Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER DANA BANK. Yang dimaksud dengan sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasionalnya. Sesuai dengan fungsinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER DANA BANK. Yang dimaksud dengan sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasionalnya. Sesuai dengan fungsinya."— Transcript presentasi:

1 SUMBER DANA BANK

2 Yang dimaksud dengan sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasionalnya. Sesuai dengan fungsinya yaitu dimana kegiatan sehari-harinya adalah dalam bidang jual beli uang. Adapun sumber-sumber dana bank berasal dari : Dana yang berasal dari bank itu sendiri (storan modal, cadangan-cadangan bank/laba yang tidak dibagi dari tahun yang lalu, laba bank yang belum dibagi) Dana yang berasal dari masyarakat luas (simpanan Giro, Deposito, Tabungan) Dana yang berasal dari lembaga keuangan lainya (kridit likuiditas dari bank indonesia, pinjaman antar bank, pinjaman dari bank luar negeri, surat berharga pasar uang)

3 Simpanan Giro Simpanan giro adalah simpanan yang penarikanya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyart giro, sarana perinta pembayaran lainya atau dengan pemindah bukuan. Sedangkan simpanan adalah dana yanga dipercayakan oleh masyarakat kepada bank dalam bentuk giro, deposito berjangka, tabungan atau yang dapat dipersamakan dengan itu.

4 Jenis-jenis sarana penarikan dana giro Cek yaitu perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasaba tersebut. Adapun jenis-jenis cek diantaranya: cek atas nama, cek atas unjuk, cek silang, cek mundur, cek kosong. Bilyart Giro yaitu merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening nasaba tersebut untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yang disebutkan namanya pada bank yang sama maupun bank yang berbeda. Alat pembayaran lainya adalah surar perintah kepada bank yang dibuat secara tertulis pada kertas yang ditanda tangani oleh pemegang rekening.

5 Pembukaan rekening giro Pada tgl 1 Maret 2008 Tn. Yogih Membuka rekenig Giro dengan menyetor uang tuni sebesar Rp ,- di bank Mandiri Cabang Medan. Bagaimana jurnal yang dibuat bank mandiri atas transaksi tersebut. Bank Mandiri pada tgl 2 Maret 2008 menerima selembar cek, cek Bank BRI senilai Rp , untuk keuntungan rekening giro Tn. Yogi, cek sah dan cukup dana. Bagaimana jurnal yang dibutuhkan oleh bank BCA Buku mutasi rekening giro Tn. Yogi memiliki data tabungan sebagai berikut selama bulan maret Setoran tunaiRp Storan TunaiRp Setoran WarkatRp Penarikan KliringRp Setoran tunaiRp Penarikan TunaiRp Setoran An. K. CabangRp Buatkan buku mutasi rekening tabungan ini Perhitungan bunga giro saldo terendah, sukubungan 12% Penutupan rekenig giro 28 maret 2008

6 Simpanan Tabungan Simpanan adalah simpanan yang penarikanya hanya dapat dilakukan dengan syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyat giro dan atau alat lainya yang dipersamakandengan itu. Ada beberapa alat penarikan tabungan antara lain: buku tabungan, slip penarikan, kwitansi, kartu yag terbuat dari plastik.

7 Cara membuka rekening tabungan Mutasi rekening tabungan Buku mutasi rekening giro Tn. Rahmat memiliki data tabungan sebagai berikut selama bulan maret Setoran tunaiRp Storan TunaiRp Tarik TunaiRp Transper masukRp Tarik tunaiRp Stor tunaiRp Buatkan buku mutasi rekening tabungan ini & berapa besar bunga jika dihitung berdasarkan saldo harian, suku bunga 18 % setahun. Perhitung bunga tabungan Menutup rekening tabungan

8 Simpanan deposito adalah simpanan yang penarikanya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dana dengan bank. Adapun jenis-jenis deposito diantaranya adalah: deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on cell. Deposito berjangka adalah merupakan deposito yang diterbitkan menurut jangka waktu tertentu. dan ini atas nama perorangan atau badan usaha. Sertifikat deposito merupakan deposito yang diterbitkan atas unjuk dalam bentuk sertifikat dan dapat diperjual belikan atau dipinda tangankan kepada pihak lain. Deposito on Call merupakan deposito berjangka waktu mimimal 7 hari dan paling lama kurang dari satu bulan. Simpanan Deposito

9 Pembukaan deposito Perhitungan bunga deposito Pada tgl 16 Juli 2007, Nn. Yani membuka rekening deposito 6 bulan, nilai deposito Rp , suku bunga atas deposito tersebut 18 % per tahun. Dan bunga dibayarkan setiap bulanya secara tunai. *. Dari data tsb berapakah besar bunga yang setiap bulanya. *. Apabila tgl 16 Oktober 2007 deposito tersebut dicairkan maka hitunglah besar bunga yang didapat, jika penalty rate 3% Penutupan deposito


Download ppt "SUMBER DANA BANK. Yang dimaksud dengan sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasionalnya. Sesuai dengan fungsinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google