Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cefi L.M Kelas : X-1 Disusun Oleh. SEJARAH HOKI Para ahli sejarah menyebut, permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cefi L.M Kelas : X-1 Disusun Oleh. SEJARAH HOKI Para ahli sejarah menyebut, permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan."— Transcript presentasi:

1 Cefi L.M Kelas : X-1 Disusun Oleh

2 SEJARAH HOKI Para ahli sejarah menyebut, permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan yang dikenal sekarang sudah dimainkan sekitar 4000 tahun yang lalu. Ukiran- ukiran pada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabad-abad yang lalu oleh orang-orang Mesir bermain suatu permainan yang mirip hoki. Juga di Yunani sekitar 500 tahun sebelum Masehi. Perkumpulan hoki pertama berdiri di Blackhealth, London tahun Baru tahun 1900 peraturan-peraturan mulai diseragamkan dan pada tahun 1908, hoki dipertandingkan dalam London games, Induk organsiasi Hoki Internasional terbentuk di Paris pada tahun 1924 dengan nama Federation Internationale de Hockey Surgazon, disingkat FIH.

3 Sejarah hoki di indonesia, diukir oleh orang2 yg berkebangkasaan inggris dan belanda. Sedangkan pelopo dr kalangan bangsa indonesia sangat terbatas yaitu kalangan pelajar sekolah guru lembaga di bandung hollandsch inlandsche kweekschool (HIK) di bwh asuhan nederlandsbh indsche afdeling theosofische world universiti (NIATWU). HIK hanya bertahan hidup sampai 1938,dan dihapus karena kurang disenangi pemerintah belanda. Kebangkitan hoki kembali pada tahun 1939,atar prakarsa iskandar simanjuntak yg mendirikan perkumpulan hoki andalas di medan, yg anggotanya terdiri dr guru2 dan siswa mulo joshua institut medan. Seiring dg proklamasi kemerdekaan repoblik indonesia, tahun 45 organisasi olahraga hoki pun di proklamirkan atas prakarsa tokoh olahraga,yaitu yaitu yusuf ismail,padmo,sumasto,s. Asikin,mendirikan induk organisasi di indonesia dg nama persatuan hoki seluruh indonesia yg disingkat PHSI.berbagai upaya telah di lalukan agar PHSI dapat berkiprah dlm dunia internasional.

4 PHSI pada tahun 1956 yg di wakili oleh eddy osman hadir dalam kongres FIH yang diselenggarakan bertepatan dg penyelenggaraan olimpiade di melbourne australia memperjuangkan agar PHSI masuk dan diterima menjadi anggota FIH. Perjuangan tersebut tidak sia2 karena kongres FIH menerima dg baik PHSI menjadi anggotanya.hal ini membuka peluang bg PHSI untuk dpt berkiprah secra internasional dg mengikuti kegiatan turnamen di luar negri. Tingkta asia,hokh mulai di pertandingkan pd asia games II tahun 1954 di manila, sedangkan pada tingkat asia tenggara mulai dipertandingan pada sea gamer VI tahun 1971 di kuala lumpur.gayung bersambut terus di gayungkan di indonesia, pada PON II tahun 1951 olehraga hoki masuk cabang yang dipertandingkan.

5 TEKNIK DASAR OLAHRAGA HOKI 1.Push dan stop Push adalah teknik dasar yang harus di kuasai yaitu mengoper bola kepada teman setim,dan stop adalah teknik dasar dalam menghentikan operan bola dari teman setim. 2.Scoop Scoop adalah salah satu teknik passing dalam hoki yaitu passing dengan cara melambungkan bola menyerupai lintasan parabola. 3.Blocking Bloking adalah menahan serangan dari lawan dengan menggunakan stick(tongkat). 4.Style body(Sikap badan) Sikap badan pada saat menerima bola atau pada saat mengoper bola harus dalam keadaan siap, pikiran harus berkonsenterasi paa bola,dan pada saat menyerang badan haruys agak sedikit condong kedepan agar dapat memu7dahkan dalam mengelak dari pertahanan lawan.

6 5.Grip(memegang stick atau tongkat) Memegang stick harus benar agar pad asaat menerima bola,mengoper bola,memblocking dapat terlaksana dengan baik.Memegsng stick harus menggunakan 2 tangan agar dalam memgang stick itu kuat. 6.Warm up(pemanasan) Pemanasan harus dilakukan 10 menit sebelum melakukan permainan hoki agar otot-otot tidak keram dan tidak tegang. 7.Colling down(pendinginan) Pendinginan harus dilakukan 10 menit sesudah bermain hoki.

7 PERATUAN PERMAINAN HOKI Peraturan Umum dari permainan Hoki adalah sebagai berikut : Seorang pemain dilarang untuk : - Mengangkat stick di atas pundaknya bilamana dapat membahayakan. - Melakukan permainan yang dapat membahayakan - Memukul bola ke udara, mengangkatnya - Menendang atau menahan bola dengan kaki (kecuali penjaga gawang sesuai peraturan) - Memukul, menggigit atau menahan stick lawan -Menghalangi lawan dengan badan atau stick, mendorong, menahan atau menjatuhkan -– menyandung lawannya.

8 Seorang pemain diperbolehkan untuk : Menahan bola dengan tangan (sesuai peraturan yang berlaku), sepanjang bola tersebut jatuh dengan segera, jadi bukan menangkap bola melainkan menahan bola dengan telapan tangan yang terbuka. Di dalam D (Striking circle) hanya penjaga gawang diperbolehkan bermain dengan kakinya, menendang dan menahan bola dengan bahagian tubuh badan yang mana saja, tetapi ia tidak bolah berbaring di atas atau di depan bola. Hukuman yang dapat diberikan adalah : Free hit/pukulan bebas Pukulan bebas dilakukan pada tempat dimana pelanggaran terjadi Penalty corner – short corner Penalty corner dapat dilakukan di atas garis pinggi gawang regu yang mendapat hukuman di sebelah mana saja, namun sekurang-kurangnya 2,75 m dari tiang gawang yang terdekat. Penalty corner ini diberikan bilamana seorang diketahui dengan jelas menyentuh bola disebelah daerah gawangnya atau disebabkan sesuatu hal yang dilakukannya di dalam D atau striking circle.

9 3) Penalty Stroke Penalty stroke diberikan disebabkan kesalahan yang dilakukan dalam D atau striking circle bila seorang pemain yang bertahan dengan jelas menghalangi sebuah bola yang akan masuk dengan cara yang tidak dibenarkan. Penalty stroke dilakukan dari jarak 7,31 m dari depan gawang. Pemain-pemain lainnya harus berada di belakang garis 25 yard. Bilamana penjaga gawang dapat menahan bola maka regu yang bertahan diberikan pukulan bebas (free hit) dari suatu titik 14,63 m dari gawang. Corner hit – long corner Corner hit diberikan bilamana seorang pemain dengan tidak sengaja memukul atau memainkan bola ke belakang garis gawangnya dari jarak kurang dari garis 25 yard. Corner hit tersebut dilakukan dari jarak 9,14 m dari tiang gawang terdekat. Untuk hit ini pemain-pemain dari regu yang menyerang harus berada di belakang garis D atau striking circle. (5) Offside Offiside adalah bilamana seorang pemain melampaui 2 pemain lawan di depannya apabila berada di daerah lapangan lawan.

10 (6) Hit – in – pukulan ke dalam Bilamana seorang memukul atau menyentuh bola dengan sticknya melampaui garis pinggi, hit ini dilakukan di atas garis oleh seorang pemain lawan dari tempat dimana bola itu keluar lapangan. Pemain-pemain lain dengan sticknya harus berada sekurang-kurangnya dalam jarak 4,55 m dari yang memukul bola. Apabila bola yang dipukul oleh seorang penyerang melampaui garis gawang maka hitnya atau free hit dilakukan dari suatu titik 14,63 pada arah dimana bola tersebut meninggalkan atau keluar lapangan. INDUK ORGANISASI OLAHRAGA HOKI NASIONAL DAN INTERNATIONAL Nma nduk organiasi olahrga hoki nasional adakah ( PHSI) kependekan dari Persatuan Hockey Seluruh Indonesia. Nama induk organisasi international olahrga hoki adalah (FIH) kependekan dari Federation Internayen de Hockey.

11 ISTILAH-ISTILAH OLAHRAGA HOKI (HOCKEY) 1.Free hit Free hit adalah pukulan bebas dilakukan pada tempat dimana pelanggaran terjadi. 2.Penalti corner Penalti corner adalah penalti yang dapat dilakukan di atas garis pinggir gawang regu yang mendpatakan hukuman di sebelah mana saja. 3.Penalti stroke Penalti stroke adalah pinalti yang dilakukan pada jarak 7,31 meter dari epan gawang. 4.Goa Istilah goal dapat terjadi apabila tim memasukan bola ke gawang tim lawan. 5.Hatrick Hatrick berasal dari istilah inggris dalam olahraga kriket, kemudian kata hatrick menyebar kecabang olahraga yang lainya,dan sekrang dalam olahraga hockey hatrick sejati adalah memasukan bola ke gawang lawan dengan 3 kali berturut-turut. 6.Hacking Hacking adalah memblokir serangan dari lawan dengan cara meggunakan stcik.

12 7.Corner git Corner hit adalah pemukulan yang diberikan pada lawan dengan jarak 9,14 meter dari tiang gawang terdekat. 10.Offside Offside terjadi bilamana seorang pemain melampaui pemain lawan di depannnya didaerah lawan. 1.Hit in Hit in adalah pukulan dalam. LAPANGAN PERMAINAN OLAHRAGA HOCKEY (HOKI) Lapanga olahraga hockey bukan hanya satu jenis saja tetapi ada beberapa,yaitu: 1.Field hockey (hockey lapangan) Pada hockey lapangan pemain yang bermain berjumlah 11 pemain termasuk 1 orang penjaga gawang dari ke-2 tim.Filed hockey menggunakan lapangan rumput dengan luas lapangan 60 yard x 100 yard ukuran gawang 7 fit x 4 yard.Olahraga hockey lapangan banyak di sukai di Negara-negara eropa dan asia. 2.Ice hockey (olah raga hockey dalam ruangan tertutup yang diamana lapangan tertutp oleh es)

13 Olah raga Ice hockey ini dimainkan oleh 11 orang pemain dan 1 orang penjaga gawang dari ke-2 tim.Ice hockey mengggunakan lapangan dengan luas lapangan 60 yard x 100 yard,Ice hockey banyak di sukai di Negara-negara benua America. 3.Indoor hockey(hockey dalam ruangan) Dalam Indoor hockey di mainkan oleh 6 orang pemain dan 1 oran penjaga gawang,ukuran lapang indoor hockey adalah setengah dari ukuiran lapang Field Hockey dan lapangan Indoor hokcey terbuat dari ubin atau beton yang dilapisi dengan ubin.

14 PRESTASI INDONESIA DALAM OLAHRAGA HOCKEY Prestasi Indonesia belum bisa mencapai tingkat internasional hal ini di sebabkan belum banyak orang yang menegetahui olahraga hockey dan belum banyak orang yang mengetahui,tapi organisasi PHSI(persatuan hockey seluruh Indonesia) tidak putus asa organisasi menyelenggarakan liga- liga hockey diantaranya adalah Indoor hockey dan yang lainnya.PHSI mendapatkan secercah chaya dari hasil kerja keras mereka yakni mereka telah mendpatkan calon-calon pemain bintang dari PHUI(persatuan hoki Universitas Indonesia) dimana PHUI ini telah mengukir namanya di salah satu event terbesar yang di selenggarakan PHSI yaitu Indoor hockey yang mendapatkan piala ke-3 dari tim putra dalam kurun waktu 1 tahun.Stelah sebelumnya mereka berhasil menjadi juara 1 divisi 1 pada liga hockey Jakarta dan mendapatkan piala untuk top scorerpada kompetensi yang sama.

15 TERIMA KASIH


Download ppt "Cefi L.M Kelas : X-1 Disusun Oleh. SEJARAH HOKI Para ahli sejarah menyebut, permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google