Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memori dari pengguna dengan menjadikan memori sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memori dari pengguna dengan menjadikan memori sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas."— Transcript presentasi:

1

2  Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memori dari pengguna dengan menjadikan memori sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas dan menaruh beberapa bagian dari memori virtual yang berada di memori logis.

3  Sistem operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang digunakan di memori fisik (memori utama) dan sisanya diletakkan di disk.  Begitu bagian yang berada di disk diperlukan, maka bagian di memori yang tidak diperlukan akan dikeluarkan dari memori fisik (swap- out) dan diganti (swap-in) oleh bagian disk yang diperlukan itu.

4  Pernyataan atau pilihan yang hanya akan dieksekusi pada kondisi tertentu. Sebagai contoh “pesan-pesan error yang hanya muncul bila terjadi kesalahan”.  Fungsi-fungsi yang jarang digunakan.  Pengalokasian memori yang lebih besar dari yang dibutuhkan. Contoh:array, daftar, tabel.

5  Demand Paging  Demand Segmentation (Kompleks sehingga jarang di implementasikan) IBM OS/2

6  Bit Valid= Hal ada di memori  Bit Invalid= Hal tidak ada di memori

7 Page tidak akan dibawa Ke memori sampai page benar-benar diperlukan. Swap Out Mengeluarkan dari Harddisk Swap In Memasukkan ke harddisk

8

9  Memeriksa tabel internal yang dilengkapi dengan PCB untuk menentukan valid atau tidaknya bit.  Apabila tidak valid, program akan di terminasi (interupsi oleh illegal address trap). Jika valid tapi proses belum dibawa ke halaman, maka kita halaman kan sekarang.  Memilih frame kosong (free-frame), misalnya dari free-frame list. Jika tidak ditemui ada frame yang kosong, maka dilakukan swap-out dari memori. Frame mana yang harus di-swap- out akan ditentukan oleh algoritma (lihat sub bab penggantian halaman).

10  Menjadualkan operasi disk untuk membaca halaman yang diinginkan ke frame yang baru dialokasikan.  Ketika pembacaan komplit, ubah bit validasi menjadi "1" yang berarti halaman sudah diidentifikasi ada di memori.  Mengulang instruksi yang tadi telah sempat diinterupsi. Jika tadi kesalahan halaman terjadi saat instruksi diambil, maka akan dilakukan pengambilan lagi. Jika terjadi saat operan sedang di-ambil, maka harus dilakukan pengambilan ulang, dekode, dan pengambilan operan lagi.

11  FIFO(First In First Out)  Pertama Datang maka pertama Dikeluarkan  Ex dengan free frame = 4

12  LRU  Page yang sudah tidak dipakai paling lama  Ex dengan free frame = 4

13  Optimal Algoritm  Page yang tidak akan dipakai paling lama  ex

14  Memori virtual Besar  Penggunaan memori yang lebih efisien  Meningkatkan degree of multiprogamming  Banyaknya proses yang berada di memori fisik

15 Sekian Selamat UTS


Download ppt " Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memori dari pengguna dengan menjadikan memori sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google