Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN DOS P ENGERTIAN, S EJARAH, S TRUKTUR D IREKTORY & F ILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN DOS P ENGERTIAN, S EJARAH, S TRUKTUR D IREKTORY & F ILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN DOS P ENGERTIAN, S EJARAH, S TRUKTUR D IREKTORY & F ILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 P ENGERTIAN DOS DOS yakni singkatan dari Disk Operating System. DOS merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar yang selalu ada pada sistem operasi Windows sekarang ini. Mungkin kini kita sudah jarang sekali menggunakan sistem operasi DOS karena sistem operasi Windows telah memiliki GUI ( Graphical User Interface) yang sangat baik.

3 DOS merupakan bagian penting dari komputer, tanpa DOS setiap bagian dari sistem komputer tidak akan dapat berkomunikasi dengan baik. MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS- DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

4 S EJARAH DOS MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System). Selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS karena didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel Microsoft membeli lisensinya lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

5 Monitor  menampilkan komunikasi antara user dengan komputer menggunakan teks dan grafik. MS DOS mengartikan sinyal elektronik dari komponen-komponen komputer dan mengirimkannya ke monitor untuk ditampilkan. Hard Drive  hard drive berisi hard disk yang merupakan sebuah tempat penyimpanan dalam komputer untuk program-program dan data. Informasi yang disimpan pada hard disk adalah permanen dan tersedia setiap kali user menyalakan komputer, kecuali jika telah dihapus. MS DOS akan menyimpan, mengatur, dan mengambil informasi pada hard disk jika user memberikan suatu perintah untuk melakukan hal itu. P ERANAN DOS

6 Keyboard  sarana utama yang user gunakan untuk memberikan perintah pada komputer. Jika user menekan sebuah tombol pada keyboard, suatu sinyal elektronik akan dikirimkan ke sistem. MS DOS menginterpretasikan sinyal tersebut dan mengirimkannya ke komponen komputer tertentu. Mouse  alat/ perangkat lain yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer. Jika user menggerakkan atau mengklik mouse, maka suatu sinyal elektronik dikirimkan ke unit sistem. MS DOS menginterpretasikan sinyal ini dan mengirimkannya ke komponen komputer yang berhubungan.

7 Floppy disk / floppy drive  merupakan tempat untuk media penyimpanan yang dapat dipindahkan. Dengan floppy disk user bisa memindahkan informasi ke komputer lain dan membuat salinan dari hard disk user untuk keamanan. MS DOS menyimpan, mengatur, dan mengambil informasi pada floppy disk sesuai dengan perintah yang user berikan. Printer  perangkat yang menghasilkan sebuah salinan informasi dari komputer. MS DOS mengirimkan informasi dari komputer ke printer untuk kemudian dicetak.

8 MS DOS menggunakan root direktori, subdirektori dan file-file untuk mengatur informasi yang user simpan pada hard disk dan floppy disk pada komputer. Pengelolaan disk dan file merupakan salah satu fungsi terpenting dari MS DOS. Sebagian besar perintah-perintah MS DOS melakukan operasinya pada hard disk, floppy disk, atau file-file user. MS DOS menggunakan suatu sistem yang mirip dengan file kabinet dalam mengelola informasi pada komputer. S TRUKTUR D IREKTORI & F ILE

9 I LUSTRASI

10

11 Di dalam sebuah subdirectory, dapat berisi subdirectory-subdirectory lainnya. Misal di dalam folder DasarKomputer ada folder lagi, bernama folder Materi, folder Tugas, dll.

12 Directory (Direktori) MS DOS menyimpan file-file pada disk dengan mengatur direktori, atau daftar dari file-file. Direktori ini menyimpan nama dari setiap file, tanggal dan waktu file tersebut dibuat atau diubah, ukuran file, dan lokasinya pada disk. Setiap disk memiliki suatu root directory yang merupakan direktori utama dari disk, yang juga berisi direktori-direktori lainnya yang disebut subdirectory.

13 Root Directory (Direktori Akar / Utama) Ibarat hard disk adalah kabinet maka root directory nya adalah laci kabinet. Setiap floppy disk dan hard disk memiliki root directory. Ini merupakan disk utama atau direktori atas, yang berisi seluruh direktori dan subdirektori. MS DOS mengidentifikasi root directory dengan satu backslash ( \ ) seperti C:\ adalah sebuah root directory.

14 Subdirectory (Subdirektori) Dapat disebut suatu folder elektronik. Subdirectory adalah direktori pada disk yang terdapat pada direktori lainnya (yang disebut parent directory dari subdirectory tersebut). Secara umum, semua subdirectory berada di dalam root directory.

15 File Seperti kertas dokumen yang berisi bermacam- macam informasi, file komputer juga dapat berisi informasi yang berbeda-beda. Informasi yang disimpan pada disk, seperti dokumen atau lembar kerja, disimpan dalam file. Setiap file mempunyai nama dan disimpan dalam suatu direktori. Karena file adalah satuan dasar dari penyimpanan disk, maka MS DOS menyediakan banyak perintah untuk pengelolaan file.

16 S PESIFIKASI F ILE Spesifikasi File : D:\DasarKomputer\Materi\Pertemuan1.doc D:\DasarKomputer\Materi\Pertemuan2.doc

17 D:\DasarKomputer\Materi\Pertemuan1.doc drive root directory folder DasarKomputer folder Materi subdirectory file name path name Spesifikasi File

18 Path untuk menyatakan suatu file tertentu pada disk, yang dapat ditunjukkan lokasinya dalam directory tree. Untuk mempermudah ini, MS DOS menyatakan root directory dengan tanda backslash (\), dan memisahkan setiap nama subdirectory dan file dengan tanda backslash (\). Nama lengkap suatu file disebut dengan spesifikasi file. Struktur direktori MS DOS biasanya disebut dengan pohon (tree), karena setiap disk mempunyai satu direktori utama dengan cabang-cabang direktori. Tetapi tidak seperti suatu pohon, akar dari directory tree MS DOS berada di puncak.

19 D IRECTORY T REE

20 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "PENGENALAN DOS P ENGERTIAN, S EJARAH, S TRUKTUR D IREKTORY & F ILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google