Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen Pengampu: Imam Maulana Yusuf, S.IP.,M.Si. Penyusun : Diki SantikaNIM : 3506120007Smt : III.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen Pengampu: Imam Maulana Yusuf, S.IP.,M.Si. Penyusun : Diki SantikaNIM : 3506120007Smt : III."— Transcript presentasi:

1 Dosen Pengampu: Imam Maulana Yusuf, S.IP.,M.Si. Penyusun : Diki SantikaNIM : Smt : III

2 PARTISI HARDDISK  BILA BERMAKSUD MEMAKAI SISTEM OPERASI (MENAMBAHKAN WINDOWS 2000, MENCOBA XP, ATAU BAHKAN MENGINSTALL /LINUX). ANDA PERLU BANYAK PARTISI.  BAYANGKAN PARTISI SEBAGAI WADAH UNTUK DATA, SEPERTI LACI PADA LEMARI ARSIP. SETIAP PARTISI MEMAKAI SEBUAH SISTEM FILE UNTUK MENYIMPAN DAN MEMAKAI DATA. WINDOWS 98 DAN ME MENGGUNAKAN SISTTEM FILE FAT32. FA32 MEMUNGKINKAN UKURAN PARTISIPASI MAKSIMUM YANG LEBIH BESAR DAN MENYIMPAN DATA LEBIH EFISIEN DIBANDINGKAN SISTEM FILE FAT16 YANG DIGUNAKAN DOS DAN VERSI PERTAMA WINDOWS 95.  WINDOWS NT MEMPERKENALKAN SISTEM FILE NTFS, YANG MEMAKAI RUANG SECRAA LEBIH EFISIEN DAN MENAWARKAN SEKURIT DATA YANG LEBIH BAIK. WINDOES 95, 98 DAN ME TIDAK DAPAT “MELIHAT” DATA DI SEBUAH PARTISI NTFS; WALAUPUN DEMIKIAN, WINDOWS NT, 2000 DAN XP MAMPU MEMBACA DARI DAN MENULIS KE PARTISI NTFS MAUPUN FAT32.  JIKA ANDA MULAI DENGAN HARDDISK BARU YANG MASIH KOSONG, MEMPARTISI ITU MUDAH. INSTALASI RUTIN WINDOWS NT 2000 DAN XP MEMBERI ANDA SEBAGAI KONTROL ATAS PARTISI.  NAMUN JIKA INGIN MEMPUNYAI OPSI-OPSI PARTISI YANG LUAS, ANDA AKAN BUTUH UTILITI SEPERTI PARTITION COMMANDER (USS 69) (WWW. POWERQUEST.COM).

3 1. PERIKSA, OPTIMIS, DAN BACKUP DRIVE •PERTAMA, PILIH STARR*PROGRAM*ACCESSORIES*SYSTEM TOOLS*SCAN-DISK, KLIK THROUGH, DAN TANDAI KTAK AUTOMATICALLY FIX ERRORS. KEMUDIAN KLIK START, BERIKUTNYA, DEFRAGMENTASI SETIAP DRIVE DENGAN MEMILIH START*PROGRAM*ACCESSORIES*SYSTEM TOOLS*DEFRAGMENTER. 2. MERENCANA KAN PARTISI •SEBELUM ANDA MENJALANKAN SOFWARE PARTISI, TENTUKAN CARA ANDA MENGGORGANISIR HARDISK. PERTIMBANGAN UKURAN DRIVE, APAKAH ANDA INGIN MEMPERMUDAH MEMISAHKAN DATA DARI SISTEM OPERASI DAN APLIKASI ATAU MEMBUAT STRUKTUR YANG LEBIH KOMPLEKS, DAN APAKAH INGIN MENJALANKAN LEBIH DARI OS. 3. JALANKAN SOFTWARE •SETELAH ANADA MEMUTUSKAN BAGAIMANA MENGATUR PARTISI-PARTISI ANDA, IKUTI PETUNJUK UNTUK MENGINSTALL DAN MENJALANKAN SOFTWARE PARTISI. 4. BOOTING ULANG DAN ORGANISIR ULANG •SETELAH PARTISI-PARTISI BOOTING ULANG PC ANDA UNTUK MELENGKAPI PROSES. KEMUDIAN ANDA DAPAT MEMINDAHKAN DATA AAU MENGINSTALL SISTEM OPERASI BARU. JIKA BERENCANA MENYIMPAN SEMUA DATA DALAM SALAH SATU PARTISI BARU, ANDA HARS MENETAPKAN TEMPAT APLIKASI-APLIKASI MENYIMPAN FILE UNTUK SELANJUTNYA. 5. BERMASALAH ? •JIKA ANDA MENGALAMI MASALAH MENGAKSES ATAU MEMAKAI PARTISI BARU, GUANKAAN DISK DARURAT YANG MENYERTAI SOFWARE PARTISI UNTUK MEMERIKSA ULANG BAHWA PARTISI YANG DIBUAT DAN DIFORMAT.

4 JIKA ANDA MELLIHAT TANDA ERROR MESSAGE DISK BOOT FAILURE, ANDA SEGERA MENGATASI MASALAH DISK DENGAN TOOL YANG SUDAH ANDA MILIKI.  SUARA BERISIK: CARA PALING AMAN ADALAH MEMATIKAN SISTEM DAN MENGGUNAKAN RECOVERY SERVICE SEPERTI DRIVESAVERS(WWW.DRIVESAVERS.COM) ATAU ONTRACK (WWW.ONTRACK.COM) LAYANAN INI AKAN BILA PERLU MELUCUTI SRIVESAVERS DALAM SEBUAH CLEAN ROOM UNTUK MEMPEBAIKI DATA.WWW.DRIVESAVERS.COMWWW.ONTRACK.COM  KORUPSI DATA : JIKA DRIVE BEKERJA DENGAN M=NORMAL, TETAPI FILE DAN DIREKTORI HILANG MUNGKIN ADA FIRUS ATAU DISK YANG MEMBUAT BAD SECTOR (BAGIAN DARI CLUTER YANG TIDAK LAGI MEMUAT DATA, MENYEBABKAN CLUTER YANG TERINFEKSI JADI BISA DIPAKAI). COBA GUNAKAN SOFWARE REVORY YANG DIJALANKAN DAR CD-ROM ATAU FLOPY DISK, SEPERTI R-TOOL’R-STUDIO AGEN EMERGENCY.  KABEL JELEK: JIKA SISTEM ANDA TIDAK MAU BOOTING DAN HARDISKNYA BERHENTI MUNGKIN KABEL KONEKSINYA TIDAK BAGUS ATAU JELEK. PETAMA PERIKSA KONEKSI TIDAK ADA LIPATAN ATAU PIN YANG PATAH. MASALAHNYA BERSUMBER PADA KONEKSI YANG BURUK PADA POWER SUPPLY TETAPI ITU JARANG TERJADI.

5 SEPERTI BIASA SEBELUM ANDA MULAI LAKUKAN BACKUP LENGKAP ATAS SISTEM ANDA : •KLIK DUA KALI MY COMPUTER, KLIK KANAN ICON UNTUK DRIVE C; DAN PILIJ PROPERTIES. KEMUDIAN KLIK TOMBOL DISK CLEANUP. 1. AKTIPKAN DISK CLEANUP •IKUTI ISTRUKTUR DI LANGKAH 1 UNTUK MASUK EK DISK CLEANUP. PILIH TAB MORE OPTIONS, DAN KLIK TOMBOL CLEAN UP PADA ‘WINDOWS COMPONENTS’. DAN ANDA AKAN MELIHAT SEDERET KOMPONEN YANG ANDA UNINSTALL. 2. BUANG KOMPONEN WINDOWS YANG TIDAK DIPERLUKAN •UNTUK MELIHAT APA YANG TELAH ANDA INSTALL KLIK CLEAN UP DI BAGIAN ‘INSTALLED PROGRAMS’ TAB MORE OPTIONS. DI WINDOWS 98 DAN ME ANDA AKAN MENUJU KE LYAR ADD/REMOVE PROGRAM PROPERTIES. 3. BUANG APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN •JIKA BANYAK MELAKUKAN INSTALL DAN UNINSTALL, ANDA AKAN MENDAPATI BANYAK TITIK PEMULIHAN (RESTORE POINT) YANG MENGHABISKAN RUANG. UTNUK MENGHAPUS SEMUA TETAPI YANG PALING BARU, KLIK CLEAN UP PADA SYSTEM RESTORE DI TAB MORE OPTIONS. 4. HAPUS TITIK PEMULIHAN •KLIK KANAN MASING-MASING DRIVE ICON DAN PILIH PROPERTIES UNTUK MENDATA SISTEM FILE. UTNUK MENGKONVERSI DRIVE-DRIVE DI WIN 98, PERGILAH KE START*PROGRAMS*ACCESSORIES*SYSTEM TOOLS*DRIVE CONVERTER (FAT32), DAN IKUTI PETUNJUK. UNTUK MENGKONVERSI SUATU DRIVE KETIK CVT, TEKAN SPACEBAR, DAN KETIK HURUP DRIVE DIIKUTI DENGAN TITIK DUA. 5. KONVERSI KE FAT32 •UNTUK MEMBATASI UKURAN CACHER KLIK-KANAN ICON INTERNET EXPLORER DAN PILIH PROPERTIES. PADA TABGENERAL, KLIK TOMBOL SETTINGS PADA ‘TEMPORARTY INTERNET FILES’. TURUNKAN ANGKA PADA ‘AMOUNT OF DISK SPACE TO USE’. 6. ATUR CACHER DI BROWSER ANDA

6  TEMPATKAN HARDDISK DI SALURAN EIDE-NYA SENDIRI SETIAP PC MEMILIKI DUA SALURAN EIDE, PRIMER DAN SEKUNDER. DAN DITETAPKAN SEBAGAI “MASTER” DAN “SLAVE”. UNTUK KINERJA TERBAIK HARDDISK DI TEMPATKAN DI SALURAN PRIMER (A) DAN DRIVE LAINNYA DI SALURAN SEKUNDER (B).  ATUR DRIVE YANG LEBIH LAMBAT SEBAGAI SLAVE JIKA ANDA PUNYA HARDDISK 5400RPM MAUPUN 7200RPM, ATAU JUMPER DRIVE 7200RPM SEBAGAI MASTER. JIKA ANDA MENJALANKAN SD-RW ATAU REWRITABLE-DVD DRIVE PADA SALURAN SEKUNDER SEBAGAI READ-ONLY OPTICAL-DRIVE, JADIKAN PEMBUATAN DISK YANG BISA DIANDALKAN.  GUNAKAN KABEL YANG TEPAT PASTIKAN ANADA TIDAK MEMAKAI TIPE KABEL YANG KELIRU PADA HARDDISK PC. PENGGUNAAN KABEL-80 KAWAT PADA CD ATAU DVD DRIVE CUKUP BAIK.  GUNAKAN SOFWARE TERBARU REWRITABLE-DVD DAN PERANTI EIDE LAIN, SEPERTI ZIP DRIVE, MEMINTA DRIVE SPESIFIK. MESKIPUN ANDA BELUM LAMA MEMBELI DRIVE TERSEBUT, JELAJAHI SITUS WEB PEMBUATANNYA UNTUK MENDAPATKAN DRIVE UPDTAE TERBARU.  PASANG CONTROLLER ADD-IN KECEPATAN TINGGI UNTUK MEMAKSA KECEPATAN MAKSIMAL ULTRA DMA / 133 DRIVE, PERTMBANGKAN MENGINSTALL ADD-IN BOARD ULTRA DMA/133.

7 GRAFIK REAL-TIME PADA SYSTEM MONITOR MENYEDIAKAN GAMBARAN STATISTIK KINERJA UTAMA: ANDA DAPAT MENGAMATI SISTEM MENGATUR MEMORI, CPU, DAN SETTING LAINNYA DALAM KONDISI NYATA, YANG BAGUS UNTUK MENGOPTIMASI MASALAH PC. BUKA MENU VIEW PADA SYSTEM MONITOR DAN PERIKSA SETTING NUMERIC CHARTS.

8


Download ppt "Dosen Pengampu: Imam Maulana Yusuf, S.IP.,M.Si. Penyusun : Diki SantikaNIM : 3506120007Smt : III."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google