Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Deskripsi MK PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS Pengasuh: Komang Setemen, S.Si.,M.T. Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Deskripsi MK PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS Pengasuh: Komang Setemen, S.Si.,M.T. Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan,"— Transcript presentasi:

1 Deskripsi MK PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS Pengasuh: Komang Setemen, S.Si.,M.T. Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan, UNDIKSHA

2 Piranti Masukan Keluaran PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Apa itu MK/IO? Proses memasukkan dan menghasilkan data  Apa itu piranti MK/IO? Piranti yang memiliki perilaku meminta masukan dan menghasilkan keluaran  Bentuk komunikasi antara IO dan CPU? Dengan transfer data melalui BUS  Apa itu BUS? Jalur komunikasi antar piranti (device) 2

3 PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Piranti Masukan (input device) adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan (input)  Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yakni selain sebagai alat input juga sebagai alat output. Alat seperti ini disebut terminal 3

4 PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika Terminal Dapat Digolongkan menjadi 3 (tiga), yaitu: 1.Non Intelligent Terminal 2.Smart Terminal 3.Intelligent Terminal  Non Intelligent Terminal - tidak memiliki prosesor - hanya berfungsi sebagai alat input dan penampil output saja  tidak bisa diprogram - disebut juga dumb terminal Contoh: Teleprinter 4

5 PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Smart Terminal - memiliki prosesor dan internal memory - data yang sudah masuk dapat dikoreksi - tidak dapat diprogram oleh pemakai Contoh: Mesin Ketik Elektronik 5

6 PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Intelligent Terminal - memiliki prosesor dan internal memory - disebut juga logic terminal atau programmable terminal - biasa digunakan pada sistem komputer jaringan - terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan kabel langsung atau lewat alat komunikasi Contoh: Komputer Client Server 6

7 PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Dari hubungannya dengan pemroses (CPU), piranti masukan digolongkan menjadi: 1. Piranti Masukan Langsung  Data input secara langsung diproses oleh CPU 2. Piranti Masukan Tak Langsung  Sebelum diproses oleh CPU, data disimpan terlebih dahulu di media penimpanan 7

8 Ada Pertanyaan PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika Ada pertanyaan? 8

9 3. Piranti Masukan (PM Langsung) PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika •Keyboard•Pointing Device•Scanner•Sensor•Voice Recognition Piranti Masukan langsung, dikelompokkan menjadi: 9

10 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Keyboard PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Piranti Masukan dengan Keyboard 1. Teleprinter - Terdiri dari keyboard dan printer - Data yang masuk langsung dikirim dan diproses oleh pemroses 2. Financial Transaction - digunakan untuk transaksi keuangan - sebagai contoh mesin ATM 10

11 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Keyboard PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika  Piranti Masukan dengan Keyboard 3. Point of Sale - Terdiri dari keyboard, display dan printer - Cash Register di Supermarket 4. Visual Display Unit - Terdiri dari keyboard dan video display 11

12 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Pointing Device PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika 12  Pointing Device 1. Mouse - Digunakan untuk mengatur posisi kursor - Pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart tahun 1960 untuk komputer Xerox Star - Tahun 1982, Apple memproduksi mouse dengan nama Apple Lisa untuk komputer Macintosh 2. Touch Screen (Layar Sentuh) - Layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu di layar di sentuh dengan tangan - Banyak digunakan pada komputer Hewlet Packard HP 150

13 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Pointing Device PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika Light Pen - Dengan menyentuh satu titik di layar, komputer akan membaca lokasi tersebut - Alat sentuhnya berupa pen 4. Digitizer Graphic Tablet - Membuat gambar dengan menghubungkan titik di graphic tablet, hasilnya dapat dilihat di monitor - Banyak digunakan untuk membuat rancangan (computer aided design)

14 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Scanner PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika 14  Scanner Bekerja dengan meraba data yang sedang dibaca secara elektronik. Alat input scanner dapat berupa: 1. Magnetic Ink Character Recognition (MICR) - Pengenal karakter tinta magnetik - Banyak digunakan pada BANK untuk transaksi cek 2. Optical Data Reader - Merupakan perbaikan dari MICR - Tidak memerlukan tinta khusus

15 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Scanner PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika 15  Optical Data Reader dapat berupa: - Optical Character Recognition (OCR) Reader - OCR Tag Reader - Barcode - Optical Mark Recognition (OMR) Reader

16 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Sensor PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika 16  Sensor - Alat yang dapat menangkap kejadian fisik - Data dikumpulkan dan diubah menjadi besaran digital oleh ADC - Selanjutnya data diolah oleh komputer Contoh: Digitizing Camera

17 3. Piranti Masukan (PM Langsung)-Voice Rec. PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika17  Voice Recognition - Menjadikan komputer mengerti ucapan manusia - Menggunakan microphone untuk menangkap suara input

18 3. Piranti Masukan (PM Tak Langsung) PMK, Komang Setemen-Manajemen Informatika 18  Masukan alat taklangsung artinya, data yang masuk tidak langsung oleh CPU, tetapi direkam (disimpan) terlebih dahulu ke media penyimpanan yang hanya dapat di baca oleh komputer.  Contoh: - Key to Card / Kartu Plong - Key to Tape (Pita Magnetic) - Key to Disk


Download ppt "Deskripsi MK PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS Pengasuh: Komang Setemen, S.Si.,M.T. Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google