Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN DISC DRIVE By: Asriadi Pertemuan 14. Format Disc Disk adalah salah satu tempat penyimpanan data. Sebelum sebuah disk dapa digunakan, disk harus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN DISC DRIVE By: Asriadi Pertemuan 14. Format Disc Disk adalah salah satu tempat penyimpanan data. Sebelum sebuah disk dapa digunakan, disk harus."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN DISC DRIVE By: Asriadi Pertemuan 14

2 Format Disc Disk adalah salah satu tempat penyimpanan data. Sebelum sebuah disk dapa digunakan, disk harus dibagi - bagi dalam beberapa sektor. Sektor - sektor ini yang kemudian akan dibaca oleh pengendali.

3 Lanjutan... Pembentukan sektor - sektor ini disebut low level formatting atau physical formatting. Low level formatting juga akan mengisi disk dengan beberapa struktur data penting seperti header dan trailer.

4 Lanjutan... Header dan trailer mempunyai informasi seperti nomor sektor, dan Error Correcting Code (ECC). ECC ini berfungsi sebagai correcting code karena mempunyai kemampuan untuk mendeteksi bit yang salah, menghitung nilai yang benar dan kemudian mengubahnya.

5 Boot Block Saat sebuah komputer dijalankan, sistem akan mencari sebuah initial program yang akan memulai segala sesuatunya. Initial program-nya (initial bootstrap) bersifat sederhana dan akan menginisialisasi seluruh aspek yang diperlukan bagi komputer untuk beroperasi dengan baik seperti CPU registers, controller, dan yang terakhir adalah Sistem Operasinya.

6 Lanjutan... Untuk alasan praktis, bootstrap sering dibuat berbentuk kecil (tiny loader) dan diletakkan di ROM, yang kemudian akan me-load full bootstrap dari disk bagian disk yang disebut boot block.

7 Bad Block Bad block adalah satu atau lebih sektor yang cacat atau rusak. Kerusakan ini dapat diakibatkan karena kerentanan disk jika sering dipindah- pindah atau kemasukan benda asing.

8 Pita Magnetic Pita Magnetik (Magnetic tape), untuk membaca dan menulis data dari dan ke pita magnit melalui read / write head, dimana proses menulis pada pita magnit sifatnya destructive, yaitu bila data baru ditulis dan data yang lama akan langsung terhapus.

9 Fungsi Pita magnetik juga berfungsi sebagai media transfer data yang paling sederhana antara mesin-mesin yang tidak mempunyai sambungan komunikasi secara langsung.

10 Karasteristik Pita Magnetic  Ukuran pita tape: - lebar ½ inch atau 35 mm, dilapisi dengan medium perekaman magnetik - Panjang pita ada yang 600, 800, 1200 dan 2400 feets  Pita ini biasanya terbagi menjadi 7 atau 9 track searah dengan panjang pita tersebut.  Pita tape terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide  Jumlah data yang disimpan terkecil adalah 20 MB dan untuk jenis tape optis dapat menyimpan 1000 GB atau 1 Terabyte dan panjang pitanya 800 m.

11  Organisasi file pada tape adalah sequential organization, yaitu penyusunan yang berurut sehingga untuk mencari data dimulai dari data pertama sampai data tersebut ditemukan.  Pengambilan data tertentu (retrieval) sangat lambat, karena sebelum sampai data yang dimaksud harus melalui dan membaca data demi data sebelumnya, ini disebut sequential access.  Data yang disimpang dalam magnetic tape umumnya data yang tidak memerlukan perubahan (data baku) atau untuk backup data  Kecepatan baca atau mencatat data pada pita tape tergantung model dan instruksinya, namun dapat diperkirakan antara sampai bytes per detiknya.

12 Jenis Magnetic Tape Disc  Media input berbentuk cassette tipe drive internal dengan interface IDE mempunyai kapasitas 30 GB  Media input berbentuk cassette perangkap back up portable tipe drive eksternal dengan interface USB mempunyai kapasitas memori 20 GB.  Eksternal drive tape dengan tipe single drive, yaitu single catridge dan 7 catridges, dengan interface USB mempunyai cartridge kapasitas 200 GB dan native 400 GB compressed, untuk transfer data rate 35 Mpbs, native 70 Mbps compressed.


Download ppt "MANAJEMEN DISC DRIVE By: Asriadi Pertemuan 14. Format Disc Disk adalah salah satu tempat penyimpanan data. Sebelum sebuah disk dapa digunakan, disk harus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google