Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI DAN KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI 1.ARTIKULASI MUNGKIN BURUK 2.SUARA MUNGKIN KURANG LANTANG 3.GANGGUAN TEHNIS 4.PENGGUNAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI DAN KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI 1.ARTIKULASI MUNGKIN BURUK 2.SUARA MUNGKIN KURANG LANTANG 3.GANGGUAN TEHNIS 4.PENGGUNAAN."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI DAN KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR

2 HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI 1.ARTIKULASI MUNGKIN BURUK 2.SUARA MUNGKIN KURANG LANTANG 3.GANGGUAN TEHNIS 4.PENGGUNAAN BAHASA & DIALEK 5.SITUASI RIBUT 6.PENDENGAR TERTIDUR 7.TIDAK MENGUASAI MATERI 1.KATA2 YANG SUKAR DIMENGERTI 2.PROSES BERPIKIR YANG SUKAR 3.KEKURANGAN PENDIDIKAN 4.SULIT & SALAH MENAFSIRKAN MATERI YANG DISAMPAIKAN 5.HAMBATAN BAHASA 6.HUBUNGAN YANG KURANG BAIK ANTARA PEMBICARA & PENDENGAR 7.HAMBATAN FISIK & PSIKHIS PEMBICARA PENDENGAR

3  Menjadi PEMBICARA yang baik adalah PENDENGAR yang baik  Pada saat anda menilai diri anda sebagai seorang PEMBICARA, pertimbangkan juga kemampuan anda sebagai seorang PENDENGAR. BERKOMUNIKASI DENGAN MAHASISWA MENJADI PEMBICARA ATAU PENDENGAR ?....

4 BERBICARA MENDENGARKAN  memonopoli pembicaraan dengan membanggakan diri sendiri  selalu mengajukan pendapat dan sikap (mengkomentari ) pembicaraan teman tersebut.  memotong pembicaraan orang lain dengan mengalihkan kepada diri kita sendiri melalui berbagai cara  pemalu (rasa malu) karena tidak memiliki kompentensi untuk berbicara, minder, tidak percaya diri dll.  Saat berbicara saling menjaga sikap dan prilaku formal (jaga image ), sehingga suasana menjadi kaku dan dingin  terburu-buru memberi respon sebelum selesai pembicaraan.  terlalu sadar diri sehingga tidak mau mendengarkan pembicaraan orang lain.  sangat terkesan pada penampilan dan cara seseorang berbicara, sehingga tidak memperhatikan isi pembicaraannya.  terlalu memilih isi pembicaraan.  sebelum mendengarkan orang tsb berbicara, sudah berprasangka negatif, sehingga pada saat orang tersebut berbicara kita cenderung tidak mau mendengarkan.

5  Kesiapan (preparedness)  Kesungguhan (seriousness)  Ketulusan (sincerity)  Kepercayaan (confidence)  Ketenangan (poise)  Keramahan (friendship)  Kesederhanaan (moderation )

6 (1)PENGGUNAAN TERMINOLOGI YANG TEPAT (2)PRESENTASI YANG SINAMBUNG DAN RUNTUT (3)SINYAL TRANSISI ATAU PERINDAHAN TOPIK BAHASAN YANG RELEVAN (4)TEKANAN PADA BAGIAN-BAGIAN PENTING PEMBELAJARAN (5)KESESUAIAN /KESELARAN ANTARA TINGKAH LAKU KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL KOMPONEN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF :

7  KOMUNIKASI PERSUASI (Persuasive communication DITUJUKAN UNTUK MENGUBAH PERILAKU, KEYAKINAN DAN SIKAP ORANG LAIN ; DENGAN SUKARELA; DILAKUKAN DENGAN HALUS & LUWES DAN MANUSIAWI  TEHNIK KOMUNIKASI PERSUASI ADALAH SALAH SATU CARA YANG EFEKTIF UNTUK MELAYANI DAN MENGHADAPI MAHASISWA  AGAR KOMUNIKASI PERSUASI DAPAT BERLANGSUNG EFEKTIF, SEBAIKNYA DOSEN BETUL BETUL MEMAHAMI APA YANG DIBUTUHKAN MAHASISWA TEHNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBELAJARAN

8  LOVE NEEDS PHYSIOLOGICAL NEEDS SELF ACTUALIZATION NEEDS SAFETY NEEDS ESTEEM NEEDS

9 PEDOMAN 5 W + 1 H WHAT WHO WHEN WHERE WHY HOW

10 TEHNIK KOMUNIKASI PERSUASIF  COGNITIF DISONANCE  PAY OFF IDEA  EMPATHY  PACKING  RED HERRING  ASSOSIASI

11 HAMBATAN BERLANGSUNGNYA KOMUNIKASI PERSUASIF  NOISE – FACTOR  SEMANTIC – FACTOR  INTEREST  MOTIVATION  PREJUDICE

12 SELAMAT MENGAJAR


Download ppt "KOMUNIKASI DAN KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR. HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI 1.ARTIKULASI MUNGKIN BURUK 2.SUARA MUNGKIN KURANG LANTANG 3.GANGGUAN TEHNIS 4.PENGGUNAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google