Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Christian Noberg Schultz Jan Mukarowsky Geofrey Broadbent Menurut Larry Ligo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Christian Noberg Schultz Jan Mukarowsky Geofrey Broadbent Menurut Larry Ligo."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5

6

7 Christian Noberg Schultz Jan Mukarowsky Geofrey Broadbent Menurut Larry Ligo

8 Pengertian Arsitektur Pengertian Arsitektur Fungsi Dalam Arsitektur Fungsi Dalam Arsitektur Gambar-gambar Gambar-gambar Video

9

10 PENGERTIAN ARSITEKTUR Berdasar Ilmu Pengetahuan  Arsitektur adalah karya manusia dan untuk kehidupan manusia pula (sumber: Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan Arsitektur, Made AL, Ark. Djauhari S, Bandung, 1981)  Arsitektur adalah mendirikan bangunan dilihat dari segi keindahan (sumber:Bouwkondige Encyclopedia)  Arsitektur adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yang komplek dari faktor masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi.(Ben Farmer, Comoditie)  Arsitektur adalah seni mendesain bangunan yang baik, bangunan yang atraktif, terencana dengan baik, dan terbangun dengan baik, dan keduanya sesuai dan berarti untuk kalangan masyarakat. (Ben Farmer: Needs and Means)  Arsitektur adalah ujud dan tatanan ruang yang dimaksudkan juga untuk membuat hidup lebih nyaman.(sumber: Sasmito, Juli. Intelligent Building System.1989)  Arsitektur adalah seni bangunan menurut ketentuan untuk perbandingan dan kepastian perayuran serta diatur oleh alam dan rasa.(sumber: Cewilt, Joseph.The Encyclopedia of Architecture.1982)  Arsitektur secara umum terutama di Eropa merupakan bentuk geometri dan perhitungan (perhitungan konstruksi bangunan) yang menakjubkan.(Robert Lawlor).

11 FUNGSI DALAM ARSITEKTUR Pemahaman tentang fungsi dalam arsitektur bisa dibangun antara lain dengan mencari referensi- referensi terkait definisi istilah ‘fungsi’ itu sendiri baik definisi secara umum maupun definisi secara kearsitekturan. Setelah proses pemahaman yang saya jalani, saya berhasil mendapatkan beberapa macam pengertian fungsi mulai dari pengertian secara umum maupun khusus dalam bidang arsitektur. Fungsi secara umum dapat didefinisikan sebagai sekelompok aktivitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan sifat atau pelaksanaannya. (id.wikipedia.org). Fungsi secara umum dapat pula diartikan sebagai kegunaan, serta cara untuk memenuhi keinginan yang timbul dari adanya kebutuhan- kebutuhan dalam hidup; untuk bertahan hidup dan berkembang. Menurut beberapa praktisi arsitektur, fungsi adalah; “secara umum artinya kegunaan, fungsi dalam dunia arsitektur, bentuk bangunan harus mengikuti aktivitas yang akan berlangsung. contoh: apabila akan membangun sekolah atau rumah sakit, maka kita harus memperhatikan aktivitas yang akan berlangsung dalam bangunan tersebut sehingga nantinya bentuk bangunan akan menyesuaikan fungsi dari bangunan tersebut.” (Teddy Priyatna, S.T/arsitek). “Fungsi dalam pengertian sederhana adalah kegunaan. Fungsi itu juga bisa dibilang suatu cara untuk memenuhi keinginan. Fungsi adalah sekelompok aktifitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan sifat atau pelaksanaannya. Dalam istilah matematika, fungsi berarti pemetaan setiap anggota himpunan (dinamakan domain) kepada anggota himpunan (dinamakan kodomain).. Kata ini tentu beda dengan istilah fungsi misalnya dalam kalimat "Alat ini berfungsi dengan baik". Fungsi adalah suatu bagian dari program yang dipergunakan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya dipisahkan dari bagian program yang menggunakannya.” (Ir. Joko Wibisono/arsitek).

12 Christian Noberg Schultz 4 fungsi dalam arsitektur, 1. physical control (Pengendali Faktor Alam) bangunan dapat mengendalikan factor alam, bangunan dapat melindungi manusia dari terpaan pergantian cuaca, dapat melindungi dari bencana, dan lain sebagainya. 2. functional frame (kerangka fungsi) arsitektur dapat menciptakan kerangka fungsi 3. social milieu (lingkungan social) bangunan dapat membentuk lingkungan sosial 4. cultural symbolization (symbol budaya) bangunann dapat menjadi symbol budaya masyarakat setempat di lingkungan terdapatnya bangunan tersebut. sehingga menurut Christian Noberg Schultz, fungsi adalah tugas dan pekerjaan yang harusdijalankan oleh sebuah lingkungan.

13 Jan Mukarowsky ada lima fungsi yang dapat diciptakan dalam arsitektur ; 1. Expressive functional (Fungsi Ekspresi) 2. aesthetic function (Fungsi Estetik) 3. Allusorry function (Fungsi Kenangan) 4. territorial function (Fungsi Teritori/ Batas) 5. referential function (Fugsi Acuan) sehingga menurut Jan Mukarowsky, fungsi adalah segenap potensi arsitektur untuk memberikan makna terhadap lingkungan.

14 Geofrey Broadbent 1. Environmental Filter (penangkal factor lingkungan) Bangunan bisa mengontrol iklim. Bangunan berperan sebagai saringan atau filter antara lingkungan luar dengan aktivitas yang akan kita lakukan. Bangunan dapat membantu kita untuk membuat kondisi-kondisi agar aktivitas-aktivitas dapat dilaksanakan dengan menyenangkan dan dalam kenyamanan. Kita bisa menentukan ruang-ruang mana yang harus dekat satu sama lain dan yang mana yang bisa dijauhkan. 2. Container of Activities (wadah kegiatan) Bangunan sebagai wadah kegiatan-kegiatan yang menempatkannya pada tempat yang khusus dan tertentu. 3. Capital Investment (investasi atau penanaman modal) Dalam pengertian ini bangunan dapat memberikan nilai lebih pada tapak. Keduanya dapat menjadi sumber investasi yang baik. 4. Symbolic Function (fungsi simbolik) Fungsi simbolik, bangunan dapat memberikan nilai-nilai simbolik terutama pada kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan atau berhubungan erat dengan kebudayaan. 5. Behavior Modifier (pengaruh perilaku) Pada fungsi behavior modifier, bangunan dapat mengubah perilaku dan kebiasaan, sesuai dengan suasana ruang. 6. Aesthetic Function (=pursuit of delight). Pada pengertian ini bangunan-bangunan akan menyenangkan bila bangunan tampak bagus/cantik, sesuai dengan imajinasi yang fashionable saat ini, sesuai dengan asas-asas tertentu dari order visual dan lain-lain. Jadi Broadbent memahami fungsi sebagai apa saja yang dipancarkan dan diinformasikan oleh arsitektur melalui panca indera kita.

15 Menurut Larry Ligo lima fungsi yang dapat diciptakan dalam arsitektur : 1. structure functional (Fungsi Struktur) 2. physical functional (Fungsi Fisik) 3. phsycological function (Fungsi Psikologis) 4. social function (Fungsi Sosial) 5. culture/existencial function (Fungsi Budaya masyarakat) Sehingga menurut Larry Ligo, fungsi adalah tugas atau efek yang ditimbulkan arsitektur.

16

17

18

19

20

21

22

23


Download ppt "Christian Noberg Schultz Jan Mukarowsky Geofrey Broadbent Menurut Larry Ligo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google