Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 7 PELANGGARAN ETIKA PROFESI OLEH HUMAS “ADAM AIR”  PUTRI WULANDARI(1001112227)  ARTARTY SIRINGORINGO(1001132367)  DYANA UTAMY(0901120241) 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 7 PELANGGARAN ETIKA PROFESI OLEH HUMAS “ADAM AIR”  PUTRI WULANDARI(1001112227)  ARTARTY SIRINGORINGO(1001132367)  DYANA UTAMY(0901120241) "— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 7 PELANGGARAN ETIKA PROFESI OLEH HUMAS “ADAM AIR”  PUTRI WULANDARI( )  ARTARTY SIRINGORINGO( )  DYANA UTAMY( )  MIRZANI( )  QURRATA AINI ( )  HAMDANI

2 Pengertian Etika  Etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika adalah nilai- nilai dan asas-asas moral yang di pakai sebagai pegangan umum bagi penentuan baik buruknya perilaku manusia atau benar salahnya tindakan manusia sebagai manusia.

3 Fungsi Utama PR  Fungsi utama PR adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antarlembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga organisasi

4 Pelanggaran Etika  Etika sebagai sebuah nilai yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku di dalam kehidupan kelompok tersebut, tentunya tidak akan terlepas dari tindakan-tindakan tidak etis. Tindakan tidak etis yang dimaksudkan di sini adalah tindakan melanggar etika yang berlaku dalam lingkungan kehidupan tersebut.

5 Hal-hal yang menyebabkan terjadinya tindakan- tindakan tidak etis dalam sebuah perusahaan atau organisasi yaitu  Kebutuhan Individu  Tidak ada pedoman  Perilaku dan kebiasaan individu  Lingkungan tidak etis  Perilaku atasan

6 Contoh Kasus Pelanggaran Etika yang dilakukan praktisi Humas  Peristiwa retaknya badan pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan KI-172 yang mengangkut 148 penumpang terjadi pada hari Rabu sore (21/ 2/ 07), di Bandara Juanda, Surabaya. Badan pesawat yang mengalami retak di bagian belakang sayap ini mendarat secara mendadak di Bandara Juanda di hanggar Merpati.

7  Yang menjadi masalah ialah pihak manajemen Adam Air langsung memerintahkan untuk mengecat seluruh tubuh pesawat dari warna orange menjadi warna putih, dan retakan di belakang sayap pesawat tersebut ditutup dengan kain putih.

8  Gambar ini sudah disebarkan melalui media, khususnya di televisi yang menunjukkan dengan jelas keretakan di tubuh Adam Air dan diperlihatkan dengan jelas pihak Adam Air mengecat seluruh tubuh Adam Air menjadi putih. Sedangkan Humas Adam Air distrik Surabaya Natalia Budiharjo menyatakan bahwa tidak benar pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan KI-172 ini mengalami keretakan di tubuhnya dan menolak untuk mengomentari perihal pengecatan.

9  Tindakan pengecatan yang dilakukan manajemen Adam Air ini telah melanggar Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992 tentang Penerbangan  Tindakan Adam Air ini pun melanggar peraturan dari PT. Angkasa Pura yang melarang pemilik pesawat apapun yang mengalami kecelakaan di Juanda untuk menyentuhnya sebelum diselidiki oleh KNKT.

10  Pelanggaran yang dilakukan Humas Adam Air dari kasus di atas, berkaitan dengan Etika PR ialah memberikan statement yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan kepada media dan publik, atau boleh dikatakan sebagai pembohongan publik. Kasus ini melanggar Etika Public Realtions PERHUMAS dan IPRA.

11  Pelanggaran dalam kasus diatas tidak sesuai dengan pasal III Perilaku Tehadap Masyarakat dan Media Massa, butir c dan d  Pemberian informasi palsu oleh Humas Adam Air distrik Surabaya melanggar pasal 2 tentang Penyebarluasan Informasi

12  Pernyataan dari Humas Adam Air meski bertujuan untuk meningkatkan citra Adam Air yang beberapa kali mengalami kecelakaan sebelum peristiwa retak tubuh Boeing KI-172, namun justru menguatkan opini publik bahwa Adam Air memiliki manajemen kerja yang buruk

13  Nama Humas Adam Air sendiri pun akhirnya menjadi buruk dengan kata lain menodai profesi Humas dan citra Adam air di mata masyarakat semakin merosot, dan hal ini dapat berpengaruh pada kinerja Adam air sendiri.

14 SEKIAN TERIMAKASIH


Download ppt "KELOMPOK 7 PELANGGARAN ETIKA PROFESI OLEH HUMAS “ADAM AIR”  PUTRI WULANDARI(1001112227)  ARTARTY SIRINGORINGO(1001132367)  DYANA UTAMY(0901120241) "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google