Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA INDONESIA PENYAJIAN DATA/INFORMASI. Penyajian data/informasi:  Verbal » kalimat paragraf wacana  Visual » tabel grafik bagan/diagram denah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA INDONESIA PENYAJIAN DATA/INFORMASI. Penyajian data/informasi:  Verbal » kalimat paragraf wacana  Visual » tabel grafik bagan/diagram denah."— Transcript presentasi:

1 BAHASA INDONESIA PENYAJIAN DATA/INFORMASI

2 Penyajian data/informasi:  Verbal » kalimat paragraf wacana  Visual » tabel grafik bagan/diagram denah

3 TABEL Tabel » kumpulan data yang disusun dengan klasifikasi menurut baris dan kolom Baris » tersusun dari atas ke bawah Kolom » berjejer dari kiri ke kanan

4 Cara membaca tabel: 1.Membaca judul Judul » gambaran ringkasan tentang informasi yang disampaikan. 2. Membaca informasi yang ada di atas, di bawah atau di sisinya. Informasi » kunci penjelasan materi yang disajikan. » berupa urutan tahun, persentase, angka-angka.

5 3. Mengajukan pertanyaan tentang tujuan tabel. Tujuan diketahui dengan mengubah judul menjadi pertanyaan, seperti: - seberapa banyak? - bagaimana terjadinya suatu peristiwa? Jawabannya terdapat dalam tabel.

6 4. Membaca isi tabel. Baca tabel secara menyeluruh untuk mendapatkan informasi yang disajikan.

7 PRESTASI INDONESIA DI PIALA SUDIRMAN TahunPosisiLawan 1989JuaraKorea Selatan 1991FinalisKorea Selatan 1993FinalisKorea Selatan 1995FinalisCina 1997SemifinalisCina 1999SemifinalisDenmark 2001FinalisCina 2003SemifinalisCina

8 Informasi yang diperoleh di antaranya: -Indonesia meraih posisi sebagai semifinalis sebanyak tiga kali yaitu tahun1997, 1999, dan Pada posisi final Indonesia pernah empat kali yaitu tahun 1991 dan 1993 berhadapan dengan Korea Selatan, lalu pada tahun 1995 dan 2001 melawan Cina.

9 -Dari delapan kali bertanding, posisi sebagai juara hanya satu kali diraih yaitu tahun 1989 saat berhadapan dengan Korea Selatan.

10 GRAFIK  Grafik » visualisasi tabel. Tabel yang berupa angka-angka dapat disajikan/ditampilkan ke dalam bentuk gambar yang disebut grafik.  Cara membaca grafik = cara membaca tabel.  Jenis grafik: grafik batang (histogram), grafik garis, grafik lingkaran.

11 Grafik Batang (Histogram) Grafik batang digunakan untuk menekankan perbedaan tingkat/nilai dari beberapa aspek atau variabel.

12

13 Informasi yang diperoleh antara lain: - Sepatu kets lebih banyak yang terjual daripada sepatu kulit. -Dari bulan pertama sampai bulan ketiga penjualan sepatu kets terus meningkat. -Penjualan sepatu kets paling tinggi terjadi pada bulan ketiga yaitu sebanyak 500 pasang.

14 -Pada bulan keempat penjualan sepatu kets menurun secara tajam, hanya 200 pasang yang terjual. -Penjualan sepatu kulit pada bulan pertama sebanyak 100 pasang.

15 -Pada bulan kedua dan ketiga mengalami kenaikan yang sama yaitu sebanyak 50 pasang dari penjualan pada bulan pertama. -Penjualan sepatu kulit pada bulan keempat, kelima, dan keenam kembali menurun. Jumlah yang terjual sama dengan pada bulan pertama yakni hanya 100 pasang.

16 Grafik Garis Grafik garis dipakai untuk menggambarkan perkembangan/perubahan dari waktu ke Waktu.

17

18 Informasi yang diperoleh antara lain: - Produksi gabah terendah yang dialami oleh daerah X pada tahun 1999 terjadi pada bulan Februari. - Produksi gabah tertinggi dicapai oleh daerah X pada bulan Juni 1999.

19 - Setelah produksi menurun pada bulan Februari 1999, empat bulan berikutnya mengalami peningkatan. - Selama enam bulan terakhir pada tahun 1999 produksi gabah di daerah X relatif stabil

20 Grafik Lingkaran Grafik lingkaran digunakan untuk menggambarkan persentase dari suatu nilai total.

21 OLAH RAGA YANG DIMINATI PELAJAR SMK IBU PERTIWI I.Lain-lain II.Bulu tangkis III.Bola voli IV.Bola basket V.Sepak bola

22 Informasi yang diperoleh antara lain: - Sepak bola merupakan olah raga yang paling banyak peminatnya yakni sebanayk 25 %. - Olah raga lain-lain (misal: renang, atletik), adalah olah raga yang kurang diminati.

23 - Peminat bola voli lebih banyak daripada bola bola basket. - Jumlah peminat bulu tangkis dan bola basket sebanding dengan jumlah peminat bola voli dan olah raga lain- lain.

24 BAGAN/DIAGRAM Bagan/diagram digunakan: - Penyajian langkah/proses kerja atau perincian yang bertingkat- tingkat. - Penyajian antarbagian dari suatu - struktur.

25 PROSES PEMBUATAN MINYAK KELAPA

26 PETA DAN DENAH Peta » Penyajian visual tentang suatu wilayah dalam bentuk gambar. Denah » Penyajian suatu tempat atau ruangan dalam bentuk gambar. Peta dan denah, biasanya menggunakan skala tertentu.

27 sebuah peta atau denah bersatuan cm, maka: - Skala 1: 100, artinya 1cm peta/denah mewakili 100 cm (1m) keadaan - Skala 1:1000, artinya 1cm peta/denah mewakili 1000 cm (10m) keadaan Peta dan denah menggunakan tanda arah mata angin: U » Utara dan S » Selatan

28 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

29 1.Perhatikan diagram berikut yang memuat data Kapasitas Pembangkit Listrik yang dimiliki PLN!

30 Menurut diagram tersebut, kapasitas pembangkit listrik yang dimiliki PLN dari tahun yang benar adalah… a.Antara tahun 1998 hingga 2001 terjadi peningkatan yang berarti terutama pada PLTU. b.Terjadi penurunan kapasitas yang tajam pada PLTG. c. Kapasitas PLTD naik turun antara tahun

31 d. kapasitas PLTA turun naik selama empat tahun hingga 2002 e. peningkatan kapasitas tertinggi PLTU terjadi pada tahun 2002

32 Jawaban: e Pembahasan: Kapasitas pembangkit yang dimiliki PLN yang mengalami peningkatan kapasitas tertinggi hanya pada PLTU (tahun 2002) sedangkan pada pembangkit yang lain tidak mengalami peningkatan.

33 2. Perhatikan bagan di bawah ini! Menurut bagan di atas, pembuatan telur asin mulai dari penyiapan telur hingga siap dikonsumsi/dipasarkan melalui tahapan…

34 a.penyortiran-perendaman-pembersihan- perebusan b.penyortiran-pencucian-pengeringan- perendaman-pembuatan garam- pembersihan-perebusan c.penyortiran dan pembersihan- penggaraman-pembersihan-perebusan

35 d.penyortiran-pencucian-pengeringan- perendaman-penggaraman- pembersihan-perebusan e.penyortiran dan pencucian- perendaman-pengangkatan- perebusan

36 Jawaban: c Pembahasan: Tahapan pembuatan telur asin diawali dari penyortiran telur dan pembersihan kemudian direndam dalam bubuk bata yang bergaram setalah itu dibersihkan kembali dan akhirnya direbus.

37 3. Hasil penelitian terhadap penggunaan ekstrak tulang rawan ikan hiu pada pasien kanker ganas di lima rumah sakit di Cina tergambar dalam tabel berikut:

38 Tabel di atas antara lain dapat dijelaskan seperti di bawah ini, kecuali… a. Ekstrak tulang rawan ikan hiu sangat bagus untuk pengobatan kanker kulit dan prostat. b. Kanker otak dan tenggorokan bagus juga diobati dengan ekstrak tulang rawan ikan hiu.

39 c. Sebagai penyembuh kanker hati dan pankreas, ekstrak tulang rawan ikan hiu tidak ada hasilnya. d. Kanker lambung dan usus pun bagus diobati dengan ekstrak tulang rawan ikan hiu.

40 e. Secara umum dapat dikatakan bahwa ekstrak tulang rawan ikan hiu baik untuk penyembuhan penderita kanker.

41 Jawaban: c Pembahasan: Ekstrak tulang rawan ikan hiu dapat juga digunakan untuk menyembuhkan kanker hati (63,36 % pemulihan) dan kanker pankreas (66,60% pemulihan).

42 4. Hasil Jajak Pendapat Salah Satu Media - Cepatnya pihak polisi menemukan pelaku pemboman, menurut Anda, apakah mereka benar-benar pelaku peledakan? - Hasilnya?

43 Grafik Hasil Jejak Pendapat

44 Diagram lingkaran tersebut menyatakan bahwa… a. Masyarakat meragukan terhadap kebenaran pelaku yang telah ditangkap. b. Polisi percaya penuh terhadap kebenaran pelakunya. c. Masyarakat tidak percaya sama sekali.

45 d. Masyarakat tidak mempunyai pendapat e. Masyarakat percaya penuh tentang kebenaran pelakunya.

46 Jawaban: a Pembahasan: Masyarakat meragukan terhadap kebenaran pelaku yang telah ditangkap. Dalam diagram persentase yang ditunjukkan sebesar 76, 75%.

47 5. Perhatikan grafik di bawah ini!

48 Menurut grafik tersebut, keadaan produksi telur ayam di peternakan Usaha Mandiri selama lima hari awal produksinya adalah… a. Selama lima hari produksi telur terus meningkat. b. Selama lima hari mengalami tiga kali peningkatan produksi, dan peningkatan tertinggi terjadi pada hari IV.

49 c. Selama lima hari produksi terjadi peningkatan terus menerus, dan peningkatan paling tinggi terjadi pada hari V. d. Sejak hari I produksi hingga hari V rata- rata kenaikan produksinya mencapai 50%. e. Pada hari V peternakan Usaha Mandiri telah mencapai target produksi, yaitu 100%.

50 Jawaban: b Pembahasan: Selama lima hari produksi mengalami tiga kali peningkatan yaitu hari II, IV, dan V. Peningkatan tertinggi terjadi pada hari IV yaitu sebanyak 210 butir.

51 6. Perhatikan bagan di bawah ini!

52 Menurut skema tersebut, urutan sebagian proses merebus air tanpa BBM yang benar adalah… a. Isi botol dengan air, kemudian di cat, keringkan, jemur, di bawah terik matahari. b. Cat bagian dalam botol, keringkan, isi air, jemur di bawah terik matahari.

53 c. Botol plastik dijemur, diisi air, keringkan, air siap diminum. d. Bersihkan bagian dalam botol, cat bagian luar, keringkan, isi air, jemur di bawah terik matahari. e. Keringkan botol setelah di cat, bersihkan bagian dalam botol, isi air dan tutup rapat, jemur di bawah terik matahari.

54 Jawaban: e Pembahasan: Proses merebus air tanpa BBM adalah menggunakan langkah e yakni setelah dicat botol dikeringkan, kemudian bagian dalam botol dibersihkan dari kotoran, lalu diisi air dan ditutup rapat, selanjutnya dijemur di bawah terik matahari.

55 7. Perhatikan denah ruang berikut! A.R. Tamu B.R. Keluarga C.R. Makan D.Kmr. Utama E.Kmr. Tidur F.Dapur G.Kmr. Mandi H.Teras Depan I.Kmr. Tamu J.Taman Dalam

56 Kalimat yang tepat untuk menjelaskan letak ruangan pada denah tersebut adalah… a. Ruang tamu terletak di tenggara ruang makan. b. Ruang keluarga berada di selatan dapur.

57 c. Dapur terletak di barat kamar utama. d. Taman dalam terletak di bagian barat ruang keluarga. e. Kamar utama terletak di sebelah utara ruang makan.

58 Jawaban: a Pembahasan: RRuang tamu terletak di tenggara ruang makan. RRuang keluarga berada di timur laut dapur bukan selatan.

59  Dapur terletak di barat daya kamar utama bukan di barat.  Taman dalam terletak di barat laut ruang keluarga bukan barat.  Kamar utama terletak di timur laut ruang makan bukan utara.


Download ppt "BAHASA INDONESIA PENYAJIAN DATA/INFORMASI. Penyajian data/informasi:  Verbal » kalimat paragraf wacana  Visual » tabel grafik bagan/diagram denah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google