Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ESTI ILMIA SARI, 5450307008 BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ESTI ILMIA SARI, 5450307008 BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR."— Transcript presentasi:

1 ESTI ILMIA SARI, BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ESTI ILMIA SARI - NIM : PRODI : Tata Busana - JURUSAN : PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA - FAKULTAS : Teknik - ICE_CU_te pada domain YAHOO.CO.ID - PEMBIMBING 1 : Dra. Widowati, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR

4 Abstrak Busana merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, dan penting untuk melindungi tubuh serta untuk memenuhi kesusilaan. Busana adalah pakaian (lengkap) yang dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki (Budi Utami:1981:1). Di dalam pembuatan Tugas Akhir ini penulis memilih tema busana fantasi. Alasan mengapa memilih tema busana fantasi yaitu penulis ingin lebih mengembangkan ide yang awalnya hanya sebuah khayalan dapat diwujudkan dalam bentuk busana. Di dalam Tugas Akhir ini penulis memlilih lampion sebagai sumber ide. Mengapa penulis memilih lampion sebagai sumber ide? Hal ini dikarenakan penulis tertarik pada saat melihat lampion yang begitu indah tergantung di langit – langit sebuah mall. Dari situlah muncul suatu ide atau gagasan untuk membuat busana yang menyerupai lampion. Dalam pembuatan busana ini penulis berusaha mempertahankan bentuk dan warna asli dari lampion. Hal ini bertujuan supaya busana yang dihasilkan benar – benar perwujudan dari bentuk asli lampion. Gagasan ini penulis tuangkan dalam sebuah karya Tugas Akhir dengan judul “BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR”. Pola dasar yang digunakan adalah pola kamisol sederhana sistem alwin dan pola rok sistem praktis dengan mengubah sesuai dengan model. Teknik menjahit dalam pembuatan busana pesta diperlukan ketrampilan dan kesabaran yang tinggi agar mendapatkan hasil yang rapi, indah serta nyaman dalam pemakaiannya. Proses pembuatan meliputi, menggambar desain, mengambil ukuran, membuat pola kecil, merancang bahan dan harga, membuat pola besar, meletakkan pola pada kain, memotong bahan, menjahit, passen pertama, memperbaiki hasil pasen pertama, pasen kedua, pemasangan payet, penyelesaian keseluruhan, dan pasen akhir. Hasil pembuatan Busana Fantasi Putri Lampion Dengan Hiasan Benang Bordir yaitu berupa gaun yang terdiri dari kamisol sampai batas pinggang dan disatukan dengan rok, bagian luar gaun ditutup dengan rok berbentuk lampion dengan hiasan benang bordir emas dibagian luar dan lampu flip – flop dibagian dalam, lengan balon lepas, hiasan leher berupa kerah shanghai, hiasan kepala berupa topi ½ bola.

5 Kata Kunci Busana, Hiasan Benang Bordir

6 Referensi Anonim. Bordir. http: //www.google.bordir.co.id/image. 28 Mei Pukul WIB. Bagyono. Ludfi Orbani, Dasar – Dasar Housekeeping dan Laundry Hotel. Jogjakarta : Adicita Karya Nusa Ernawati, dkk Tata Busana Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Ernawati, dkk Tata Busana Jilid 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Ernawati, dkk Tata Busana Jilid 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Gambar Alat Jahit. http: //www.google.co.id/image. 05 Maret WIB. Marwiyah Paparan Perkuliahan Mahasiswa Dasar Busana. Semarang : UPT UNNES Press. Setyowati Erna Konstruksi Pola Busana Wanita. Semarang: UNNES Press SejarahLampion. http ://www.seasite.niu.edu/Indonesian/budaya_bangsa /Pecinan / Imlek.htm. 05 Maret Pukul WIB. Suhersono Hery Desain Bordir Inspirasi Motif Tradisional Jepang. Jakarta : PT.Gramedia Sulistio Hartatiati Rancang Busana. Semarang : UPT UNNES Press. Syamwil Rodia Pengetahuan Tekstil 1. Semarang. Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta : Balai Pustaka. Tugas Akhir Farda Rizkiyah Pembuatan Busana Pesta Remaja Dengan Sumber Ide Bunga Teratai. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Tips Merawat Baju Pesta. 18 November Pukul WIB. UNNES Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Zulkarnaen Yossi, Sulam Payet. Jakarta : Puspa Swara, 2005.

7 Terima Kasih


Download ppt "ESTI ILMIA SARI, 5450307008 BUSANA FANTASI PUTRI LAMPION DENGAN HIASAN BENANG BORDIR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google