Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEMBALI KE ILMU ANTI BANJIR Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) & Soraya Dayanti Putri (41612110040) Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEMBALI KE ILMU ANTI BANJIR Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) & Soraya Dayanti Putri (41612110040) Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman."— Transcript presentasi:

1

2 KEMBALI KE ILMU ANTI BANJIR Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya ( ) & Soraya Dayanti Putri ( ) Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya ( ) & Soraya Dayanti Putri ( )

3 PENDAHULUAN Ketika bayang-bayang banjir masih menghantui banyak warga Jakarta, beberapa kearifan ilmiah dapat dipetik dari peristiwa yang amat menyesakkan dada ini. Kearifan yang dimaksud terkait dengan potensi beberapa disiplin ilmu yang relevan dengan musibah banjir, tetapi kurang diapresiasi. Kebutuhan untuk semakin mendalami ilmu cuaca, meteorologi, dan juga klimatologi, semakin mendesak justru ketika dewasa ini berbagai peristiwa memperlihatkan bahwa gejala pemanasan global semakin nyata. Bagaimana kita akan menghadapi perubahan iklim seperti itu kalau untuk menghadapi yang ada sekarang ini saja sudah kerepotan? Jawabannya adalah dengan mempelajari ilmu anti banjir yang meliputi pengetahuan mengenai ekologi, perencanaan kota dan ilmu – ilmu yang menerangi.

4 Ekologi Ekologi atau ilmu lingkungan adalah bidang yang mempelajari kaitan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Bidang yang dipelopori oleh biologi Jerman Ernst Haeckel pada tahun 1866 ini semakin dirasakan relevansi dan aktualitasnya ketika lingkungan fisik tempat makhluk hidup berada semakin memburuk akibat ulah manusia. Connectedness yang dimaksud pada era sekarang tampaknya semakin tergerus oleh ketamakan, yang membuat hutan dibabat tanpa kendali. Hal itu diperburuk pula dengan sikap melecehkan lingkungan, seperti menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, dan udara terus disemprot dengan polutan.

5 PERENCANAAN KOTA Ilmu perencanaan tata kota dan wilayah dikenal sebagai Planologi, dan disiplin ini sudah mulai menjadi satu pendidikan sejak hampir 50 tahun silam. hukum perencanaan harus tetap ditaati, dan sebagaimana disiplin-disiplin lain, planologi adalah ilmu yang memberi pedoman tentang bagaimana ruang harus diatur, selain demi kemaslahatan manusia, juga agar harmoni dengan alam dapat terus dipertahankan. Sebagai satu ilmu, planologi tak perlu diragukan. Munculnya istilah "daerah peruntukan" (bisa untuk perumahan atau daerah resapan) menjadi salah satu wujud upaya menata kota dan wilayah. Sayangnya tidak sedikit pihak yang masih sering bertanya, "Di manakah planologi?" Misalnya ketika melihat kota-kota besar di Indonesia yang diandaikan bisa tumbuh baik dengan dukungan ilmu ini, dalam kenyataannya justru sering acak-acakan.

6 ILMU – ILMU YANG MENERANGI Ilmu cuaca, ilmu lingkungan, dan ilmu planologi jelas ilmu-ilmu yang apabila diikuti dengan penuh disiplin, besar artinya dalam upaya pencegahan banjir. Ilmu-ilmu tersebut telah lama hidup di negeri ini dan banyak dipelajari. Ada keyakinan kalau ilmu-ilmu tersebut diterapkan dengan baik, Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia tak perlu sengsara setiap kali mengalami banjir dahsyat. Sebaliknya juga diyakini, kalau ilmu-ilmu tersebut diabaikan, tidak menerangi mereka yang duduk di pemerintahan, bencanalah yang akan menjelang.

7


Download ppt "KEMBALI KE ILMU ANTI BANJIR Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) & Soraya Dayanti Putri (41612110040) Dipesentasikan Oleh : N. A. Rahman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google