Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi. 2.Buka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi. 2.Buka."— Transcript presentasi:

1 1.Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi. 2.Buka windows explorer, pada address bar ketikkan: \\akademik00\ lalu enter 3.Masuk ke folder Sosialisasi Kurikulum Silahkan salin file materi ke laptop Bapak/Ibu

2 SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013 SMK NEGERI 1 BATAM 16 NOVEMBER 2013 SELAMAT DATANG

3 PENILAIAN SIKAP  PENGERTIAN  Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek.  SIKAP terdiri dari tiga komponen, yakni: 1. KOMPONEN AFEKTIF adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu objek. 2. KOMPONEN KOGNITIF adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. 3. KOMPONEN KONATIF adalah kecenderungan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenaan dengan kehadiran objek sikap.

4 PADA JENJANG SMK  KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya,  KOMPETENSI SIKAP SOSIAL mengacu pada KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

5 PENDEKATAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP 1. OBSERVASI merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. 2. PENILAIAN DIRI merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.

6 PENDEKATAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP 3. PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik. 4. JURNAL merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.

7 PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN  TEKNIK & INSTRUMEN PENILAIAN Teknik PenilaianBentuk Instrumen Tes tulisPilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Tes lisanDaftar pertanyaan. PenugasanPekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

8 PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN  PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN merupakan penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana pencapaian SKL, KI, dan KD khusus dalam dimensi keterampilan.  KOMPETENSI INTI 4 KELAS X  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

9 PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN  KOMPETENSI INTI 4 KELAS XI DAN XII  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

10 TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN  TES PRAKTIK  Tes praktik adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuaidengan tuntutan kompetensi. Tes praktik dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.Penilaian digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik di laboratorium, praktik salat, praktik olahraga, bermain peran, memainkan alat musik, bernyanyi, membaca puisi/deklamasi, dan sebagainya.

11 TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN  PENILAIAN PROYEK merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau waktu tertentu.Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, penyelidikan dan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran dan indikator/topik tertentu secara jelas.

12 TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN  Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu

13 RAPOR SMK  Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan Kegiatan Ekstra Kurikuler, dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang). PREDIKAT PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP A44 SB (Sangat Baik) A-3.67 B+3.33 B (Baik) B3,00 B-2.67 C+2.33 C (Cukup) C2,00 C-1.67 D+1.33 K (Kurang) D1,00 INTERVAL HASIL KONVERSI PREDIKAT 96 – A 91 – A- 86 – B+ 81 – B 75 – B - 70 – C+ 65 – C 60 – C- 55 – D+ < D

14 PENILAIAN PENGETAHUAN TERDIRI ATAS  Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).  Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS.  Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester tersebut.  Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.

15 PENILAIAN KETERAMPILAN TERDIRI ATAS  Nilai Praktik diperoleh dari tes praktik di laboratorium atau di bengkel atau di industri yang dilakukan pada setiap akhir menyelesaikan satu KD atau lebih.  Nilai Portofolio diperoleh dari kumpulan nilai tugas/pekerjaan yang telah dilakukan oleh siswa selama pembelajaran di kelas atau magang di industri.  Nilai Proyek diperoleh dari akumulasi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diwujudkan mulai perencanaan, pelaksanaan sampai ke pelaporan dalam satu pekerjaan/paket keahlian.

16 PENILAIAN SIKAP TERDIRI ATAS  Penilaian Sikap diperoleh menggunakan instrumen: 1. Penilaian observasi (Penilaian Proses) 2. Penilaian diri sendiri 3. Penilaian antarteman 4. Jurnal catatan guru  Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik

17 PENGISIAN RAPOR SMK  Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan: 1. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik. 2. Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mapel yang berupa angka 1 s.d 4 dengan kelipatan 0,33 3. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2), dalam kolom mapel diisi dengan predikat (SB = sangat baik, B = baik, C = cukup, dan K = kurang)

18 PENGISIAN RAPOR SMK  Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan: 4. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat contoh dalam lampiran). 5. Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB=sangat baik, B=baik, C=cukup, dan K=kurang) dilengkapi dengan deskripsi masing- masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstra kurikuler. 6. Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas.

19 PENGISIAN RAPOR SMK  Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi mata pelajaran diisi dengan:  Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran. No.Mata PelajaranKompetensiCatatan Kelompok A (Wajib) 1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Pengetahuan Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain. Keterampilan Sudah terampil dalam hafalan surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S. An- Nur (24): 2. Sikap Spiritual dan Sosial Sudah konsisten menunjukkan sikap beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.

20 PENGISIAN RAPOR SMK  Pegisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 2 (dua) sama dengan pengisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 1 (satu).  Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik Satuan Pendidikan.

21 KATA MUTIARA Satu-satunya hal yang tidak pernah berubah sampai kapanpun adalah adanya perubahan. (The Old Paradox)

22 KATA MUTIARA Spesies yang akan bisa bertahan dalam kehidupan ini bukanlah spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling cerdas, tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahanlah yang bakal bertahan. (Charles Darwin)

23 KATA MUTIARA Kita tidak akan bisa memenuhi potensi kita yang sebenarnya, bila kita memilih diam dan tetap tinggal di dalam zona nyaman kita. (Oprah Winfrey)

24 KATA MUTIARA Jadilah perubahan, sehingga perubahan bisa terjadi. (Mahatma Gandhi)

25 KATA MUTIARA Definisi kegilaan adalah: melakukan hal yang sama terus menerus tetapi mengharapkan hasil berbeda. (Albert Einstein)

26 SELAMAT BEKERJA DENGAN KURIKULUM 2013


Download ppt "1.Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi. 2.Buka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google