Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILLUM MOLLUSCA. O PENGANTAR Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu kata molluscus, yang berarti lunak. Oleh karena itu, ciri utama hewan ini tubuhnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILLUM MOLLUSCA. O PENGANTAR Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu kata molluscus, yang berarti lunak. Oleh karena itu, ciri utama hewan ini tubuhnya."— Transcript presentasi:

1 FILLUM MOLLUSCA

2 O PENGANTAR Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu kata molluscus, yang berarti lunak. Oleh karena itu, ciri utama hewan ini tubuhnya lunak, pada bagian interior terdapat kepala, kaki terletak di bagian ventral, dan bagian dorsal berisi organ-organ visceral. Mollusca memiliki rentangan habitat yang cukup lebar, mulai dari dasar laut sampai garis parang surut tertinggi,selain itu juga banyak yang hidup di air tawar, bahkan juga di habitat terestrial, khususnya yang mempunyai kelembapan tinggi.

3 O CIRI- CIRI 1. Habitatnya di air laut, air tawar dan darat. 2. Memiliki tubuh yang lunak. 3. Triploblastik (hewan yang memiliki tiga lapisan tubuh). 4. Simetri bilateral. 5. Hidup secara heterotrof. 6. Tubuhnya yang lunak biasanya dilindungi pallium (mantle) yang menghasilkan sekret berupa eksoskeleton dari zat kapur (Calsium Cabonat) yang dikenal dengan cangkang atau concha. 7. Mulut dilengkapi dengan gigi parut atau radula. 8. Respirasi menggunakan insang, paru-paru, atau melalui epidermis. 9. Reproduksi secara seksual. 10. Organ ekskresi berupa nefridia.

4 O KLASIFIKSI Berdasarkan bentuk dan kedudukan kaki, cangkok, mantel, insang, dan system sarafnya serta ada tidaknya cangkang, Mollusca dibedakan menjadi lima kelas, yaitu : 1.Gastropoda, 2.Cephalopoda, 3.Pelecypoda (Bivalvia), 4.Scaphopoda 5.Polyplacophora. 6.Amphineura

5 1.Gastropoda "Gastro" berarti "perut", sementara "poda" berarti kaki. Yang termasuk dalam golongan ini adalah hewan lunak, baik yang bercangkang maupun tidak bercangkang, menggunakan perutnya untuk melata atau pergerakan. Gastropoda yang bercangkang memiliki cangkang tunggal. Kelas gastropoda terbagi menjadi 3 subkelas:

6 a. Subkelas Prosobranchia - bernapas menggunakan insang, bercangkang tunggal, sebagian besar anggotanya merupakan siput-siput yang hidup di air laut ( termasuk daerah pasang surut dan muara sungai ). Bentuk cangkangnya sangat beraneka ragam, mulai dari yang sangat sederhana, berbentuk topi ( dari keluarga Patellidae - biasa disebut "limpet" atau "kerang topi"; merupakan salah satu makanan khas Hawai'i yang disajikan mentah, disebut "opihi"), berbentuk tabung yang melingkar tak beraturan ( misalnya Siliquaria anguina atau worm tube ), namun mayoritas berbentuk spiral atau bergelung, baik dekstral ( mengikuti arah jarum jam ) maupun sinistral ( berlawanan arah jarum jam ).

7 b. Subkelas Opistobranchia - bernapas menggunakan insang yang terletak di bagian belakang, ada yang bercangkang, namun ada juga yang tak bercangkang ( biasa disebut nudibranch atau "kelinci laut" ; ada juga yang dijuluki "Spanish Dancer" karena berwarna merah dan bisa berenang di laut bagaikan gaun penari rakyat Spanyol/Amerika Latin ). c. Subkelas Pulmonata - hidup di darat, bernapas dengan paru-paru, dan sebagian besar anggotanya adalah hermafrodit ( berkelamin ganda ). Contoh jenis yang bercangkang adalah bekicot/ Giant African Snail (Achatina fullica / A.variegata), escargot (Helix pomatia...Yum!), sementara yang tak bercangkang adalah keong bugil/siput telanjang.

8 2.Cephalopoda Tidak terlalu banyak orang yang tahu bahwa mereka adalah anggota mollusca, sebab anggota kelas ini hidup berenang di laut, memiliki 8 kaki atau tentakel berpenghisap di kepalanya, terdiri dari lebih dari 1000 species di seluruh dunia. Sebagian anggotanya merupakan hewan lunak atau mollusca yang memiliki intelegensi tertinggi serta ukuran tubuh terbesar. Seekor cumi-cumi raksasa konon dapat mencapai panjang tubuh sekitar 17m. Mollusca dari kelas ini umumnya mampu menyemprotkan tinta apabila terancam, dan secara garis besar dapat digolongkan menjadi:

9 MEMPERSEMBAHKAN DI SUSUN OLEH ALFIN THARIQ SMAN 1 BUNGORO


Download ppt "FILLUM MOLLUSCA. O PENGANTAR Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu kata molluscus, yang berarti lunak. Oleh karena itu, ciri utama hewan ini tubuhnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google