Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama."— Transcript presentasi:

1 Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama

2 Materi NEXTBACK Teknik Pemrograman Pertemuan ke- Materi I -Pengenalan Algorithma -Dasar-dasar pemrograman -Sequence II -Selection III -Iteration IVQUIZ I (Materi pertemuan ke-I,II,III) V -Array & Random VI - Procedure & Function VII QUIZ II (Materi pertemuan ke V, VI) UAS (Semua Materi)

3 Kriteria Penilaian:  Kehadiran: 10 %  Tugas: 15 %  Keaktifan: 15 %  NIlai UTS: 30 % (Reg./Kelas A&B)  Nilai UAS: 30 % (Reg./Kelas A&B)  Nilai UAS: 60 % (Ins./Kelas C) NEXTBACK Teknik Pemrograman

4 Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman)  Algoritma ? NEXTBACK Teknik Pemrograman

5 Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman)  Pemrograman ? NEXTBACK Teknik Pemrograman

6 Level Bahasa Pemrograman  High Level Language  Low Level Language NEXTBACK Teknik Pemrograman

7 Klasifikasi  Desktop Programming  Web Programming  Mobile Programming  Machine Programming NEXTBACK Teknik Pemrograman

8 Tools  Flowchart ? NEXTBACK Teknik Pemrograman

9 Symbol Flowchart SymbolKeterangan 1. • Start & Finish • Begin & End • Mulai & Selesai 2. • Inisialisasi 3. • Input & Output NEXTBACK Teknik Pemrograman

10 Symbol Flowchart SymbolKeterangan 4. • Proses 5. • Pengecekan (If, While, Until, dll…) 6. • Perulangan / Loop (For, Do, Loop, dll…) 7. • Perputaran Lanjutan Loop (Next Construction) NEXTBACK Teknik Pemrograman

11 Symbol Flowchart SymbolKeterangan 8. • Garis Penghubung 9. • Sambungan / Lanjutan 10. • Prosedur / Fungsi NEXTBACK Teknik Pemrograman

12 Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Macam Operator:  Operator Aritmatika  Operator Assignment  Operator Perbandingan  Operator Logika NEXTBACK Teknik Pemrograman

13 Operator Aritmatika  Digunakan untuk melakukan Perhitungan NEXTBACK Teknik Pemrograman

14 Operator Aritmatika NEXTBACK SimbolFungsiContoh +Penjumlahanjumlah=2+4 -Pengurangankurang=4-2 *Perkalianperkalian=4*2 / atau divPembagianPembagian=6/3 MOD atau %Sisa Hasil PembagianSisa=6/3 Sisa=0 Teknik Pemrograman

15 Operator Assignment  Digunakan untuk mengisi variable yang terletak di sebelah kiri operator dengan nilai yang ada disebelah kanan operator NEXTBACK Teknik Pemrograman

16 Operator Assignment NEXTBACK SimbolFungsiContoh =Mengisikan nilai yang disebelah kanan operator ke variabel yang terletak di sebelah kiri operator. 12=10+2 +=Menambahkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i+=4 i=6 -=Mengurangkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=4 i-=2 i=2 */Mengalikan nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i*=5 i=10 Teknik Pemrograman

17 Operator Assignment NEXTBACK SimbolFungsiContoh /=Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=6 i/=3 i=2 %=Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan kemudian sisa pembagian disimpan di variabel tersebut juga. i=6 i%=3 i=0 Teknik Pemrograman

18 Operator Perbandingan  Digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih NEXTBACK Teknik Pemrograman

19 Operator Perbandingan NEXTBACK SimbolFungsiContoh =Akan bernilai TRUE atau 1 bila dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang sama, selain itu bernilai FALSE atau 0. jumlah=6 <>Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang tidak sama (selain ini bernilai FALSE atau 0). 2<>4 > Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>2 Teknik Pemrograman

20 Operator Perbandingan NEXTBACK SimbolFungsiContoh =Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>=2, 4>=4 <= Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih kecil atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 2<4, 2<=2 Teknik Pemrograman

21 Operator Logika  Digunakan untuk menggabungkan 2 (dua) kondisi atau lebih NEXTBACK Teknik Pemrograman

22 Operator Logika NEXTBACK SimbolFungsi ANDsimbol dari operator AND. Hasilnya akan bernilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi memiliki nilai 1., selain ini hasil akan bernilai 0 atau FALSE. ORsimbol dari operator OR. Hasilnya akan bernilai 0 jika kedua kondisi memiliki nilai 0, selain ini hasil akan bernilai 1 atau TRUE. XOR operator xor akan menghasilkan nilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi sama dan 0 atau FALSE bila keduanya tidak sama. Teknik Pemrograman

23 Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman)  Variable ?  Variable Statis (Constanta) ?  Variable Dinamis ? NEXTBACK Teknik Pemrograman

24 Tipe Data  Teks: String, Char  Number: Integer, Long Integer, Double  Boolean (TRUE & FALSE / 1 & 0) NEXTBACK Teknik Pemrograman

25 Konstruksi Fundamental  Sequence  Selection  Iteration NEXTBACK Teknik Pemrograman

26 Konstruksi Fundamental NEXTBACK Teknik Pemrograman

27 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK Teknik Pemrograman

28 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK SymbolKeterangan 1. • Start & Finish • Begin & End • Mulai & Selesai 2. • Inisialisasi 3. • Input & Output Teknik Pemrograman

29 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK SymbolKeterangan 4. • Proses 5. • Penghubung 6. • Sambungan / Lanjutan Teknik Pemrograman

30 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK  Studi Kasus (1)  Tulis Flowchart & Program untuk memasukkan Bilangan N, dan kalikan bilangan tersebut dengan TAHUN KELAHIRAN Anda, dimana TAHUN KELAHIRAN di inputkan dari keyboard. Kemudian Cetak Hasilnya pada layar Teknik Pemrograman

31 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK  Studi Kasus (2)  Tulislah Flowchart dan Program untuk menghitung dan mencetak: - keliling (k) (4*s) - luas (l) (s*s) Bujur Sangkar, dimana (s) adalah bilangan sisi yang di inputkan dari keyboard Teknik Pemrograman

32 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK Teknik Pemrograman

33 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK Teknik Pemrograman

34 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK  Soal (2)  Masukkan dari keyboard nilai dari 2 buah variabel, A and B, kemudian tukarlah pasangan nilainya. Sebelum dan sesudah proses pertukaran, cetaklah isi kedua variabel tersebut ke layar. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

35 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK  Soal (3)  Masukkan sebuah bilangan dan kemudian cetaklah nilai RATUSAN, PULUHAN, dan SATUAN dari bilangan tersebut. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

36 Konstruksi Fundamental (Sequence) NEXTBACK  Soal (4)  Dari soal no.3, kembangkan menjadi dalam bentuk RIBUAN, RATUSAN, PULUHAN dan SATUAN. Teknik Pemrograman

37 Tugas1 (Sequence) NEXTBACK  Buatlah 3 Soal lagi tentang Sequence (tidak termasuk dalam modul).  Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya.  Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste)  Waktu 1 minggu dari sekarang  Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. Teknik Pemrograman

38 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK Teknik Pemrograman

39 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK SymbolKeterangan 1. • Start & Finish • Begin & End • Mulai & Selesai 2. • Inisialisasi 3. • Input & Output Teknik Pemrograman

40 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK SymbolKeterangan 4. • Proses 5. • Penghubung 6. • Pengecekan 7. • Sambungan / Lanjutan Teknik Pemrograman

41 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  if ….(kondisi)…. then ….(aksi).... end if Teknik Pemrograman

42 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi)…. then …(aksi TRUE)… else ….(aksi FALSE).... end if Teknik Pemrograman

43 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… elseif (kondisi-TRUE-2) then ….(aksi-TRUE-2).... elseif (kondisi-3) then ….(aksi-TRUE-3).... else ….(aksi-FALSE)…. end if Teknik Pemrograman

44 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… elseif (kondisi-TRUE-2) then ….(aksi-TRUE-2).... elseif (kondisi-3) then ….(aksi-TRUE-3).... else ….(aksi-FALSE)…. end if Teknik Pemrograman

45 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. else ….(aksi-FALSE)…. end if Teknik Pemrograman

46 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. elseif ….(kondisi-TRUE-3)…. Then ….(aksi-TRUE-3)…. else ….(aksi-FALSE)…. end if Teknik Pemrograman

47 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  If ….(kondisi-TRUE-1)…. then if …(kondisi-TRUE-2)… then if …(kondisi-TRUE-3)… then ……………dst…….………. end if Teknik Pemrograman

48 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Pengecekan  Select Case Case …(kondisi-1)… ………….(aksi-TRUE-1) …………. Case …(kondisi-2)… ………….(aksi-TRUE-2) …………. Case …(kondisi-2)….…………(aksi-TRUE-3) ………… …………………………………………………. Case Else ……………(aksi-FALSE) …………… End Select Teknik Pemrograman

49 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Studi Kasus (1)  Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah gasal atau genap. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

50 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Studi Kasus (2)  Masukkan 2 (dua) buah bilangan A & B, kemudian cetak keterangan apakah A>B, B>A atau A=B. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

51 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Studi Kasus (3)  Buatlah Kalkulator Sederhana, untuk melakukan Penjumlahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian (/) serta Pangkat (^) dari 2 (dua) buah bilangan A & B. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

52 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Soal (1)  Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah Positif, Negatif, atau Nol. (Tulis Flowchart & Program) Teknik Pemrograman

53 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Soal (2)  Gambarlah flowchart unuk membantu seorang kasir menentukan jumlah uang yang harus dibayar pembeli pada suatu penjualan berdiscount. - Pembelian di bawah Rp ,-- tidak diberikan discount. - Discount 7,5% akan diberikan untuk pembelian Rp ,-- s.d ,--. - Discount 10% akan diberikan untuk pembelian Rp ,-- s.d ,--. - Discount 15% akan diberikan untuk pembelian di atas Rp ,- Sebagai data input adalah total nilai penjualan, sedangkan output adalah uang yang harus dibayar pembeli setelah discount (jika ada) diberikan. Teknik Pemrograman

54 Konstruksi Fundamental (Selection) NEXTBACK  Soal (3)  Masukkan N, dimana N adalah deteksi warna yang sesuai pada table berikut: Tulis Flowchart & Program Nilai NWarna Merah Kuning Hijau Teknik Pemrograman

55 Tugas2 (Selection) NEXTBACK  Buatlah 3 Soal lagi tentang Selection (tidak termasuk dalam modul).  Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya.  Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste)  Waktu 1 minggu dari sekarang  Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. Teknik Pemrograman

56 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman

57 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  FOR..nilai awal.. TO..nilai loop.. STEP..counter.. ….aksi…. Next

58 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  DO WHILE …(kondisi)… …aksi… LOOP

59 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  DO UNTIL …(kondisi)… …aksi… LOOP

60 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  DO …aksi… LOOP UNTIL …(kondisi)…

61 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  DO …aksi… LOOP WHILE …(kondisi)…

62 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  Kesimpulan  Until = sampai -> cirinya, jika Y berhenti  While = selama -> cirinya, jika Y perulangan TOP WHILETOP UNTIL BOTTOM WHILEBOTTOM UNTIL

63 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  Kesimpulan  Until = sampai -> cirinya, jika Y berhenti  While = selama -> cirinya, jika Y perulangan

64 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK Teknik Pemrograman  Catatan: =vs <> >vs<= = AND vsOR

65 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Studi Kasus (1)  Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret angka 1sampai n, dimana n adalah input dari keyboard. 1,2,3,4,5,6,7…..n Teknik Pemrograman

66 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Studi Kasus (2)  Dari studi kasus 1, kembangkan menjadi soal berikut. Deteksi apakah angka tersebut adalah ganjil / genap. 1 (Ganjil) 2 (Genap) 3 (Ganjil) 4 (Genap) 5 (Ganjil) : : n Teknik Pemrograman

67 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Studi Kasus (3)  Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret 0,1,3,6,10,15,21,28,...  Dimana jumlah deret angka diwakili dengan inputan n, kecuali 0 tidak dihitung Teknik Pemrograman

68 Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas NEXTBACK  Studi Kasus (4)  Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret Fibonacci yang secara logika tidak akan pernah berhenti atau infinite loop seperti berikut ini: 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,... Perhatikan bahwa sebuah bilangan pada deret Fibonacci adalah hasil penjumlahan dua bilangan sebelumnya Teknik Pemrograman

69 Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas NEXTBACK  Studi Kasus (5)  Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak deret Fibonnacci dalam range 1 s.d dengan format: 0 (GENAP) 1 (GASAL) 2 (GENAP) 3 (GASAL) 5 (GASAL) 8 (GENAP) : : : 987 (GASAL) Teknik Pemrograman

70 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Soal (i)  Buatlah Flowchartnya dan tulis Programnya untuk membuat validasi pengisian n, apabila n bilangan ganjil maka input ulang sampai nilai n benar-benar adalah sebuah bilangan genap.  “Cetak hasil n ”  Kerjakan dengan menggunakan: - Top Tested - Bottom Tested Teknik Pemrograman

71 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Soal (ii)  Buatlah Flowchartnya dan tulis Programnya untuk membuat validasi pengisian n, apabila n bukan bilangan positif maka input ulang sampai nilai n benar-benar adalah sebuah bilangan positif.  “Cetak hasil n ”  Kerjakan dengan menggunakan: - Top Tested - Bottom Tested Teknik Pemrograman

72 Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas NEXTBACK  Soal (iii)  Buatlah sebuah Flowchart & program input validator dimana inputan antara range Teknik Pemrograman

73 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Soal (iv)  Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak karakter bintang dengan model berikut: n=5n=3 ******** ***** Teknik Pemrograman

74 Konstruksi Fundamental (Iteration) NEXTBACK  Soal (v)  Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak karakter bintang dengan model berikut: n=5n=3 ** ******* **** ***** Teknik Pemrograman

75 Tugas3 (Iteration) NEXTBACK  Buatlah 3 Soal lagi tentang Iteration (tidak termasuk dalam modul).  Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya.  Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste)  Waktu 1 minggu dari sekarang  Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. Teknik Pemrograman

76 Array (= subscrefield variable, = indexed variable) NEXTBACK  Array adalah sebuah variable jamak  Syntax: namavar(indeks1, indeks2, indeks3,……….,n) Teknik Pemrograman

77 Jenis Array NEXTBACK  Array 1 Dimensi  Array 2 Dimensi  Array 3 Dimensi  Array 4 Dimensi Teknik Pemrograman

78 Array 1 Dimensi (Vektor) NEXTBACK Teknik Pemrograman V(3)

79 Array 2 Dimensi (Matriks) NEXTBACK Teknik Pemrograman M(2,4)

80 Array 3 & 4 Dimensi NEXTBACK Teknik Pemrograman  Kubik / Cube

81 Keistimewaan Array NEXTBACK  Indeks dapat di interpresentasikan dalam bentuk value (varibel dinamis, konstanta, expressive). Teknik Pemrograman

82 Array NEXTBACK //deklarasi variabel Dim x(3) x(1)=17 x(2)=8 x(3)=1945 document.write x(1) //hasil 17 A=2 B=3 document.write x(A) //hasil 8 Teknik Pemrograman

83 Array NEXTBACK  Studi Kasus (1)  Isi elemen array dari sebuah inputan keyboard, dimana jumlah elemennya adalah 3, kemudian cetak elemen – elemen array tersebut pada layar. Teknik Pemrograman

84 Array NEXTBACK  Studi Kasus (2)  Dari soal no.1 dapat dikembangkan menjadi soal berikut.  Isi elemen array dari sebuah inputan keyboard, dimana jumlah elemennya ditentukan dari inputan pada keyboard, kemudian cetak elemen – elemen array tersebut. Teknik Pemrograman

85 Array NEXTBACK  Soal (1)  Tulis Flowchart & Program untuk memasukkan data berikut ke dalam elemen array. 1. Noval Riswandha 2. Hariyadi Yutanto 3. Nilam Ramadhani 4. Roni Pambudi  Cetak data tersebut ke dalam layar. Teknik Pemrograman

86 Random Number (Randomize) NEXTBACK randomize for i=1 to 5 document.write rnd & “ ” next Teknik Pemrograman

87 Random Number (Randomize) NEXTBACK  Acak angka 0-99 randomize for i=1 to 5 document.write int(rnd*100) & “ ” next Teknik Pemrograman

88 Random Number (Randomize) NEXTBACK  Jika nilai random hanya ingin menghendaki nilai range 10 – 89, maka data nilai range terakhir ditambahi 1, jadi rumusnya: 10 + int(RND*90) dimana nilai 90 diperoleh dari 89+1 Teknik Pemrograman

89 Random Number (Randomize) NEXTBACK  Jika nilai random hanya ingin menghendaki nilai range 100 – 989, maka data nilai range terakhir ditambahi 10, jadi rumusnya: int(RND*999) dimana nilai 999 diperoleh dari Teknik Pemrograman

90 Random Number (Randomize) NEXTBACK  Studi Kasus (1)  Tulis Flowchart & Program untuk merandom atau mengacak permainan dadu.  Rumus: 1 + int(RND * 6) Teknik Pemrograman

91 Random Number (Randomize) NEXTBACK  Studi Kasus (2)  Tulis Flowchart & Program untuk merandom atau mengacak permainan dadu, jika terdapat 2 (dua) buah dadu yang digunakan secara bersamaan. Teknik Pemrograman

92 Referensi: (Teknik Pemrograman) NEXTBACK   Teknik Pemrograman


Download ppt "Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google