Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Air Payau  Air Payau adalah campuran antara air tawar dan air asin yang memiliki ciri, jika kandungan kadar garam yang terkandung dalam satu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Air Payau  Air Payau adalah campuran antara air tawar dan air asin yang memiliki ciri, jika kandungan kadar garam yang terkandung dalam satu."— Transcript presentasi:

1 Pengertian Air Payau  Air Payau adalah campuran antara air tawar dan air asin yang memiliki ciri, jika kandungan kadar garam yang terkandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 sampai 30 gram.

2  Estuaria dataran pesisir (coastal plain estuary)  Estuaria tektonik  Estuaria semi tertutup (gobah)  Fjord

3 Klasifikasi estuaria dari proses salinitas dibentuk, ada tiga kriteria yaitu:  Estuaria positif (baji garam)  Estuaria negatif  Estuaria percampuran sempurna

4  Salinitas  Suhu  Ombak dan Arus  Substrat dasar  Kekeruhan (turbiditas)  DO (Oksigen terlarut)

5 Biota Estuaria  Flora  Fauna

6  Fauna khas air payau atau estuaria terdiri dari species yang terdapat pada kisaran salinitas antara 5‰ - 30‰, tetapi tidak ditemukan di air tawar maupun yang sepenuhnya air laut, contohnya antara lain adalah tiram ( Crassostrea ostrea ), siput kecil ( Hydrobia ), berbagai tiram dan udang.

7 Flora  Hampir semua bagian estuaria terus menerus terendam dan terdiri dari substrat Lumpur halus sehingga tidak cocok melekatnya makroalga. Dan hanya ada beberapa jenis algae yang sering ditemukan di sebstrat dasar estuaria antara lain: Ulva, Enteromorpha, Chaetomorpha dan Cladophora, namun algae ini juga bersifat musiman

8  Adaptasi Morfologis  Adaptasi Fisiologis  Adaptasi Tingkahlaku

9 Adaptasi Morfologis  Organisme yang mendiami substrat berlumpur sering kali beradaptasi dengan membentuk rumbai- rumbai halus atau rambut atau setae yang menjaga jalan masuk ke ruang pernapasan agar permukaan ruang pernapasan tidak tersumbat oleh partikel Lumpur.

10  Adaptasi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup organisme estuaria adalah berhubungan dengan keseimbangan ion cairan tubuh menghadapi fluktuasi salinitas eksternal. Kemampuan osmoregulasi sangat diperlukan untuk dapat bertahan hidup.

11  Salah satu bentuk adaptasi tingkahlaku yang dilakukan oleh organisme estuaria adalah membuat lubang ke dalam Lumpur. Ada dua keuntungan yang didapatkan dari organisme yang beradaptasi seperti ini. Pertama, adalah dalam pengaturan osmosis. Keberadaan di dalam lubang berarti mempunyai kesempatan untuk berhubungan dengan air interstitial yang mempunyai variasi salinitas dan suhu lebih kecil dari pada air di atasnya. Kedua, membenamkan diri ke dalam substrat berarti lebih kecil kemungkinan organisme ini dimakan oleh pemangsa yang hidup di permukaan substrat atau di kolam air.

12


Download ppt "Pengertian Air Payau  Air Payau adalah campuran antara air tawar dan air asin yang memiliki ciri, jika kandungan kadar garam yang terkandung dalam satu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google