Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Hendra ardi w. MANAJEMEN PERSEDIAAN  Perencanaan persediaan berhubungan dengan penentuan komposisi persediaan, penentuan waktu atau penjadwalan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Hendra ardi w. MANAJEMEN PERSEDIAAN  Perencanaan persediaan berhubungan dengan penentuan komposisi persediaan, penentuan waktu atau penjadwalan,"— Transcript presentasi:

1 Oleh : Hendra ardi w

2 MANAJEMEN PERSEDIAAN  Perencanaan persediaan berhubungan dengan penentuan komposisi persediaan, penentuan waktu atau penjadwalan, serta lokasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang diproyeksikan. Pengendalian persediaan meliputi pengendalian kuantitas dan jumlah dalam batas- batas yang telah direncanakan dan perlindungan fisik persediaan. Persediaan merupakan investasi penting dan meminta perhatian yang besar dari controller dalam pengembangan tekhnik pengendalian dalam memelihara saldo persediaan yang cukup dengan biaya yang minimal. Persediaan merupakan harta yang sensituf terhadap keusangan, penurunan harga, pencurian, pemborosan, kerusakan dan kelebihan biaya jika mismanagement. Pentingnya pengelolaan persediaan

3 Biaya penyelenggaraan persediaan  Biaya penyelenggaraan persediaan adalah cukup besar karena adanya suku bunga, biaya asuransi, pajak, biaya pergudangan dan penyimpanan serta penyelenggaraan, kerugian pencurian, kerusakan, penyusutan, keusangan dan lain-lain. Pengendalian persediaan Faktor yang terpenting dalam pengendalian persediaan adalah fasilitas pergudangan dan penyelenggaraan/ penanganan yang memadai. Sebaiknya fasilitas yang tersedia tidak boleh terlalu luas, sehingga menimbulkan biaya pengendalian dan penyimpanan yang tidak perlu.

4 Perencanaan dan pengendalian persediaan: 1. Perencanaan dan pengendalian pembelian sehingga hanya akan dibeli dan disimpan bahan yang diperlukan saja. 2. Pengendalian terhadap wewenang untuk pelaksanaan produksi sehingga hanya dihasilkan produk dalam kuantitas dan jenis yang layak.

5 Manfaat manajemen persediaan: 1. Menekan investasi modal dalam persediaan pada tingkat yang minimum. 2. Mengeliminasi pemborosan dan biaya yang timbul dari penyelenggaraan persediaan yang berlebihan, kerusakan, penyimpanan, keusangan dan jarak serta asuransi persediaan. 3. Mengurangi resiko kecurangan atau kecurian persediaan. 4. Menghindari resiko penundaan produksi dengan cara selalu menyediakan bahan yang diperlukan. 5. Memungkinkan pemberian jasa yang lebih memuaskan kepada para pelanggan dengan cara selalu menyediakan bahan atau barang yang diperlukan. 6. Dapat mengurangi investasi dalam fasilitas dan peralatan pergudangan. 7. Memungkinkan pemerataan produksi melalui penyelenggaraan persediaan yang tidak merata sehingga dapat membantu stabilitas pekerjaan. 8. Menghindarkan atau mengurangi kerugian yang timbul karena penurunan harga.


Download ppt "Oleh : Hendra ardi w. MANAJEMEN PERSEDIAAN  Perencanaan persediaan berhubungan dengan penentuan komposisi persediaan, penentuan waktu atau penjadwalan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google