Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelas XI IPA – IPS IDA NILA, S.Pd.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelas XI IPA – IPS IDA NILA, S.Pd.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya."— Transcript presentasi:

1 Kelas XI IPA – IPS IDA NILA, S.Pd

2  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya Kompetensi Dasar  Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri

3  Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan strategi dalam permainan bola voli  Memperlihatkan nilai pantang menyerah, dan jujur (fair play) dalam permainan

4  Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

5  Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm.

6

7  Service  Service ada beberapa macam:  Service dengan ayunan tangan dari bawah.  Service dengan ayunan tangan dari samping.  Service dengan ayunan tangan dari atas.  Jump Service  Yang perlu diperhatikan dalam service  Sikap badan.  Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.  Saat kapan harus memukul Bola.

8  Passing  Passing Bawah ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah ) ◦ Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. ◦ tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. ◦ Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.  Passing Keatas ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas ) ◦ Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. ◦ Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. ◦ Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. ◦ Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan  Smash (spike)  Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor- faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

9  Membendung (Bloking)  Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.  Kedudukan Pemain (Posisi Pemain)  Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing- masing dalam 2 deret kesamping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang.

10  Memimpin suatu pertandingan agar dapat berjalan lancar tanpa mengalami gangguan apapun.  Dapat menafsirkan peraturan dengan tepat dan selalu konsisten dalam mengambil keputusan.  Harus adil dan objektif - sesuai peraturan yang sudah disahkan PBVSI.  Putusan tidak berdasarkan ramalam atau prasangka, tetapi merupakan kejadian yang nyata atau fakta benar-benar nyata terlihat wasit.  Tempat sedekat mungkin dan lebih tinggi dari net. Posisi dapat mengamati medan dan seluruh pemain dengan baik dan jelas.

11  Syarat Menjadi Wasit Bolavoli  v Berbadan sehat dan mempunyai fisik normal.  v Mempunyai bakat menjadi seorang wasit.  v Senang terhadap permainan bola voli.  v Serendah-rendahnya lulusan SLTP.  v Berumur tahun.  v Berdedikasi tinggi  v Anggota satu perkumpulan bola voli.  v Berstatus amatir.

12  Perlengkapan Wasit  Pakaian Seragam :  Celana putih/hitam  Kaos putih polos atau hitam garis-garis putih pakai krah  Sepatu karet putih  Badge wasit sesuai klasifikasi:  Ø kuning untuk cabang - dikeluarkan cabang  Ø putih untuk Pemda - dikeluarkan Pemda  Ø hijau untuk nasional - dikeluarkan PBVSI Pusat, dan  Ø biru - untuk internasional - dikeluarkan IVBF

13  Komposisi Wasit  Seorang wasit pertama (referee)  Seorang wasit kedua (umpire)  Seorang pencatat (scorer)  4 atau 2 orang hakim garis (linesmen)

14  Tugas, Kewajiban dan Wewenang Wasit Tugas Wasit  1) Memimpin pertandingan agar berjalan lancar.  2) Meningkatkan: keterampilan, kemampuan dan pengetahuan tentang perwasitan bolavoli.  3) Menyebarluaskan peraturan pertandingan di masyarakat.  4) Meningkatkan mutu perwasitan di masyarakat khususnya di Indonesia pada umumnya.   Kewajiban dan Wewenang Wasit  1) Wajib memimpin pertandingan bolavoli baik di tingkat cabang, daerah, nasional maupun tingkat internasional.  2) Tidak berhak memimpin pertandingan di atas sertifikat yang dimilikinya.

15  Prosedur Mewasiti  Wasit 1 dan 2 yang diperbolehkan meniup peluit selama pertandingan.  Wasit 1 memberi tanda memulai permainan (service).  Wasit 1 dan 2 : tanda bola mati setelah yakin ada pelanggarannya, tanda bola mati bertujuan untuk menunjukkan menyetujui atau menolak permohonan regu.  Wasit 1 : memberi peringatan, menjatuhkan hukuman.  Begitu wasit meniup peluit sudah harus dapat menunjukkan:  Ø Sifat kesalahan dan isyarat tangan yang resmi.  Ø Pemain yang bersalah  Ø Giliran service, sekaligus menunjuk regu yang mendapat poin.  o Isyarat dilakukan hanya seketika. Isyarat dilakukan dengan tangan untuk menunjuk satu kesalahan. Yang melakukan kesalahan ditunjuk. Menunjukkan giliran service, sekaligus memberi tanda poin dari kesalahan yang dibuat satu regu.

16  Kekuasaan Wasit 1  Ø Memimpin pertandingan dari awal sampai akhir pertandingan.  Ø Mempunyai kekuasaan penuh, termasuk upaya yang tidak tercantum dalam peraturan.  Ø Kekuasaannya mutlak - dapat mengganti salah seorang petugasnya bila dianggap tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.  Ø Menentukan lapangan baik/buruk sebelum pertandingan.  Wasit 1 dan 2 harus mengawasi bola, apakah bola tersebut telah memenuhi persyaratan sewaktu permainan berlangsung.  Tanggung Jawab Wasit 1  o Sebelum pertandingan :  Ø Memeriksa sarana/prasarana pertandingan.  Ø Melakukan tos.  Ø Mengawali pemanasan.

17  o Selama pertandingan :  Ø Mempunyai wewenang menentukan kesalahan: kesalahan pukulan servis, posisi regu, block, sentuhan pada net, menyentuh bola, di atas net beserta pita horizontalnya, simultan/bersamaan.  Ø Jangan membiarkan suatu perdebatan atas pengajuan kapten.  Ø Jika kapten tidak sepaham dalam penafsiran, dicatat di lembar score sheet, wasit 1 harus memberi pencatatan protes di akhir pertandingan.  o Sesudah pertandingan :  Ø Menandatangani score sheet. ◦ Langsung menuju ke ruang wasit.

18  Tugas Wasit 2  Mengawasi posisi pemain selamaset itu berlangsung, pemindahan tempat waktu set penentuan.  Mengawasi tindak tanduk anggota masing-masing regu yang duduk di bangku cadangan, kalau ada sesuatu harus dilaporkan ke wasit 1.  Mencegah pemain cadangan melakukan pemanasan di area pertandingan.  Mengawasi jumlah time out dan pergantian pemain.  Menolak penghentian yang tidak layak; mengabulkan permohonan yang sah serta mengawasi waktunya.  Menunjukkan kesalahan lain tanpa meniup peluit, tetapi tidak boleh menekan wasit 1.  Menentukan diperlukan atau tidak pengeringan permukaan lapangan.

19  Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.  Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.  Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.  umlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.  Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.

20  Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.  Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.  Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.

21  Kesalahan meliputi:  Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.  Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola volley harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan.  Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan.  Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan.  Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan.  Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan.  Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang.  Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.

22  Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13.  Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.

23  Dalam suatu pertandingan bola voli yang dimainkan di luar ruangan ( out-door ) tiba – tiba hujan turun dan lapangan tidak dapat digunakan, sehingga wasit menghentikan permainan. Adapun kedudukan pada saat itu 2 : 2. Apa tindakan wasit terhadap kejadian tersebut? Apakah permainan dilanjutkan atau permainan dihentikan ? Beri penjelasan sesuai dengan peraturan permainan bola voli yang berlaku ! TERIMA KASIH DAN SELAMAT BEKERJA


Download ppt "Kelas XI IPA – IPS IDA NILA, S.Pd.  Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google