Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

P ENGERTIAN BOSDA Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang selanjutnya disebut BOSDA adalah program bantuan untuk operasional sekolah yang diberikan oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "P ENGERTIAN BOSDA Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang selanjutnya disebut BOSDA adalah program bantuan untuk operasional sekolah yang diberikan oleh."— Transcript presentasi:

1

2 P ENGERTIAN BOSDA Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang selanjutnya disebut BOSDA adalah program bantuan untuk operasional sekolah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada satuan pendidikan formal yang digunakan untuk memenuhi kekurangan dan melengkapi Bantuan Operasinal Sekolah (BOS) dari Pemerintah Pusat.

3 T UJUAN U MUM BOSDA Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di SMA dan SMK Negeri/Swasta. Meringankan beban biaya operasional terutama bagi siswa miskin SMA dan SMK negeri/swasta. Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi siswa miskin di bidang pendidikan SMA dan SMK melalui membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah bagi siswa miskin. Memberikan kesempatan yang setara ( equal opportunity ) bagi siswa miskin SMA dan SMK untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu

4 D ASAR Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 4 tahun 2007 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 11 Tahun 2008; Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2013 tanggal 20 Desember 2013 Tentang APBD DIY Tahun Anggaran 2014 Peraturan Gubernur Nomor 72 Tahun 2013 tanggal 20 Desember 2013 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014.

5 S ASARAN BOSDA D IKMEN SMA Negeri/Swasta, dengan ketentuan alokasi persekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa. SMK Negeri/Swasta, dengan ketentuan alokasi persekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa

6 H ASIL Y ANG D IHARAPKAN BOSDA Akses dan kualitas pendidikan di SMA dan SMK Negeri/Swasta semakin meningkat. Beban biaya operasional terutama bagi siswa miskin pada SMA dan SMK Negeri/Swasta semakin ringan.

7 N ILAI B ANTUAN BOSDA Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah untuk Pendidikan menengah adalah :

8 P RINSIP P EMBERIAN BOSDA Dana BOSDA Dikmen diberikan untuk memenuhi kekurangan dan/atau melengkapi keperuntukan BOS yang dialokasikan oleh Pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sesuai dengan ketentuan juknis BOSDA Dikmen. Dana BOSDA Dikmen diberikan secara utuh dan tidak diperkenankan melakukan pemotongan dengan alasan apapun serta oleh pihak manapun. Dana BOSDA Dikmen harus dikelola secara transparan, efisien, dan efektif, serta dapat dipertanggungjawabkan. Standar pembiayaan mengacu kepada kewajaran setempat atau batas yang telah ditetapkan Kabupaten/Kota

9 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 1.Penyelenggaraan kegiatan dalam rangka pelaksanaan kurikulum Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa a.Pengembangan pendidikan karakter b.Pembelajaran remedial c.Pembelajaran pengayaan d.Pemantapan persiapan ujian e.Olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, pramuka (kepanduan) dan palang merah remaja f.Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Penjelasan : digunakan untuk honor jam mengajar tambahan di luar jam pelajaran, transportasi siswa/guru dalam rangka mengikuti lomba, fotocopy, membeli alat olahraga, membeli alat kesenian, biaya pendaftaran mengikuti lomba, honor pengajar ekstrakurikuler, alat tulis kantor/peralatan/bahan ekstra kurikuler.

10 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 3.Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru a.Penggandaan formulir b.Alat tulis kantor dalam rangka penerimaan siswa baru. c.Konsumsi panitia d.Uang lembur dalam rangka penerimaan siswa baru. 4.Pengembangan Perpustakaan a.Melengkapi kekurangan pengadaan buku kurikulum 2013 b.Mengganti buku teks yang rusak c.Langganan Koran, majalah pendidikan, majalah ilmiah, majalah sastra. d.Akses informasi online e.Pemeliharaan buku/koleksi perpustakaan f.Peningkatan kompetensi tenaga pustakawan g.Pengembangan database perpustakaan h.Pemeliharaan perabot perpustakaan

11 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 5.Kegiatan Ulangan dan Ujian a.Ulangan tengah semester b.Ulangan akhir semester/Ulangan Kenaikan Kelas c.Ujian sekolah Penjelasan: digunakan untuk penggandaan soal, fotocopy, honor pengawas ujian dan panitia penyelenggara, makan minum pengawas dan panitia/penyelenggara, honor koreksi ujian, honor penyusun/pembuat soal, honor guru dalam rangka penyusunan rapor/laporan hasil ujian. 6.Pembelian bahan pakai habis a.Alat tulis kantor b.Suku cadang alat kantor c.Alat-alat kebersihan

12 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 7.Langganan Daya dan Jasa a.Listrik, air, dan telepon, internet (fixed/mobile) baik dengan cara berlangganan maupun prabayar Penjelasan: penggunaan internet dengan mobile modem dapat dilakukan untuk maksimal pembelian voucher sebesar Rp ,00 per bulan. 8.Perawatan Sekolah a.Pengecatan, perbaikan atap bocor, perbaikan pintu dan jendela b.Perbaikan mebeler, perbaikan sanitasi sekolah (kamar mandi dan WC), perbaikan lantai ubin/keramik dan perawatan fasilitas sekolah lainnya Penjelasan: Penggunaan dana BOSDA untuk perawatan sekolah maksimal 10% dari jumlah dana yang diterima.

13 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 9.Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer a.Guru honorer (hanya untuk memenuhi SPM) b.Pegawai administrasi c.Pegawai perpustakaan d.Penjaga Sekolah e.Satpam f.Pegawai Kebersihan Penjelasan: Sekolah Negeri maksimal 30% dari penerimaan dana BOSDA Dikmen per tahun, Sekolah Swasta maksimal 50% dari penerimaan dana BOSDA Dikmen per tahun.

14 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: 10.Pengembangan profesi guru a.KKG/MGMP b.KKS/MKKS Penjelasan: Boleh digunakan hanya untuk biaya transport mengikuti kegiatan. 11.Pembiayaan pengelolaan BOSDA a.Alat tulis kantor (ATK termasuk tinta printer, CD dan flash disk) b.Penggandaan, surat-menyurat, insentif bagi bendahara dalam rangka penyusunan laporan BOSDA dan biaya transportasi dalam rangka mengirim laporan serta mengambil dana BOSDA di Bank.

15 P ENGGUNAAN D ANA BOSDA: Catatan : Secara keseluruhan dana BOSDA harus ada yang digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan minimal 50% dari dana yang diterima sekolah

16 L ARANGAN P ENGGUNAAN DANA BOSDA Disimpan dengan maksud dibungakan. Dipinjamkan kepada pihak lain. Membeli software/perangkat lunak untuk pelaporan keuangan BOSDA atau software sejenis. Membiayai kegiatan yang tidak menjadi prioritas sekolah dan memerlukan biaya besar, misalnya studi banding, karya wisata ( study tour ), kegiatan keagamaan. Membayar iuran kegiatan yang diselenggarakan oleh UPTD Kecamatan / Kabupaten / Kota / Pemerintah Daerah / Pusat, atau pihak lainnya, kecuali untuk menanggung biaya peserta didik / guru yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

17 L ARANGAN P ENGGUNAAN DANA BOSDA Membayar bonus dan transportasi rutin untuk guru. Membeli pakaian/seragam/sepatu bagi guru/peserta didik untuk kepentingan pribadi (bukan inventaris sekolah). Digunakan untuk rehabilitasi sedang dan berat. Membangun gedung/ruangan baru. Membeli Lembar Kerja Siswa (LKS), serta bahan/peralatan yang tidak mendukung proses pembelajaran; Menanamkan saham. Belanja modal kecuali buku Pelatihan/diklat yang dilaksanakan di sekolah kecuali pelatihan kurikulum Konsumsi Rapat dengan wali murid.

18 T ATA C ARA P ENCAIRAN D ANA Dana BOSDA diberikan selama 12 bulan mulai bulan Januari sampai Desember. Dana BOSDA disalurkan dua kali untuk satu tahun Penyaluran dana dilakukan antara bulan Januari- Juni dan Juli-Desember Penyaluran BOSDA Dikmen kepada satuan pendidikan penerima BOSDA Dikmen dilakukan melalui rekening sekolah Rekening sekolah yang dimaksud butir(4) adalah rekening atas nama sekolah dan bukan atas nama pribadi.

19 P ERTANGGUNGJAWABAN P ENGGUNAAN D ANA Pertanggungjawaban pengelolaan dana BOSDA tahun 2014 harus memperhatikan antara lain: 1.Setiap pengeluaran uang harus didukung dengan bukti yang sah, disertai tanda tangan persetujuan dari pihak-pihak yang menerima dan berwenang mengeluarkan uang; 2.Bukti pengeluaran uang dalam jumlah tertentu harus diberi materai yang cukup sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 3.Dalam bukti pengeluaran harus jelas uraian mengenai barang/jasa yang dibayar, tanggal dan nomor bukti. Tidak boleh ada coretan pada kuitansi (ketikan ditindas);

20 P ERTANGGUNGJAWABAN P ENGGUNAAN D ANA 4.Setiap terjadi transaksi baik penerimaan maupun pengeluaran uang dibukukan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi; 5.Pemungutan dan/atau pemotongan dan penyetoran pajak atas pembayaran/pembelian/ pengadaan/penggandaan barang dalam jumlah tertentu dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku; 6.Apabila terjadi penyimpangan terhadap penggunaan dana sebagaimana diatur dalam petunjuk teknis dan lampirannya, maka penyimpangan tersebut menjadi tanggung jawab penerima bantuan.

21 L APORAN P ERTANGGUNGJAWABAN 1.Penerima Dana BOSDA 2014 wajib menyampaikan laporan penggunaan dana paling lambat 10 Januari Laporan dibuat sekali dalam setahun (semester I dan II dijadikan satu). 3.Laporan Pertanggungjawaban yang dimaksud dalam angka (1) diatas, minimal memuat : a.Uraian singkat kegiatan yang dilaksanakan dan dibiayai melalui dana BOSDA yang diterima b.RKAS/RAPBS c.Rekapitulasi penerimaan dan pengeluaran/penggunaan dana BOSDA. d.Menyertakan bukti pengeluaran yang sah e.Hambatan/kendala yang dihadapi dan cara mengatasi hambatan/kendala jika memang ada.

22 L APORAN P ERTANGGUNGJAWABAN 4. Laporan pertanggungjawaban dibuat rangkap 2 (dua), dijilid, dan disampaikan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tembusan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

23 C ONTOH F ORMAT R EKAPITULASI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN D ANA

24 P EMANTAUAN D AN E VALUASI Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berhak melaksanakan pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan penggunaan dana BOSDA Dikmen 2014.

25 PENGADUAN DAN KONSULTASI Surat: TIM Manajemen BOS DIY Jln. Cendana 9 Yogyakarta Telpon: Fax: Website :

26 Informasi selengkapnya silahkan kunjungi website kami di


Download ppt "P ENGERTIAN BOSDA Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang selanjutnya disebut BOSDA adalah program bantuan untuk operasional sekolah yang diberikan oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google