Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Segaf, SE.MSc.. Al- Qur’anHaditsIjma’ وَأَقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ Kerjakanlah shalat dan tunaikanlah zakat (QS. Al-Baqarah : 43) َخُذْ

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Segaf, SE.MSc.. Al- Qur’anHaditsIjma’ وَأَقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ Kerjakanlah shalat dan tunaikanlah zakat (QS. Al-Baqarah : 43) َخُذْ"— Transcript presentasi:

1 Segaf, SE.MSc.

2 Al- Qur’anHaditsIjma’

3 وَأَقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ Kerjakanlah shalat dan tunaikanlah zakat (QS. Al-Baqarah : 43) َخُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاَتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo'alah untuk mereka (QS. At-Taubah : 103)

4 بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلىَ خَمْسٍ... مِنْهَا إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ Islam ditegakkan di atas lima pijakan, (salah satunya) adalah menunaikan zakat. (HR. Bukhari dan Muslim) أَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ فَتُرَدُّ عَلىَ فُقَرَائِهِمْ Beritahu mereka bahwa Allah mewajibkan mereka mengeluarkan shadaqah (zakat) dari sebagian harta mereka. (HR. Bukhari)

5 Seluruh ulama sepanjang zaman telah sepakat tentang kewajiban zakat bagi seorang muslim

6 Menjaga Harta Menyembuhkan Penyakit Memperbanyak Harta Mensucikan Jiwa

7 1. Menjaga Harta حَصِّنُوا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ Bentengi harta-harta kalian dengan zakat (HR. At-Thabarani)

8 2. Menyembuhkan Penyakit وَدَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ Sembuhkan orang sakit di antar kalian dengan bersedekah (HR. At-Thabarani)

9 3. Memperbanyak Harta مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاء وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah : 261)

10 4. Mensucikan Jiwa َخُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka (QS. At-Taubah : 103)

11 DuniawiUkhrawi

12 1. Negara Menyita Hartanya مَنْ أَعْطَاهَا مُؤْتَجِراً فَلَهُ أَجْرُهَا وَمَنْ مَنَعَهَا فَإِنَّا آخِذُوْهَا وَشَطْرَ إِبِلِهِ عَزْمَةً مِنْ عَزَمَاتِ رَبِّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى Siapa yang menyerahkan zakatnya untuk mendapatkan pahala, maka dia akan mendapatkan pahala. Tetapi siapa yang menolak, maka kami akan menyitanya dan separuh untanya sebagai hukuman dari hukuman tuhan kami tabaraka wata'al. (HR. Ahmad dan An-Nasai)

13 2. Negara Berhak Memvonis Kafir “Bila orang mengingkari wajib zakatnya karema ia belum mengetahuinya karena hidup pada masa Islam baru tersiar atau tinggal jauh di pedalaman, maka ia tidaklah dinilai kafir tetapi harus diperkenalkan dulu kepadanya bahwa zakat itu wajib, lalu dipungut. Bila ia tetap mengingkarinya baru dihukum kafir. Tetapi bila ia hidup di tengah-tengah umat Islam maka ia dihukum kafir & diperlakukan sebagai orang murtad yang harus ditundukkan…” Nawawi, al-Majmu’ jilid V : 334. Pendapat sama oleh Ibnu Qudamah, al-Mughni, jilid II : 573.

14 3. Diperangi Negara وَاللهِ لأَقُاتِلَنَّ مَنْ فَرَّقَ بَيْنَ الصَّلاَةِ وَالزَّكَاةِ فَإِنَّ الزَّكَاةَ حَقُّ المَالِ وَاللهِ لَوْ مَنَعُوْنِي عَنَاقاً كَانُوا يُؤَدُّوْنَهَا إِلىَ رَسُولِ اللهِ ص لَقَاتَلْتُهُمْ عَلىَ مَنْعِهَا Demi Allah, aku pasti memerangi mereka yang membedakan antara shalat dan zakat. Sebab zakat adalah hak harta. Demi Allah, seandainya mereka menolak membayar seekor kambing muda yang dahulu pernah dibayarkannya kepada Rasulullah SAW, pastilah aku perangi”. (HR. Bukhari Muslim Abu Daud Tirmizi Nasai Ahmad)

15 وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَ يُنفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih (QS. At-Taubah : 34)

16 يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَـذَا مَا كَنَزْتُمْ لأَنفُسِكُمْ فَذُوقُواْ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu".(QS. At-Taubah : 35)

17 مَنْ آتَاهُ اللَّهُ مَالاً فَلَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مِثِّلَ لَهُ مَالُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ لَهُ زَبِيبَتَانِ يُطَوَّقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَأْخُذُ بِلِهْزِمَتَيْهِ يَعْنِي بِشِدْقَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ أَنَا مَالُكَ أَنَا كَنْزُكَ ثُمَّ تَلَا ( لا يَحْسِبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ ) الآيَةَ Siapa diberi harta oleh Allah, lalu dia tidak menunaikan zakatnya, pada hari kiamat hartanya dijadikan untuknya menjadi seekor ular jantan aqra’ (yang kulit kepalanya rontok karena dikepalanya terkumpul banyak racun), yang berbusa dua sudut mulutnya. Ular itu dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat. Ular itu memegang [1] dengan kedua sudut mulutnya, lalu ular itu berkata,’Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu’. Kemudian beliau n membaca,’Sekali-kali janganlah orang- orang yang bakhil menyangka … Al ayat’.” (HR Bukhari)

18 مَا مِنْ صَاحِبِ ذَهَبٍ وَلاَ فِضَّةٍ لا يُؤَدِّي مِنْهَا حَقَّهَا إِلاَّ إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ صُفِّحَتْ لَهُ صَفَائِحَ مِنْ نَارٍ فَأُحْمِيَ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَيُكْوَى بِهَا جَنْبُهُ وَجَبِينُهُ وَظَهْرُهُ كُلَّمَا بَرَدَتْ أُعِيدَتْ لَهُ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى يُقْضَى بَيْنَ الْعِبَادِ فَيَرَى سَبِيلَهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ Tidaklah pemilik emas dan pemilik perak yang tidak menunaikan haknya (perak) darinya (yaitu zakat), kecuali jika telah terjadi hari kiamat (perak) dijadikan lempengan-lempengan di neraka, kemudian dipanaskan di dalam neraka Jahannam, lalu dibakarlah dahinya, lambungnya dan punggungnya. Tiap-tiap lempengan itu dingin, dikembalikan (dipanaskan di dalam Jahannam) untuk (menyiksa)nya. (Itu dilakukan pada hari kiamat), yang satu hari ukurannya 50 ribu tahun, sehingga diputuskan (hukuman) di antara seluruh hamba. Kemudian dia akan melihat (atau: akan diperlihatkan) jalannya, kemungkinan menuju surga, dan kemungkinan menuju neraka". (HR Muslim)

19 1. Dimiliki Secara Sempurna 2. Produktif 3. Melebihi Nishab 5. Melebihi Hajat 4. Melewati Haul 6. Selamat Dari Hutang

20 Dimiliki TIDAK Sempurna :  Dipinjam Tanpa Harapan Kembali  Harta Waqaf  Milik Pihak Tertentu Secara Massal  Harta Negara  Harta Pinjaman

21  Disimpan dalam Bentuk Uang / Emas  Diinvestasikan Pada Pihak Lain  Dijadikan Modal Usaha Sendiri  Perdagangan  Pertanian  Peternakan  Persewaan

22 Emas85 gram Perak595 gram Perdagangan85 gram Tabungan85 gram Pertanian653 Kg

23 Keterangan : syaah = kambing betina bintu makhadh = unta betina genap berusia 1 tahun masuk tahun ke-2. bintu labun = unta betina genap berusia 2 tahun masuk tahun ke-3 hiqqah = unta betina genap berusia 3 tahun masuk tahun ke-4 jaza'ah = unta betina genap berusia 4 tahun masuk tahun ke-5 Besar ZakatnyaNisab 1 ekor syaah ekor syaah ekor syaah ekor syaah ekor bintu makhadh ekor bintu labun ekor hiqqah ekor jaza'ah ekor bintu labun hiqqah banat labun / 2 hiqqah + 1 ekor syah (hanafi) hiqqah dan 2 syaah (hanafi) hiqqah dan 3 syaah (hanafi) hiqqah dan 4 syaah (hanafi)

24 Keterangan tabii' = sapi betina atau jantan yang sudah genap berusia 1 tahun dan masuk tahun ke-2. musinnah = sapi betina yang sudah genap berusia 2 tahun dan masuk tahun ke- 3. Besar ZakatnyaNisab 1 ekor tabii' ekor musinnah ekor tabii' ekor tabii' dan 1 ekor musinnah ekor musinnah tabii' ekor musinnah dan 2 tabii' ekor musinnah dan 1 ekor tabii' ekor musinnah atau 4 ekor tabii'

25 Keterangan Demikian seterusnya, setiap bertambah 100 ekor ada kewajiban zakat berupa 1 ekor kambing. Besar ZakatnyaNisab tidak wajib zakat ekor kambing betina ekor kambing betina ekor kambing betina ekor kambing betina ekor kambing betina

26  Menggunakan Kalender Hijriyah  Bukan Kalender Masehi 23 Sya`ban 1429 H 23 Sya`ban 1430 H H A U L

27 Hajat Dasar Yang Tanpa Semua Itu Seseorang Tidak Dapat Hidup  Makanan Penyambung Hidup  Pakaian Penuntup Aurat  Tempat Tinggal Yang Melindungi

28  Orang yang jatuh miskin sehingga untuk menunjang kebutuhan dasar harus berhutang  bila punya harta maka wajib mendahulukan membayar hutang  dan sementara kewajiban membayar zakat menjadi gugur


Download ppt "Segaf, SE.MSc.. Al- Qur’anHaditsIjma’ وَأَقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ Kerjakanlah shalat dan tunaikanlah zakat (QS. Al-Baqarah : 43) َخُذْ"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google