Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENANAMAN CINTA TANAH AIR SEBAGAI LANGKAH MEMBANGUN NILAI- NILAI INTEGRITAS PADA ANAK-ANAK INDONESIA OLEH: DR. ERMAN SYAMSUDDIN DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENANAMAN CINTA TANAH AIR SEBAGAI LANGKAH MEMBANGUN NILAI- NILAI INTEGRITAS PADA ANAK-ANAK INDONESIA OLEH: DR. ERMAN SYAMSUDDIN DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN."— Transcript presentasi:

1 PENANAMAN CINTA TANAH AIR SEBAGAI LANGKAH MEMBANGUN NILAI- NILAI INTEGRITAS PADA ANAK-ANAK INDONESIA OLEH: DR. ERMAN SYAMSUDDIN DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI – DITJEN PAUDNI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

2 “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah- buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian” (QS.2:126) Allah tidak akan membinasakan negeri yang penduduknya berbuat kebaikan: "Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan." [Huud 117]

3

4 Cinta Tanah Air = Karakter SDM Paripurna Saling menghargai sesama sesuai ajaranNya Semangat nasionalisme bentuk kesadaran dan perilaku yang cinta tanah air, kerja keras untuk membangun, membina dan memelihara kehidupan yang harmonis dalam rangka memupuk dan memelihara persatuan dan kesatuan. Bangga terhadap bangsa, serta rela berkorban harta, benda bahkan raga dan jiwa dalam membela bangsa dan negara. Jujur dalam ucap, niat, dan perilaku Memiliki jatidiri yang berakar pada budaya Memelihara dan mengoptimalkan harta bangsa untuk kemakmuran bangsa.

5 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengen-dalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

6

7 7Negara RankgNilai RankgNilai Singapura Brunei Darussalam Malaysia Thailand Indonesia Vietnam Timor Leste Filipina Kamboja Myanmar Sumber: Transparency International, 2013

8 8 Kasus Narkoba di Indonesia Sumber: Badan Narkotika Nasional, 2010 dikutip dari Kompas 11 Maret 2011, DALAM RIBUANDALAM RIBUANDALAM RIBUANDALAM RIBUAN

9 SOURCE: MHMMD 9

10 ADA PERSOALAN PENDIDIKAN YANG BELUM TERTANGANI Bahkan Ada Yang Salah...

11 Syauqi Bey: “Sesungguhnya kejayaan suatu umat (bangsa) terletak pada akhlak/karakternya, Jika itu telah runtuh, maka runtuh pulalah bangsa itu ” A.D Pirous : “if you lose your wealth, you lose nothing, if you lose your health, you lose something, but..... if you lose your character, you lose everything”

12

13 Spirit : Keyakinan Pengetahuan Keterampilan Sikap dan Perilaku

14 Pendidikan berbasis aqidah, mesti menjadi cerminan idealitas masyarakat yang mempertahankan pendidikan budi akhlak (karakter).

15 Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mesti dijadikan upaya pembinaan dasar karakter anak, dengan berbasis nilai-nilai agama, dan nilai kebangsaan yang nanti akan menjadi pagar dalam menghadapi krisis identitas, sebagai akibat dari perubahan dalam nilai – nilai budaya

16 Apa yang perlu dibangkitkan kembali? kebanggaan dan kebangsaan. Kebanggaan yang dapat dirasakan oleh seluruh bangsa, sehingga kehendak untuk bersatu masih tetap berakar di dalam hati sanubari. Kemampuan menyesuaikan diri dengan tantangan perubahan zaman. Tanpa merubah esensinya yakni kedaulatan dan integritas bangsa. Nasionalisme yang diarahkan untuk mengatasi semua permasalahan bangsa dengan bersikap jujur, adil, disiplin, berani melawan kesewenang-wenangan, tidak korup, toleran, dan lain-lain. Bila tidak bisa, artinya kita tidak bisa lagi mempertahankan eksistensi bangsa dan negara dari kehancuran total.

17

18 Strategi Pengenalan: MENGAJAR KREATIF MENYENANGKAN (Anak Telibat Penuh, Antusias, ceria) MEMUASKAN (Kebutuhan & rasa ingin tahu terpenuhi, mau kembali ) MEMBEKAS (perilaku baru, habits)

19 Melalui berbagai kegiatan Riil: AGAR anak: -tahu -mengerti -Dapat melakukan -Menerapkan dalam kehidupan yang damai

20


Download ppt "PENANAMAN CINTA TANAH AIR SEBAGAI LANGKAH MEMBANGUN NILAI- NILAI INTEGRITAS PADA ANAK-ANAK INDONESIA OLEH: DR. ERMAN SYAMSUDDIN DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google