Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Game Playing PENERAPAN KECERDASAN BUATAN Kelompok 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Game Playing PENERAPAN KECERDASAN BUATAN Kelompok 6."— Transcript presentasi:

1 Game Playing PENERAPAN KECERDASAN BUATAN Kelompok 6

2 Dedi Sunaryono Darwis Bukhari Dinda Sigmawaty Tjeng Yogi Cenggoro

3 Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan (AI). Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia.

4 Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).

5 Representasi langsung seperti di atas tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain : – konsumsi proses memori; – kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan ; – kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah

6 Game playing Game playing (permainan game) merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin/komputer yang memiliki intelektual untuk berpikir, komputer dapat bereaksi dan menjawab tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.Lalu, Seberapa Hebat Game Playing ?

7

8 Garry Kasparov and Deep Blue, 1997 GM Gabriel Schwartzman’s Chess Camera, courtesy IBM

9 Checkers Checkers Chinook (buatan Jonathan Schaeffer & team, University of Alberta) menjadi juara dunia checkers. Go Go Computer Player adalah sangat tangguh Bridge Bridge Computer Player mempunyai Expert Level

10 Pemain Kesempatan Pemain bergantian Zero Sum : kerugian seorang pemain adalah keuntungan pemain lain Perfect Information : pemain mengetahui semua informasi state dari game Tidak mengandung probabilistik (seperti dadu) Game tidak termasuk Solitaire, Backgammon dan semisalnya

11 1. 1. Pertimbangkan semua kemungkinan jalan Berikan nilai pada semua kemungkinan jalan Jalankan pada kemungkinan yang mempunyai nilai terbaik Tunggu giliran pihak lawan jalan Ulangi cara diatas

12 Evaluation Function atau static evaluator digunakan untuk mengevaluasi nilai posisi yang baik Zero-sum assumption membolehkan untuk menggunakan single evaluation function untuk mendeskripsikan nilai posisi. Posisi baik untuk saya dan jelek untuk lawan Posisi jelek untuk saya dan baik untuk lawan Posisi netral/seri Posisi dimana saya menang Posisi dimana lawan menang

13 Tic Tac Toe Posisi baik untuk saya dan jelek untuk lawan function logicTwo() Posisi jelek untuk saya dan baik untuk lawan function logicThree() Posisi netral/seri all = 3 Posisi dimana saya menang all = 2 Posisi dimana lawan menang all = 1

14 Manusia menggunakan symbol X dan AI menggunakan symbol O. Jika symbol X (manusia) telah sejajar dan AI mengambil giliran, maka otomatis AI akan menutup jalan Symbol agar symbol X tidak membuat 1 garis. Jika Simbol X tidak sejajar, giliran AI untuk mengatur strategi untuk menang yaitu dengan menempatkan symbol O agar sejajar dengan Simbol O lainnya.

15 John von Neumman pada tahun 1944 menguraikan sebuah algoritma search pada game, dikenal dengan nama Minimax, yang memaksimalkan posisi pemain dan meminimalkan posisi lawan. Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur, go, othello, checkers, bridge, tic-tac-toe dan lain sebagainya.

16 Hasil231

17

18 Diawali serangkaian batang Setiap pemain harus memecahkan serangkaian batang menjadi 2 kumpulan dimana jumlah batang di tiap kumpulan tidak boleh sama dan tidak boleh kosong.

19

20 MIN bermain dulu Evaluation function : 0 : MIN menang 1 : MAX menang.

21

22 Merupakan improvisasi dari Minimax Basic idea "if you have an idea that is surely bad, dont take the time to see how truly awful it is" (Pat Winston)

23 Sama seperti minimax, hanya saja nilai max (alpha) yg. ada hingga sekarang & nilai min (beta) yg. ada hingga sekarang disimpan, shg. : – Jk. pd. level max, menjumpai node yg. value-nya < alpha, node tsb. tidak di-expand. – Jk. pd. level min, menjumpai node yg. value-nya > beta, node tsb. tdk. di-expand.

24

25

26

27

28 Jumlah BatangJumlah NodeMinimax Alpha-Beta Prunning


Download ppt "Game Playing PENERAPAN KECERDASAN BUATAN Kelompok 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google