Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODEL COMPONENT Pertemuan 13-14 Matakuliah: M0126 - Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut Tahun: 2009 - 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODEL COMPONENT Pertemuan 13-14 Matakuliah: M0126 - Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut Tahun: 2009 - 2010."— Transcript presentasi:

1

2 MODEL COMPONENT Pertemuan Matakuliah: M Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut Tahun:

3 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Pembahasan kasus Tour and Travel dengan model component (C4)

4 Outline Materi Pembahasan kasus Tour and Travel dengan model component (C4)

5 KASUS TOUR AND TRAVEL Setiap customer yang datang ke ABC akan langsung dilayani oleh staff marketing. Staff marketing akan memberikan daftar paket wisata yang dapat dipilih oleh customer. Setelah customer memilih paket wisata yang cocok, staff marketing akan mengisi data customer ke reservation card. Staff marketing akan meminta dokumen yang diperlukan dari customer, kemudian diserahkan ke kantor imigrasi. Kantor imigrasi akan mengeluarkan visa dan mengembalikan paspor ke staff marketing. Setelah menerima dokumen staff marketing akan booking tiket dan hotel. Proses pembookingan tiket dilakukan melalui sistem abacus yaitu langsung booking tiket ke airlines. Jika tiket yang dibooking ada, maka tiket akan diissue, dan apabila tiket yang dipesan belum ada maka akan terdaftar dalam status waiting list. Sedangkan untuk pembookingan hotel dilakukan lewat . Selama pencarian status booking hotel dalam waiting list. Apabila hotel yang dipesan ada maka akan diissue jika tidak ada akan langsung dicarikan hotel lain. Setelah customer menerima tiket pesawat dan voucher hotel, customer akan melakukan pembayaran ke staff marketing dan staff marketing akan mencetak output berupa bukti pembayaran untuk customer. Selain itu pula, customer dapat melakukan pembatalan paket wisata yang telah dipesan.

6 KASUS TOUR AND TRAVEL Selain menawarkan paket wisata, ABC juga melayani reservasi hotel, reservasi tiket pesawat dan reservasi paket cruise (kapal pesiar). Pada reservasi hotel, staff marketing akan memberikan daftar hotel yang akan dipilih oleh customer. Setelah dipilih, staff marketing akan mengisi reservation card dan kemudian melakukan booking hotel via . Apabila hotel yang dipesan ada, maka akan langsung diissue, apabila tidak ada, maka akan dalam status waiting list. Customer akan melakukan pembayaran jika hotel telah dibooking dan staff marketing akan mencetak output berupa bukti pembayaran untuk customer. Selain itu, customer juga dapat melakukan pembatalan hotel. Pada reservasi paket cruise, staff marketing akan memberikan daftar paket cruise dan tiket yang dapat dipilih customer. Setelah customer memilih paket cruise, staff marketing akan mengisi reservation card dan meminta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk dikirimkan ke kantor imigrasi. Setelah staff marketing mendapatkan visa dari kantor imigrasi, staff marketing akan melakukan booking tiket dan booking paket cruise. Pembookingan tiket tetap dilakukan melalui sistem abacus. Apabila tiket yang dipesan ada maka tiket akan langsung diissue. Jika tiket yang dibooking belum ada, maka tiket akan berada dalam status waiting list. Pembookingan paket cruise dilakukan dengan .

7 KASUS TOUR AND TRAVEL Apabila paket cruise yang telah dibooking ada maka akan langsung diissue tetapi jika belum ada maka paket cruise akan berada dalam status waiting list. Setelah tiket dan paket cruise telah terissue, customer melakukan pembayaran paket cruise dan tiket kemudian staff marketing akan mencetak output berupa bukti pembayaran untuk customer. Selain itu, customer juga dapat melakukan pembatalan paket cruise yang telah dipesan.Pada reservasi tiket, staff marketing akan memberikan daftar tiket kepada customer kemudian staff marketing akan mengisi reservation card. Pembookingan tiket tetap dilakukan dengan sistem abacus. Jika tiket yang dibooking ada, maka akan langsung diissue tetapi jika belum ada, maka akan langsung masuk ke dalam status waiting list. Setelah tiket terissue, staff marketing akan memberikan tiket tersebut kepada customer. Kemudian customer melakukan pembayaran dan staff marketing akan mencetak bukti pembayaran untuk customer Selain itu, customer dapat membatalkan tiket yang telah dibooking.


Download ppt "MODEL COMPONENT Pertemuan 13-14 Matakuliah: M0126 - Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut Tahun: 2009 - 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google