Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN I Made Adi Purwantara, M.Kom Materi : •Struktur Organisasi •Pengantar Teori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN I Made Adi Purwantara, M.Kom Materi : •Struktur Organisasi •Pengantar Teori."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN I Made Adi Purwantara, M.Kom Materi : •Struktur Organisasi •Pengantar Teori Manajemen

2  Organisasi merupakan alat yang digunakan manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Keberhasilan organisasi merupakan gabungan antara kemahiran manajerial dan keterampilan teknis para pelaksana kegiatan operasional.  Manajemen selalu berkaitan dengan kehidupan organisasi. Tujuan mempelajari organisasi pada umumnya untuk memperbaiki antar hubungan manusia, perilaku organisasi, berusaha menolong manusia dan organisasi agar dapat saling berhubungan secara lebih efektif.

3  Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni menggerakan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.  Manajemen diibaratkan darah yang mengalir pada tubuh manusia, yang penerapannya sangat situasional tergantung dari situasi dan kondisi serta kekhasan dari organisasi yang memakainya.

4  Manajemen terdiri dari fungsi-fungsi berupa perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengkoordinasian, pengarahan dan pengendalian adalah menyangkut kegiatan pembentukan struktur, pengambilan keputusan dan interaksi manusia.  Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

5  Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran(goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.  Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.

6

7 Model pengolahan informasi pada struktur organisasi  Pihak manajemen sangat membutuhkan informasi yang sangat berguna untuk mengambil keputusan. Setiap tingkatan manajemen, membutuhkan informasi yang berbeda-beda.  Manajemen Tingkat Atas  Manajemen tingkat atas merupakan manajemen tingkat strategi, informasi yang dibutuhkan lebih tersaring atau lebih ringkas.  Sebagai contoh: Informasi mengenai grand total penjualan yang terjadi.

8  Manajemen Tingkat menengah  Manajemen menengah merupakan manajemen tingkat taktik, informasi yang dibutuhkan lebih tersaring untuk mengendalikan manajemen.  Sebagai contoh: Informasi mengenai semua total penjualan yang terjadi untuk tiap-tiap daerah.  Manajemen Tingkat Bawah  Manajemen tingkat bawah merupakan manajemen teknis yang membutuhkan laporan yang terinci, karena digunakan untuk mengendalikan operasi.  Sebagai contoh: Informasi mengenai semua penjualan yang terjadi untuk tiap-tiap daerah.

9 Tugas  Bentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang  Cari contoh sebuah perusahaan yang cukup besar  Buatkan struktur organisasi dari perusahaan tersebut


Download ppt "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN I Made Adi Purwantara, M.Kom Materi : •Struktur Organisasi •Pengantar Teori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google