Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Picnic Area  Bagian dari aktivitas Forest Recreation : ‘an outdoor meal where the members of the party consume the food they brought along with them’.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Picnic Area  Bagian dari aktivitas Forest Recreation : ‘an outdoor meal where the members of the party consume the food they brought along with them’."— Transcript presentasi:

1 Picnic Area  Bagian dari aktivitas Forest Recreation : ‘an outdoor meal where the members of the party consume the food they brought along with them’.  Dilakukan oleh sekelompok orang (family / organized group), menggunakan meja dan fasilitas lainnya pada area rekreasi khusus.  Picnic : day-use activity (during a portion of the day, not require over night accomodation)  Perlu aktivitas lain yang mendukung untuk meningkatkan daya tarik (swimming, play ground, etc)

2  Aktivitas piknik ini perlu dialokasikan pada ruang tertentu dengan tujuan untuk kenyamanan, keamanan, enjoyment of users dan perlindungan kawasan dari kerusakan tanah, polusi sumber air, kebersihan kawasan dan kemudahan pemeliharaan  The forest setting that ideal for picnicking : shady, pleasant, quiet.  Piknik dilakukan pada kawasan rekreasi yang cukup jauh dari kawasan pemukiman. Dalam beberapa kasus sekitar 30 miles atau sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan.

3 PICNIC UNIT  The picpic unit is approximately 400 square feet in size and oriented around the table. (W. Douglas)  Dalam setiap unit terdapat fasilitas : meja dan bangku, fire place, tempat sampah.  Sumber/ kran air, toilet, area parkir merupakan fasilitas pendukung yang ditempatkan disekitar picnic unit  Untuk ‘large picnic ground’ fireplace tidak harus disediakan di setiap unit (biasanya membawa makanan siap saji). Min 1 tungku api untuk 4 unit.

4  Bangku dan meja piknik, harus ditanam (cannot be moved) dan terbuat dari bahan yang tahan lama. Biasanya kombinasi besi dengan kayu  Penggunaan material ‘full wood’ untuk fasilitas outdoor kurang direkomendasikan karena biaya pemeliharan yang tinggi.  Disain picnic unit dibuat untuk kenyamanan, keamanan dan kepuasan user, serta melindungi natural env.

5 PICNIC LAYOUT  Penempatan lokasi piknik diupayakan berada disekitar pemandangan yang indah.  Jika ada badan/ sumber air, harus berjarak < 4.5 meter dari pinggir badan air, dengan fungsi sbg buffer zone.  Tujuan buffer zone for picnic : - mencegah interaksi langsung dengan badan air, seperti renang atau bermain air seperti renang atau bermain air - melindungi badan air dari polusi dan kerusakan (sampah, polusi air, erosi tepi dll) (sampah, polusi air, erosi tepi dll)  Diperlukan sirkulasi yang baik, yang menghubungkan setiap area pendukung dengan area utama

6 Klasifikasi disain picnic ground* GENERAL USE PICNICGROUNDS  Bentuk disain picnic ground yang paling umum  Kepadatannya sekitar unit per acre. Lebih dari ini akan menyebabkan kerusakan lahan  Dalam satu area picnic ground baiknya dibagi menjadi 2 kelompok ; 1). untuk kel besar (>1 meja). 2). untuk kel kecil (1 meja u/ 1keluarga)  Sumber air minum* berjarak 50 – 70 yards dari setiap picnic unit  Sumber air berjarak sekitar 4-6 meter dari tiap PU, dengan sirkulasi yang memudahkan dicapai dari tiap PU (also for fire protection)

7  Toilet berjarak sekitar 15 meter dari picnic unit  Areal parkir sebaiknya tidak terlalu jauh dari picnic unit, karena user membawa barang-barang yang cukup banyak untuk keperluan piknik  Areal parkir sebaikya disatukan dalam satu kawasan yang cukup besar  Penggunaan paving parkir area baiknya dari aspal karena low maintenance dan lebih nyaman bagi user  Penataan ruang piknik harus selalu memperhatikan keamanan, kenyamanan dan keindahan point tertentu yang bisa di optimalkan  GBR

8 GROUP PICNIC GROUND  Kelompok besar yang melakukan piknik biasanya sekitar 50 orang, melakukan akt organisasi. Cth : pelajar, family gathering, perusahaan dll.  Kelompok ini perlu dialokasikan terpisah dari pengguna piknik lainnya, karena memerlukan privacy dalam melakukan aktivitas organisasinya (mrmiliki agenda acr khusus). Manggunakan sistem booking, dan pada saat tertentu bisa dibuka untuk kel kecil  Fasilitas pendukung seperti toilet, sumber air dll dibuat terpisah. Disediakan juga barbeque site dan play ground  Shelter baiknya disediakan untuk antisipasi saat hujan

9 CLUSTER PICNIC GROUND (cpg)  CPG didisain untuk kelompok kecil (with low density facility) yang ingin melakukan piknik pada kawasan yang tertutup (privacy)  Kepadatannya 4 unit per acre dengan minimum modifikasi terhadap kondisi alam  Setiap unit dikelompokkan dalam 1 kluster (3-5 unit dengan jarak antar unit sekitar 3 meter.  Jarak dengan area parkir tidak terlalu dekat (> 15 meter) karena user menyukai ada tracking sebelum sampai ke tiap unit  Jalan/ track tidak perlu di paved permanen  Baik jika memanfaatkan slope yang berundak undak utnuk memisahkan antar unit

10 EN ROUTE PICNIC GROUND  Roadside picnic table on a major high way  Untuk penemudi yang sedang dalam perjalanan jauh, yang membutuhkan tempat untuk makan dengan makanan sendiri  Biasanya bagian dari rest area  Fasilitas yang disediakan : meja dan bangku, toilet  Fire plece dan sumber air (kran) tidak perlu disediakan karena area ini didisain for rapid turnover


Download ppt "Picnic Area  Bagian dari aktivitas Forest Recreation : ‘an outdoor meal where the members of the party consume the food they brought along with them’."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google