Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER ADA DIMANA-MANA Nurbani, ST 3 SKS. KOMPUTER Def : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER ADA DIMANA-MANA Nurbani, ST 3 SKS. KOMPUTER Def : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER ADA DIMANA-MANA Nurbani, ST 3 SKS

2 KOMPUTER Def : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

3 Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer : 1. Perbankan 2. Perdagangan 3. Industri 4. Transportasi 5. Rumah Sakit 6. Pendidikan 7. Seni 8. Penelitian 9. Rekreasi 10. Militer 11. Komunikasi 12. Kriminalitas

4 Bidang Perbankan  Informasi pelanggan  Informasi produk atau layanan  Laporan Keuangan  Aplikasi Kredit  Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)  Penyimpanan data  Pemrosesan transaksi secara on-line  Pembayaran tagihan secara on-line

5 Bidang Perdagangan  Untuk scanning barcode kode barang dagangan  Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.  Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).  Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan lain-lain

6 Bidang Industri untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi  CNC (Computer Numerical Control) untuk pengawasan numeric atau perhitungan  CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll  Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

7 Bidang Transportasi Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.  Komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan.  Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.  penjualan tiket di terminal, bandara, dan stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer

8 Bidang Kesehatan  Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.  CAT – Computer Axial Tomography untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X  SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.

9 Lanjutan Bidang Kesehatan  Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS  Mengelolaan persediaan obat-obatan  Komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.  memonitor kesehatan pasien, monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.

10 Bidang Pendidikan  Sebagai alat presentasi  Sebagai pengganti mesin tik  Sebagai alat hitung  Sebagai media komunikasi dengan masyarakat  Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

11 Bidang Seni  SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano.  Untuk proses penciptaan lagu.  Untuk membuat gambar, memproses gambar, dan mempresentasikan gambar  Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

12 Bidang Penelitian Science  Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.  Membuat model reaktor nuklir, atom dan molekul  Penelitian ruang angkasa  Mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin dan ramalan cuaca

13 Bidang Rekreasi  Sumber alat rekreasi seperti games on-line.  Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

14 Bidang Militer  Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.  Untuk simulasi perang atau terbang  Komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali, Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.

15 Bidang Komunikasi  Telekomunikasi yaitu teleconference.  ,  Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

16 Bidang Kriminalitas Komputer dapat digunakan untuk Crime analisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke pengadilan. CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer.

17 Lanjutan Bidang Kriminalitas MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.

18 Isu Sosial Dampak Positif 1. Komunikasi yang lebih baik. 2. Transportasi data yang cepat & aman. 3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat. 4. Efisiensi tenaga kerja Dampak Negatif 1. Manusia tergantung dengan komputer. 2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti. 3. cracker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.

19 Tugas Individu Buatlah makalah dengan memilih judul salah satu dibawah ini:  komputer dibidang pendidikan  Komputer dibidang kesehatan  Komputer dibidang industri  Komputer dibidang perbankan  Komputer dibidang rekreasi  Komputer dibidang pertahanan keamanan

20 Tugas individu Ketentuan pembuatan makalah Ukuran kertas A4 dengan font Arial/Times New Romans ukuran 12 dan spasi 1,5 Paling sedikit 4 halaman (isi) Cover, isi, daftar pustaka Tidak boleh ada yang sama isinya, jika ketahuan, nilai berkurang Kirim lewat Paling lambat pengiriman tgl 26 September 2011


Download ppt "KOMPUTER ADA DIMANA-MANA Nurbani, ST 3 SKS. KOMPUTER Def : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google