Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hard disk A. Apa itu Harddisk  Magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran Hardisk merupakan piranti penyimpanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hard disk A. Apa itu Harddisk  Magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran Hardisk merupakan piranti penyimpanan."— Transcript presentasi:

1 Hard disk A. Apa itu Harddisk  Magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa konsentris yang disebut track.  Track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.  Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

2 Gambar Harddisk

3 B. Sejarah Perkembangan Harddisk Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan kecepatan putar harddisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan justru akan merusak fisik dari piringan tersebut.

4 C. Trend Perkembangan HardDisk Trend perkembangan harddisk dapat kita amati dari beberapa karakteristik berikut 1. Kerapatan Data/Teknologi Bahan  Merupakan ukuran teknologi bahan yang digunakan seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satu satuan persegi. 2. Struktur head baca/tulis  Head baca/tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Lewat head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik.

5 3.Kecepatan Putar Disk  Kecepatan putar pada jaman awal sekitar 3600RPM. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500RPM dan 5400RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang mempunyai kemampuan tinggi dibuatlah dengan kecepatan 7200RPM yang digunakan pada harddisk SCSI.

6 4. Kapasitas Kapasitas harddisk pada saat ini sudah mencapai orde ratusan GB. Hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik, kerapatan data yang semakin tinggi. D. Teknologi Harddisk Masadepan Harddisk dimasa mendatang salah satunya dititik beratkan pada kecepatan akses dan kapasitasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mereduksi komponen mekanis dari fisik harddisknya. Dapat dilihat saat ini sudah dirilis berbagai macam media penyimpan elektronis dalam bentuk kecil. Misalnya USB Drive dan MultiMedia Card. E. Pemasangan Harddisk Kabel IDE terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS.

7 F. Proses Baca Hardisk Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut kemudian memproses data menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks,dan kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi. G. Sectors dan Tracks  Tracks adalah bagian dari sepanjanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam.  Sectors adalah bagian dari tracks.Sectors memiliki jumlah bytes yang sudah diatur. Berikut gambar dari Sectors dan Tracks :

8 H. Bahan Pembuat Harddisk Saat ini harddisk dibuat dengan teknologi material media magnetik disebut thin film.Lebih rapat, masa pakainya kecil, ringan dari bahan oxide. I. Mekanisme Kerja Hard Disk Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic, yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

9 J. Penemu Hard Disk Hard Disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. insinyurIBM1956rpmMBGB


Download ppt "Hard disk A. Apa itu Harddisk  Magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran Hardisk merupakan piranti penyimpanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google