Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMORY “Hardware “ Asrinah_102904107_PTIK_A. Pengertian Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Terdapat beberapa jenis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMORY “Hardware “ Asrinah_102904107_PTIK_A. Pengertian Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Terdapat beberapa jenis."— Transcript presentasi:

1 MEMORY “Hardware “ Asrinah_ _PTIK_A

2 Pengertian Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Terdapat beberapa jenis memori yang digunakan, yakni :  Register  SRAM (Static Random Acces Memory) * Cache memory  Dinamic Random Access Memory (DRAM) * Module Memory  Magnetic Disc * FDD * HDD

3  Optical Disk * CD * DVD * Blue Ray * HVD  ROM (Read Only Memory)  Flash Memory  Punched Card

4  Pada standar arsitektur komputer sekuesial ada 3 level utama penyimpanan yaitu primer, sekunder dan tersier  Memori primer adalah memori utama komputer (RAM & ROM) yang bersifat volatil (tidak tetap) dan berkapasitas kecil.  Memori sekunder bersifat non-volatile (tetap) namun memiliki kapassitas yang cukup besar.  Memori tersier juga bersifat volatile, menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar (10 12 bytes)

5 Hierarki Memori Register Cache RAM Extension Memory Magnetic Disk Optical Disk Magnetic Tapes

6 Register  Merupakan tempat penyimpanan berbagi data tidak tetap di dalam processor yang diolah secara langsung dengan kecepatan yang sangat tinggi.  Register ini berada di dalam processor dengan jumlah yang sangat terbatas berfungsi sebagai tempat perhitungan/komputasi.

7 SRAM  Adalah sejenis memori semikonduktor, memori ini menggunakan saklar elektronik (flip-flop) untuk menyimpan.  Berdasrkan jenis transistornya SRAM dikategorikan sebagai: * Bipolar : sekarang tidak banyak digunakan, mengomsumsi banyak listrik namun sangat cepat. * CMOS : merupakan proses yang digunakan untuk mengimplementasikan sirkuit pada suatu IC.

8 Cont’d  Berdasarkan Fungsinya, SRAM dibedakan menjadi : * Asynchronous : clock frekuensi independen dimana data masuk dan data keluar dikontrol oleh alamat transisi * Synchoronous : semua tempo dimulai dari waktu naik/turun. Alamat data masuk dan sinyal kontrol lain yang berhubungan dengan sinyal waktu.

9 Cache Memory  Merupakan mekanisme dan tempat untuk penyimpanan dat sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data/instruksi yang sering diakses.  Cache umunya menggunakan SRAM yang mahal harganya sedangkan memory utama menggunakan DRAM yang jauh lebih murah.

10 DRAM  Merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer.  DRAM menggunakan chip memori. Sama halnya dengan processor, sebuah chip memori terbuat dari rangkaian jutaan transistor dan kapasitor.

11 Modul Memori  Chip-chip DRAM dirangkai pada sebuah modul papan sirkuit yang dinamakan memori module.  Ada 2 memori module jika dilihat dari bentuk fisik * SIMM (Single slide Memory Module) * DIMM (Double slide Memori Module )

12 Beberapa tipe RAM  FPM (Fast page Mode)  EDORAM  SDRAM  RDRAM  DDR SDRAM  DDR2  DDR3  SO DIMM  ECC (Error Checking and Correction)

13 Magnetic Disk  Merupakan jenis memori sekunder yang bersifat tetap.  Biasanya memiliki daya tampung yang cukup besar dan probabilitas yang relatif lebih tinggi.  Media ini berupa magnetic disc dan opticak disc.

14 Cont’d “Magnetic Disk  Floppy Disk sebuah media yang digunakan dalam komputer sebagai media storage atau tempat penyimpanan data  Hardisk/HDD/HD adalah sebuah komponen hardware yang menyimpan dat sekunder dan berisi piringan magnetis.

15 Cont’d Teknologi harddisk PC yang banyak beredar saat ini ada 3 tipe : - IDE/ATA - SATA - SCSI

16 Optical Disk  Adalah disk yang tidak menggunakan magnetik melainkan menggunakan sebuah bahan yang dapat ditembus oleh sinar lazer.  Tipe media optic : ◦ Laserdisc ◦ Compact Disc/CD-ROM : CD-R, CD-RW ◦ MiniDisc ◦ DVD : DVD-R, DVR R DL, DVD+R, DVD+R DL, DVD-RW, DVD+RW, DVD+RW DL,,DVD –RAM ◦ Blue-ray Disc : BD-R, BD-RE

17 Cont’d Optical Disk  CD-ROM (Compact Disc- Read Only Memory) adalah sebuah priringan kompak dari jenis optical disk yang dapat menyimpan data cukup besar.  Ukuran data yang dapat disimpan saat ini mencapai 720 MB.  Bersifat read only (hanya dapat dibaca, tidak dapat ditulis berulang kali).

18 Cont’d Optical Disk  DVD Merupakan sebuah media penyimpanan optical disk yang dapat digunakan untuk penyimpanan data termasuk film dengan kualitas video dan suara yang tinggi.  DVD awalnya merupakan singkatan digital video disk, diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja.

19 Cont’d Optical Disk  Blue-ray adalah salah satu teknologi terbaru yang diciptakan untuk tingkat high definition video dan high density data yang lebih dibanding CD dan DVD  Format Blue-ray : ◦ BD-ROM (read only), for prerecorded content ◦ BD-R (recordable), for PC data storage ◦ BD-RW (rewritable), for PC data storage ◦ BD-RE (rewritable), for HDTV recording

20 Cont’d Optical Disk  HVD (Holographic Verstile Disc) menyimpan data ke dalam volume disk dengan menyilangkan dua buah sinar laser, reference beam dan information beam ke dalam bahan.  Hal ini memungkinkan hologram disk untuk menyimpan memori lebih besar dari optical disk lain yang menyimpan memori dengan metode penyimpanan hanya pada satuan permukaan saja.

21 ROM (Read Only Memory)  Rom berisfat permanen artinya program/data yang disimpan dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan.  Jenis-jenis ROM ◦ PROM ◦ EPROM ◦ EAROM ◦ EEPROM / FlashEPROM (Flash Memory)

22 Cont’d  PROM (Programmable read only memory) dapat diprogram oleh pemakai tetapi hanya dapat ditulis sekali saja dan tidak dapat dihapus.  EPROM (Erasable Programmable read only memory) adalah ROM yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet dan dapat diprogram kembali secara elektris  EAROM (Electrically alterable ROM) adalah ROM yang dapat diprogram oleh komputer dengan menggunakan operasi arus tinggi, khusus digunakan untuk menyimpan informasi yang jarang sekali berubah seperti informasi konfigurasi  EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) jenis khusus PROM yang dapat dihapus dengan menggunakan perintah elektris.

23 Magnetic Tape  Merupakan media penyimpanan tipe lama yang bekerja seperti media kaset tape recorder.  Pembacaan data dilakukan secara satu per satu dimulai dari data yang berada di urutan terdepan.

24 Extension Memory  Memori ekstensi merupakan memori tambahan yang digunkana untuk membantu proses-proses dalam komputer, biasanya berupa buffer.  Peran memori tambahan ini sering dilupakan akan tetapi sangat penting artinya untuk efisiensi.  Memberi gambaran kasar kemampuan perangkat tersebut misalnya buffr pada harddisk dan lain sebagainya.

25 TERIMA KASIH


Download ppt "MEMORY “Hardware “ Asrinah_102904107_PTIK_A. Pengertian Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Terdapat beberapa jenis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google