUBUNG BAGI  Selungkup dan kerangka pada umumnya terbuat dari besi.  Dapat berdiri sendiri pada lantai, pada dinding atau dipasang dalam dinding.  Di bagian papan terdapat panel atau konstruksi panel-panel logam sebagai penutup dan perlindungan dari komponen- komponen yang terdapat di dalamnya dan panel itu ditempatkan alat pelayanan atau alat ukur.

4 Teknologi dan Rekayasa FUNGSI PHB  Untuk mengendalikan sirkuit dilakukan oleh saklar utama  Untuk melindungi sirkuit dilakukan oleh fase/pelebur  Untuk membagi sirkuit dilakuan oleh pembagian jurusan/kelompok

5 Teknologi dan Rekayasa PENGGUNAAN PHB  Panel Utama / MDP (Main Distribution Panel)  Panel Cabang / SDP( Sub Distribution Panel)  Panel Beban / SSDP (Sub-sub Distribution Panel)

6 Teknologi dan Rekayasa SYARAT-SYARAT UMUM :  Secara umum sebuah PHB harus disusun dan dipasang sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan teratur, selain itu keberadaan PHB juga menentukan bahwa pemeliharaan, pemeriksaan dan pelayanan harus dapat dilaksanakan dengan mudah dan aman.

7 Teknologi dan Rekayasa SYARAT-SYARAT PEMASANGAN:  Sehubungan dengan itu syarat PHB juga menentukan bahwa di bagian depan, lorong dan sisi kiri kanan PHB harus terdapat ruang bebas selebar sekurang-kurangnya 0,75 meter untuk tegangan rendah atau 1 meter pada tegangan menengah dan tinggi PHB sekurang-kurangnya 2 meter.  Lorong yang di sisi kanan kirinya terdapat instalasi listrik tanpa dinding pengaman, lebarnya harus sekurang-kurangnya 1,5 meter.

8 Teknologi dan Rekayasa SYARAT-SYARAT PEMASANGAN:  Di sekitar PHB tidak boleh diletakkan barang yang mengganggu kebebasan bergerak.  Untuk pemasangan pada dinding di tempat umum lemari dan kotak PHB harus dipasang pada ketinggian sekurang-kurangnya 1,2 meter dari lantai.  Pada instalasi perumahan ketinggian ini ditetapkan 1,5 meter dari lantai.

9 Teknologi dan Rekayasa MACAM-MACAM PHB MENURUT TEGANGAN 1. PHB tegangan rendah TR 2. PHB tegangan menengah TM 3. PHB tegangan tinggi TT

10 Teknologi dan Rekayasa PHB TIPE TERTUTUP

11 Teknologi dan Rekayasa GAMBAR PHB TIPE TERBUKA

12 JENIS-JENIS SAKLAR TEGANGAN TINGGI  BUSBAR  SAKLAR PEMISAH (PMS )  SAKLAR PEMUTUS TENAGA (PMT)

13 Teknologi dan Rekayasa INSTALASI PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK

14 Teknologi dan Rekayasa PROSES PENYEDIAAN TENAGA LISTRIK (PEMBANGKITAN DAN PENYALURAN)

15 Teknologi dan Rekayasa PROSES PENYEDIAN TENAGA LISTRIK BAGI KONSUMEN

16 Teknologi dan Rekayasa DIAGRAM HUBUNGAN GENERATOR DAN TRANSFORMATOR 3 PHASA

17 Teknologi dan Rekayasa PUSAT PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN REL TUNGGAL

18 Teknologi dan Rekayasa BUSBAR / REL  Adalah titik pertemuan/hubungan trafo-trafo tenaga, SUTT, SKTT dan peralatan listrik lainnya untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik/daya listrik.

19 Teknologi dan Rekayasa BUSBAR GI SISTEM RING ( RING BUSBAR)

20 Teknologi dan Rekayasa BUSBAR GI SISTEM TUNGGAL (SINGLE BUSBAR)

21 Teknologi dan Rekayasa GARDU INDUK DENGAN SISTEM DOUBLE BUSBAR

22 Teknologi dan Rekayasa JENIS SAKLAR

23 Teknologi dan Rekayasa PEMISAH (PMS)  Adalah suatu alat untuk pemisahkan tegangan pada peralatan instalasi tegangan tinggi.  Ada dua macam fungsi PMS, yaitu : * Pemisah Tanah (Pisau Pentanahan ) * Pemisah Peralatan

24 Teknologi dan Rekayasa PARAMETER PMS  1. Kemampuan mengalirkan arus (Arus Nominal = Ampere )  2. Kemampuan tegangan ( Rating = kV )  3. Tegangan operasi PMS  4. Kemampuan menahan Arus Hubung Singkat (kA : Kilo Ampere)

25 Teknologi dan Rekayasa JENIS PENGERAK PMS 1. Tekanan udara kompresor (bila penggunakan tenaga penggerak pneumatik) 2. Tekanan minyak hydrolik (bila meng-gunakan tenaga pengge- rak hydrolik ).

26 Teknologi dan Rekayasa MENURUT GERAKAN LENGANNYA PMS DIBEDAKAN MENJADI :  Pemisah luncur  Pemisah siku  Pemisah engsel  Pemisah putar

27 Teknologi dan Rekayasa PEMISAH LUNCUR Kontaktor sebagai PMS Tabung PMT draw out( untuk keperluan pemeiharaan PMT dengan cara ditarik)

28 Teknologi dan Rekayasa PEMISAH SIKU Dua kontak gerak

29 Teknologi dan Rekayasa PEMISAH ENGSEL

30 Teknologi dan Rekayasa JENIS TENAGA PENGGERAK PMS. 11. Secara Manual 22. Tenaga penggerak dengan motor

31 Teknologi dan Rekayasa SECARA MANUAL

32 TENAGA PENGGERAK DENGAN MOTOR

33 Teknologi dan Rekayasa PEMUTUS TENAGA (PMT)  Adalah alat yang terpasang di Gardu Induk yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus beban atau arus gangguan.  Pada waktu menghubungkan atau memutus beban akan terjadi tegangan recovery yaitu suatu fenomena tegangan lebih dan busur api.

34 Teknologi dan Rekayasa JENIS MEDIA PEMADAM BUSUR API PADA PEMUTUS TENAGA YAITU : 1.Pemutus tenaga dari udara 2. Pemutus tenaga minyak banyak & sedikit 3. Pemutus tenaga vakum 4. Pemutus tenaga gas F6(hexafluoride)atau Gas Insulated Switchgear ( GIS SF-6)

35 Teknologi dan Rekayasa PEMUTUS TENAGA DARI UDARA PMT ini menggunakan udara sebagai pemutus busur api dengan menghembuskan udara ke ruang pemutus. PMT ini disebut PMT Udara Hembus ( Air Blast Circuit Breaker ) Pada PMT udara hembus ( juga disebut compressed air circuit breaker).

36 Teknologi dan Rekayasa 1. PEMUTUS TENAGA DARI UDARA

37 Teknologi dan Rekayasa 2. PEMUTUS TENAGA MINYAK BANYAK

38 Teknologi dan Rekayasa PMT 150 KV MINYAK BANYAK DI CB SUNYARAGI

39 Teknologi dan Rekayasa 2. PEMUTUS TENAGA MINYAK SEDIKIT

40 Teknologi dan Rekayasa PMT MINYAK SEDIKIT 70 KV

41 Teknologi dan Rekayasa 3. PEMUTUS TENAGA VAKUM

42 Teknologi dan Rekayasa GAMBAR PMT JENIS VAKUM

43 KONSTRUKSI DAN MEKANISME PMT VAKUM BUATAN ABB TIPE VD4

44 Teknologi dan Rekayasa 4. PMT GAS INSULATED SWITCHGEAR GIS SF-6 ( HEKSAFLUORIDA BELERANG GAS) Keuntungan : 1.Memerlukan sedikit lahan dibanding Gardu Induk konvensional. 2. Sifat-sifat gas SF 6 tidak berbau, tidak berwarna,tidak beracun, sebagai bahan pemadam busur : cepat kembali sebagai dielektrik. 3.Tidak terjadi karbon selama terjadi busur, tidak mudah terbakar thermal conductivitnya yang baik, tidak menimbulkan bunyi berisik.

45 Teknologi dan Rekayasa TIPE KONSTRUKSI GIS SF-6  1. SINGLE PHASE ENCLOSURE  2. THREE PHASE MAIN BUS ENCLUSURE  3. TOTAL THREE PHASE MAIN BUS ENCLUSURE  4. CUBICLE

46 Teknologi dan Rekayasa SINGLE PHASE ENCLOSURE GIS jenis ini biasanya main bus terletak diatas dari peralatan switchgear lainnya dan circuit breaker terletak horisontal.

47 Teknologi dan Rekayasa Gb. SINGLE PHASE ENCLOSURE

48 Teknologi dan Rekayasa THREE PHASE MAIN BUS ENCLUSURE  Tipe ini biasanya terletak diluar, dihubungkan langsung dari transmisi ke transformator atau sebaiknya di switch gear out door. Peralatan switch gear di kemas dalam satu tabung (enclosure) secara kompak terpadu sehingga seluruh bagian yang bertengangan tertutup kecuali pada bagian ujung- ujungnya yaitu sisi transmisi atau sisi transformator.

49 Teknologi dan Rekayasa GAS SWITCHGEAR COMBINED 300 KV

50 Teknologi dan Rekayasa TOTAL THREE PHASE MAIN BUS ENCLUSURE  Tipe ini switch gear terpasang /terletak di dalam gedung sedangkan peralatan seperti trnsformer berada di luar. Peralatan switch gear tiga phase di kemas dalam satu tabung (enclosure) sedemikian rupa di dalam sehingga bebas dari bahaya sentuh.

51 Teknologi dan Rekayasa GB. TOTAL THREE PHASE MAIN BUS ENCLUSURE 300 KV

52 Teknologi dan Rekayasa  Tipe ini seluruh peralatan switch gearnya terpasang di dalam suatu cubicle (kotak yang tertutup rapat) Tipe ini sedikit pemeliharaan, bahkan free maintence. TIPE CUBICLE

53 Teknologi dan Rekayasa GAMBAR TIPE CUBICLE

54 Teknologi dan Rekayasa TERIMA KASIH SEKIAN


Download ppt "UNTUK KELAS XI OLEH: Drs. BAMBANG SRI BUDIONO JENIS PANEL LISTRIK DAN PANEL TEGANGAN TINGGI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google