Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUHAN DAN ILMU PENGETAHUAN BUKTI-BUKTI BAGI KEKRISTENAN Ambon, 9 JANUARI 2013 John Oakes PhD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUHAN DAN ILMU PENGETAHUAN BUKTI-BUKTI BAGI KEKRISTENAN Ambon, 9 JANUARI 2013 John Oakes PhD."— Transcript presentasi:

1 TUHAN DAN ILMU PENGETAHUAN BUKTI-BUKTI BAGI KEKRISTENAN Ambon, 9 JANUARI 2013 John Oakes PhD

2 Thomas Huxley, Darwin’s “bulldog” “Kita adalah produk dari kekuatan tak dikenal yang serupa dengan batu yang jatuh ke bumi, atau pasang surutnya air laut. Kita terjadi begitu saja, dan manusia tercipta oleh serangkaian kebetulan-kebetulan tunggal yang menguntungkan.”

3  Di dalam dunia yang terdiri dari kekuatan-kekuatan fisik tak dikenal dan replika genetika, ada orang- orang yang akan tersakiti dan ada yang akan mendapat keberuntungan: dan anda takkan menemukan pola atau alasan apapun dibaliknya, ataupun keadilan. Alam semesta yang kita amati memiliki unsur yang persis seperti yang kita duga pada mulanya, tak ada rancangan, tak ada tujuan, tak ada kejahatan dan tak ada kebaikan. Tak ada apapun selain kemasabodohan. DNA tidak mengenal ataupun peduli. DNA hanya DNA, dan kita menari sesuai musiknya.

4 Kebetulan atau Dirancang? The Anthropic Principle William Paley

5 The Teleological Argument Evidence for Design in Nature The Anthropic Principle Boeing 747 Design or Accident?

6 Roger Bacon Untuk mempelajari alam semesta, gunakan “Pengalaman eksternal, ditambah dengan instrumen, yang dibuat secara tepat oleh ilmu matematika.”

7 Asumsi-asumsi dasar dari science: 1.Alam semesta mengikuti serangkaian hukum tunggal dan tetap. MENGAPA? 1.Alam semesta dapat dipahami manusia. MENGAPA? Dapatkah evolusi menjelaskan ini? 1.Alam semesta dapat dijabarkan dengan matematika. MENGAPA?

8 Prediksi Berdasarkan Teologi Kristen: 1.Alam Semesta akan mengikuti serangkaian hukum tunggal dan tetap. 1.Alam Semesta akan dapat dipahami manusia. 1.Alam Semesta akan dapat dijabarkan oleh matematika. 1.Alam Semesta akan dirancang supaya kita dapat mengamatinya.

9 1.Cairan yang ideal untuk menopang kehidupan (terdiri dari ion-ion dan molekul-molekul) 2.Titik didih dan titik leleh yang tepat. 3.Panas spesifik yang tinggi 4.Benda padat mengapung di atas cairan. 5.Berkontraksi dari 0 hingga 4 sentigrade derajat. Air

10 Unsur-unsur yang Didisain?

11

12

13 Lapisan Ozon: Apakah oksigen adalah unsur yang didisain?

14

15 a)b) DNA

16 Protein

17 Nature creates order, but not information

18 A House of Cards: Order and Information. A much better analogy for living things.

19 Bentuk Kehidupan paling sederhana: uraikan •E. coli: about 1 trillion bits of information. •E. coli memiliki jenis protein. •DNA dan RNA membuat dan dibuat oleh protein-protein ini. •Lipids (membran), Karbohidrat, dll. •Sel hidup paling sederhana adalah sebuah pabrik nano yang luar biasa rumit

20 Charles Darwin “Omong kosong saja jika saat ini memikirkan asal mula kehidupan. Itu sama dengan memikirkan asal mula zat. ”

21 Science sebelum 1950an: Alam semesta TIDAK diciptakan. Ibrani 11:3 “Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan… sehingga yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak kita lihat.” Kejadian 1:3 Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang,” lalu terang itu terjadi. The Big Bang (Ledakan Besar) · 1929 Hubble. The Red Shift: Alam semesta membesar. · 1965 Penzias and Wilson, background radiasi gelombang kecil. Ilmuwan masa kini: Alam semesta diciptakan.

22

23 Fine Tuning of the Universe Constant A Little BiggerA Little Smaller 1. Gravitational constantvery short-lived starsno stars 2. Ratio of electrons to protonsno stars or galaxiesno stars or galaxies 3. Strong Nuclear Forceno hydrogen, fusiononly hydrogen 4. Weak Nuclear Forceall H 2  He at big bangno He at big bang no heavy elements 5. Electric Forceno chemical bondingno chemical bonding 6. Expansion rate of universeno galaxiesuniverse collapses quickly 7. Ratio of matter to antimattertoo much radiation for lifenot enough matter for galaxies to form and many more….

24 The Right Kind of Galaxy Spiral Tak beraturan Elips

25 The Right Kind of Star The Goldilocks Star

26 The Right Kind of Planet Jarak tepat planet berbatu penuh dengan oksigen dan air. “kerak” planet tipis dan ringan. Bulan yang besar agar rotasi planet stabil.

27 Kesimpulan: “Sebab apa yang tidak nampak dari padaNya, yaitu kekuatanNya yang kekal dan keilahianNya, dapat nampak kepada pikiran dari karyaNya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.” Roma 1:20 Apakah kita “terjadi begitu saja?”

28 Part II Science dan Alkitab Delos B. McKown: “Kekristenan tak didukung oleh science dan mungkin tak bisa didukung, paling baiknya ia adalah filsafat belaka dan paling buruknya ia adalah reputasi buruk, dan curang secara sejarah.”

29 Galileo Galilei “Alkitab ditulis untuk memberitahu kita bagaimana pergi ke surga, bukan bagaimana terjadinya surga.”

30 Papyrus Ebers

31 The Ebers Papyrus: “Untuk mencegah rambut ubanan, olesi dengan darah lembu yang telah dimasak dalam minyak atau dengan lemak ular derik.” “Campuran enam lemak, yaitu lemak kuda, kuda nil, buaya, kucing, ular dan kambing hutan jantan… untuk mencegah rambut rontok.”

32 Obat-obat Pilihan dalam Papyrus Ebers: •Darah kadal •Gigi babi •Daging busuk •Cairan dari telinga babi •Cairan/keringat dari binatang termasuk manusia, keledai, antelop, anjing, kucing dan lalat

33 “Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun...” Keluaran 15:26 “Babi hutan...haram itu bagimu...those that walk on their paws...tikus buta, tikus...haram bagimu.” Imamat 11

34 “Sengatan lalat kerbau disembuhkan dengan lalat rumah, dilumatkan dan dioleskan pada luka.” “hewan serangga kecil, dimakan bersama makanan, tapi jangan dikeluarkan, manjur untuk melawan racun ular beludak.” Sebuah manuskrip pengobatan Ibrani kuno.

35 “Orang yang kena kepada mayat ia najis tujuh hari lamanya. Ia harus menghapus dosa dari dirinya dengan air itu pada hari yang ke tiga, dan pada hari yang ke tujuh ia tahir...mengambil hisop, mencelupkannya ke dalam air itu dan memercikkannya ke atas kemah dan ke atas segala bejana dan ke atas orang-orang yang ada di sana.” Bilangan 19

36 Semelweiss

37 Vienna, 1847 •Di ruang melahirkan, satu dari setiap enam wanita meninggal. •Para bidan mengatakan sebab kematian adalah konstipasi, ketakutan dan udara beracun.

38 Angka Kematian turun dari 18% ke 0.5%

39 Thymol

40 “Selama ia mendapatkan infeksi ia dianggap najis. Ia harus tinggal sendirian; ia harus tinggal di luar camp.” Karantina untuk penyakit infeksi Imamat 13:46

41 LEPRA/KUSTA •Membunuh jutaan orang di Eropa dan seluruh dunia selama ribuan tahun. •“Ketakutan terhadap semua penyakit yang digabungkan jadi satu hampir tak dapat menyamai teror yang disebarkan oleh lepra.” — Dr. George Rosen

42 Leprosy

43 KOMUNITAS MEDIS TAK PUNYA JAWABAN Mereka diajar bahwa penyakit itu timbul karena makan makanan panas, lada, bawang putih dan daging babi yang kena penyakit. Sebagian dokter mengatakan ia disebabkan oleh ketidakserasian planet-planet. Imamat 13:46 “Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal terasing, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya.”

44 Kehidupan berada di dalam darah Imamat 17:14 “… karena darah itulah nyawa segala mahluk. Sebab itu Aku telah berfirman kepada orang Israel: Darah mahluk apapun janganlah kamu makan, karena darah itulah nyawa segala mahluk: setiap orang yang memakannya haruslah dilenyapkan.”

45 Membiarkan Darah Mengalir Tindakan medis paling umum di tahun 1700an dan 1800an

46 1693). George Tiemann & Co. American armamentarium Bloodletting Instruments from 1800s

47 “Anak yang berumur delapan hari haruslah di sunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun temurun...” Kejadian 17:12 Vitamin K Prothrombrin: protein pembekuan darah.

48 Puncak Protein Pembeku Darah di Hari ke Delapan Available Prothrombin

49 Hari disunatJumlah Anak laki- laki Ibrani Angka Kematian Eksperimen Abraham

50 “Allah membentangkan utara di atas kekosongan; dan menggantungkan bumi pada kehampaan.” Ayub 26:7 Bumi berada di punggung empat gajah yang berdiri di atas seekor kura-kura, dikelilingi seekor ular, yang berenang di lautan susu… The Sutras

51

52 Kosmologi Buddha

53

54 Mitos Penciptaan ala Mesir

55

56 23:14—Diciptakan dari bekuan darah “Maka kita dibuat dari sperma menjadi bekuan darah; lalu dari bekuan itu dibuat menjadi gumpalan; dan kita terbuat dari gumpalan tulang-tulang dan tulang- tulang itu dibungkus dengan daging.” 18:86—Berjalan ke barat… “… hingga, ketika kita sampai ke tempat terbenamnya matahari, kita mendapatinya terbenam dalam sebuah mata air berlumpur. ”

57 21:33—Matahari dan bintang-bintang mengorbitkan bumi 34:9, 52:44—Potongan langit jatuh dan membunuh seseorang. 36:4, 23:14 Manusia menyimpan anak di dalam sang ibu.

58 “Air bah dihasilkan dari penyatuan air jantan, yang berada di atas cakrawala, dan air-air perempuan muncul dari bumi. Air di atas mengalir melalui ruang angkasa ketika Tuhan menurunkan dua bintang dari kumpulan bintang Pleaides. Sesudah itu, untuk menghentikan bah, Tuhan harus memindahkan dua bintang dari kumpulan bintang Bear ke kumpulan bintang Pleaides. Itu sebabnya perbintangan Bear mengejar Pleaides. Dia ingin anak-anaknya dikembalikan, tapi mereka akan dikembalikan kepadanya hanya di dunia yang akan datang.” —Sebuah manuskrip Yahudi dari jaman Perjanjian Baru. Siklus air... Ayub 36:27, Amos 5:8 Ia menggantungkan bumi pada kehampaan. Ayub 26:7

59 Topik-topik yang tidak disinggung: 1. Asal mula alam semesta. 2. Asal mula kehidupan. 3. Asal mula species; khususnya manusia. 4. Usia bumi.


Download ppt "TUHAN DAN ILMU PENGETAHUAN BUKTI-BUKTI BAGI KEKRISTENAN Ambon, 9 JANUARI 2013 John Oakes PhD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google