Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi Informasi Nama: Radiansah NIM: A2.1300040 Kelas: TI/I-B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi Informasi Nama: Radiansah NIM: A2.1300040 Kelas: TI/I-B."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi Informasi Nama: Radiansah NIM: A Kelas: TI/I-B

2 • Gambaran HardWare SoftWare Input Device Proses Device OutputDevice Memory Eksternal Internal TUI/CUI GUI SO Aplikasi Pemograman Utility Genetik Spesifik

3 HARDWARE

4 A. Input Device Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat masukkan menerima input dari luar sistem dapat berupa Signal Input atau Maintanance Input. Signal Input berupa data yang di masukkan ke dalam sistem komputer, Maintanance Input berupa program yang di gunakan untuk mengolah data yang di masukkan.

5 Contoh Alat Input Device

6 B. Output Device Output Device adalah komputer yang berfungsi/perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa Hardcopy (hasil di kertas), Softcopy (ke monitor) atapun berupa suara (voice).

7 C. Process Device Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU).CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit. 1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut denganmain memory. 2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer 3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugasmemberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

8 D. Memory Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan. Memory dibedakan menjadi dua jenis yaitu Memory Eksternal dan Memory Internal. • Memory Internal Memori internal (biasa disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, Program, maupun Informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya dapat diperbaharui. Contohnya seperti; DRAM, SRAM, EDORAM, dll.

9 • Memory Eksternal Memori eksternal (external storage) dikenal juga engan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan eksternal adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpanan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengn baik sekalipun computer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Hardisk dan disket merupakan contoh penyimpanan eksternal. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

10 SOFTWARE

11 • CUI/TUI CUI Character User Interface adalah administator sistem berbasis sisten linux. Lebih nyaman menggunakan CUI dari GUI,bahkan setelah GUI pada pada linux berkembang pesat banyak orang yang tetap bertahan menggunakan CUI.

12 • GUI GUI(Graphical User Interface)merupakan salah satu modal antara manusia dan komputer. penganut GUI adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi windows,karena GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

13 A. Sistem Operasi Sistem operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar: 1.Microsoft Windows 2.Unix 3.Mac OS

14 • Microsoft Windows Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014). • Unix Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. • Mac Os Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger).Dan versi 10.5 (Leopard). Contoh system operasi windows XP

15 B. Aplikasi Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan. Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi : a.WordProcessing Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

16 b. Desktop Publishing Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker. c. Program Speadsheet Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv. d. Database Management System Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi.Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja.Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach. Dan masih banyak aplikasi lainnya.

17 C. Pemrograman Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer(yang membuat program) dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

18 D. Utility Utility software adalah jenis perangkat lunak sistem yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.Sepotong tunggal dari perangkat lunak utilitas biasanya disebut utilitas (abbr. util) atau alat. Utilitas perangkat lunak harus kontras dengan perangkat lunak aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat dokumen teks, bermain game, mendengarkan musik atau surfing web. Alih-alih menyediakan jenis-jenis fungsionalitas berorientasi pengguna atau output-oriented, Contoh Program Utility : • Disk Defragmenter, adalah salah satu tool yang disediakan oleh Windows yang digunakan untuk menganalisa volume drive, dan untuk meng-alokasikan dan meng-konsolidasikan ulang file – file ataupun folder – folder yang terpisah – pisah. • Driver, merupakan suatu aplikasi untuk menghubungkan beragam perangkat keras, ke komputer dan terhubung melalui perangkat lunak.

19 • Kategori software utility -Disk penyimpanan utilitas -defragmenters Disk, dapat mendeteksi file-file komputer yang isinya yang rusak di beberapa lokasi di hard disk, dan memindahkan bagian-bagian untuk satu lokasi untuk meningkatkan efisiensi. -dam Disk dapat memindai isi hard disk untuk menemukan file atau daerah yang rusak dalam beberapa cara, atau tidak disimpan dengan benar, dan menghilangkan mereka untuk operasi hard drive lebih efisien. -pembersih Disk dapat menemukan file yang tidak perlu untuk operasi komputer, atau mengambil dalam jumlah cukup ruang. Disk cleaner membantu pengguna untuk memutuskan apa yang harus menghapus ketika mereka hard disk penuh. -Ruang disk analisis untuk visualisasi penggunaan kapasitas disk dengan mendapatkan ukuran untuk setiap folder (termasuk sub folder) dan file dalam folder atau drive.menunjukkan distribusi ruang yang digunakan. Dan yang lainnya


Download ppt "Pengantar Teknologi Informasi Nama: Radiansah NIM: A2.1300040 Kelas: TI/I-B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google