Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
Januari • Februari • Maret 2013 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx ASAL-USUL L. James Gibson 2013 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 Asal-Usul Pendahuluan Umum
Penciptaan adalah kebenaran mendasar dari Kitab Suci. Semua ajaran Alkitabiah lainnya—inkarnasi, salib, kedatangan kedua kali, dan semua ajaran Alkitab lainnya—didasarkan atas kebenaran bahwa dunia kita ini diciptakan oleh Allah

6 Asal-Usul Pendahuluan Umum
Penciptaan muncul tidak hanya di halaman pembuka dari Alkitab tetapi dalam lima buku pertama kitab Musa, dalam kitab para nabi, dalam Mazmur, dalam Injil, dalam surat-surat, dalam Kisah Para Rasul, dan dalam kitab Wahyu.

7 Asal-Usul Pendahuluan Umum
Pelajaran kuartal ini menyelidiki doktrin penciptaan seperti yang digambarkan dalam Kejadian 1 dan 2 dan menyelidiki implikasi-implikasinya kepada sejumlah kepercayaan kita—termasuk moralitas, dosa, pernikahan, penatalayanan, dan banyak lagi. Kuartal ini kita akan menunjukkan, mengapa hal itu harus dipahami secara harafiah, kalau tidak, banyak dari ajaran-ajaran kita yang paling dasar akan dipertaruhkan secara fatal

8 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Untuk melihat lebih banyak alasan mengapa penciptaan enam hari harafiah itu penting untuk semua yang kita percayai dan mengapa mengkompromikan penciptaan adalah mengkompromikan semua yang menjadikan kita sebagaimana adanya.

9 ASAL-USUL Daftar Isi 1. Yesus, Pencipta Langit dan Bumi 2. Penciptaan: Membentuk Bumi 3. Penciptaan Selesai 4. Penciptaan, Suatu Tema Alkitabiah 5. Penciptaan dan Moralitas 6. Penciptaan dan Kejatuhan 7. Melalui Sebuah Kaca, Gelap 8. Yesus, Penyedia dan Pemelihara 9. Pernikahan: Hadiah dari Eden 10. Penatalayanan dan Lingkungan 11. Sabat: Suatu Hadiah dari Eden 12. Penciptaan dan Injil 13. Penciptaan Kembali

10 Pelajaran 12 Penciptaan dan Injil

11 Kata-kata Pembuka Penciptaan adalah sangat penting untuk rencana keselamatan. Evolusi melemahkan fondasi rencana keselamatan dalam beberapa cara

12 Tujuan Pelajaran Untuk membantu anggota kelas agar mereka tetap mengingat adanya hubungan yang sangat terkait antara penciptaan dan rencana keselamatan. Khusus minggu ini, kita akan fokus pada rencana keselamatan di Eden.

13 Ayat Hafalan “Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.” 1 Korintus 15:22

14 Pengantar Adam dan Hawa diciptakan menurut gambar Allah, tanpa cacat moral. Ketika Adam dan Hawa memberontak terhadap Allah, mereka jatuh di bawah kekuasaan Setan, suatu tindakan yang juga membawa seluruh dunia di bawah kekuasaan musuh. Namun, Yesus datang untuk menghancurkan seluruh pekerjaan Iblis dan membebaskan kita dari kekuasaannya.

15 Pengantar Yesus melakukan ini dengan mati menggantikan kita dan menawarkan kehidupan kepada kita. Di salib, Yesus menjadi dosa karena kita. Dan mengalami perpisahan dari Bapa-Nya yang disebabkan oleh dosa. Oleh kematian-Nya, Yesus memulihkan hubungan antara Allah dan manusia yang telah rusak oleh dosa Adam dan Hawa.

16 Penciptaan dan Injil Selayang Pandang
1. Injil di Taman Eden (Kejadian 3:15) 2. Injil di Salib (Roma 5:6-8) 3. Injil Pada Ciptaan Baru (Mazmur 51:10)

17 1. Injil di Taman Eden (Kejadian 3:15)
Penciptaan dan Injil 1. Injil di Taman Eden (Kejadian 3:15)

18 Penciptaan dan Injil Kejadian 3:15 “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

19 1. Injil di Taman Eden Dosa dan Kematian
Jika kehidupan hanya datang dari Tuhan, maka perpisahan dari Allah memutuskan kita dari sumber kehidupan. Hasil tak terelakkan dari perpisahan dengan Allah adalah kematian. Bahkan jika seorang hidup 696 tahun, seperti Metusalah, kisahnya akan tetap berakhir dengan, “dan dia mati.” Dosa, pada dasarnya menyebabkan perpisahan dari kehidupan, dan hasilnya adalah kematian.

20 1. Injil di Taman Eden Dosa dan Kematian
Manusia pertama telah diperingatkan, dan mereka mengerti apa yang telah diberitahukan kepada mereka. Namun mereka tetap berdosa juga. Kadang-kadang, kita seperti Hawa, dituntun kedalam dosa oleh tipu daya, sedangkan lain waktu, kita seperti Adam, berbuat dosa dengan sengaja. Yang manapun itu, kita adalah orang berdosa, bersalah karena melanggar hukum Allah itu.

21 1. Injil di Taman Eden Dosa dan Kematian
Allah mengadakan pengadilan, bahkan suatu “penghakiman pemeriksaan.” Tujuan dari pengadilan ini adalah memberikan kepada pasangan itu suatu kesempatan untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka, langkah pertama menuju pertobatan dan pemulihan.

22 1. Injil di Taman Eden Dosa dan Kematian Meskipun mereka bersalah dan meskipun dosa mereka membawa konsekwensi langsung—janji Injil pertama diberikan kepada mereka di Eden.

23 1. Injil di Taman Eden Dosa dan Kematian
Gantinya kematian Adam dan Hawa yang segera, satu atau lebih hewan mati. Inilah pertama kalinya Adam melihat kematian, dan itu pasti membawa kepedihan mental yang sangat besar kepadanya. Kemudian hewan itu dikuliti, dan jubah dibuat dari kulit itu. Kulit itu ditempatkan di atas tubuh Adam untuk menutupi ketelanjangannya. Setiap kali ia melihat jubah itu, atau merasakannya ia pasti teringat apa yang telah dilakukannya dan apa yang telah hilang dari padanya. Yang lebih penting, ini merupakan pengingat akan kasih karunia Allah.

24 Diskusikan Setelah Adam dan Hawa berdosa, Allah memberikan kasih karunia-Nya sebagai solusi untuk memecahkan problema dosa mereka. Sebagai pengikut Kristus, dapatkah Anda mempraktekkan kasih karunia kepada orang yang paling berdosa kepada Anda? Apa yang membuat hal ini sulit untuk dilakukan?

25 2. Injil di Salib (Roma 5:6-8)
Penciptaan dan Injil 2. Injil di Salib (Roma 5:6-8)

26 Penciptaan dan Injil Roma 5:6-8 “Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka ... Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

27 Saat Kita Masih Berdosa
2. Injil di Salib Saat Kita Masih Berdosa Tuhan tidak menunggu kita untuk meminta pengampunan, Dia mengambil inisiatif. Ketika kita masih berdosa, Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati bagi kita. Ini adalah demonstrasi kasih ilahi yang indah. Betapa seringkah kita tersinggung dan marah dan berusaha membalas dendam dan bukannya melakukan pemulihan?

28 Saat Kita Masih Berdosa
2. Injil di Salib Saat Kita Masih Berdosa Dengan menanggungkan kesalahan karena dosa-dosa kita ke atas diri-Nya dan mati terpisah dari Allah, Yesus menggenapi janji yang dibuat di Taman Eden Pengorbanan-Nya memungkinkan terjadinya rekonsiliasi Allah dan keluarga manusia dan pada akhirnya akan mengakibatkan tersingkirnya kejahatan dari alam semesta

29 Saat Kita Masih Berdosa
2. Injil di Salib Saat Kita Masih Berdosa “... pada saat Kristus pergi ke kayu salib, status-Nya di hadapan Bapa berubah. Terpisah dari hadapan Bapa, Ia merasakan kutukan yang disebabkan oleh dosa kita. Dengan kata lain, Yesus yang adalah Satu dengan Bapa sejak kekekalan, mengalami pemisahan dari Bapa, dalam apa yang Ellen White sebut “terpisah dari kuasa Ilahi.” Ellen G. White, Manuscript 93, 1899 Harga yang luar biasa telah dibayar untuk menebus kita.

30 DISKUSIKAN Ketika orang lain bersalah pada kita, biasanya kita cenderung mengarapkan agar orang yang bersalah itu lebih dahulu meminta maaf kepada kita baru kita memaafkan. Menurut anda sebagai seorang Kristen apakah kita harus begitu? Mohon jawaban anda!

31 3. Injil Pada Ciptaan Baru (Mazmur 51:10)
Penciptaan dan Injil 3. Injil Pada Ciptaan Baru (Mazmur 51:10)

32 Penciptaan dan Injil Mazmur 51:10 “Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali!.”

33 3. Injil Pada Ciptaan Baru Hati yang Baru
Keseluruhan ide tentang Kristus sebagai pengganti kita, mati untuk dosa dunia, terkait erat dengan kisah penciptaan. Kisah penciptaan di dalam kitab Kejadian, betatapun pentingnya dalam membantu kita untuk memahami kematian Kristus, demi kepentingan kita, juga membantu kita untuk memahami aspek lain dari rencana keselamatan yaitu pekerjaan penciptaan Allah dalam kita , saat kita mengambil bagian dalam kekudusan-Nya sekarang

34 3. Injil Pada Ciptaan Baru Hati yang Baru
Hati baru adalah suatu ciptaan yang hanya dapat dilakukan oleh Allah. Kita tidak bisa melakukannya sendiri tetapi harus bergantung pada Pencipta yang sama yang membentuk dunia dan menciptakan leluhur kita yang pertama.

35 3. Injil Pada Ciptaan Baru
Hati yang Baru Raja Daud mengetahui kebutuhannya dan meminta Tuhan untuk memecahkan masalah itu dengan tindakan penciptaan

36 3. Injil Pada Ciptaan Baru Hati yang Baru
Memang, orang yang berada “di dalam Kristus” adalah ciptaan baru. Cara pikir yang lama harus disingkirkan dan diganti dengan pikiran yang barudiciptakan. Penciptaan jenis ini, adalah proses supra alami , terjadi melalui kuasa Roh Kudus.

37 3. Injil Pada Ciptaan Baru Hati yang Baru
Penciptaan digambarkan sebagai kuasa Allah Pencipta yang dipakai untuk menciptakan hati yang baru pada anak-anak-Nya, memperbarui gambar Allah dalam diri kita dan memulihkan hubungan kita dengan-Nya.

38 Diskusikan Jelaskanlah bagaimana agar kita bisa menjadi orang yang telah diciptakan baru dalam kehidupan kita sehari-hari ? Bagaimana kita bisa menyeimbangkan antara kasih dan keadilan seperti yang Tuhan Allah buat, dalam pergaulan kita kepada orang lain?

39 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld, 1 hlm. 123
KUTIPAN ROH NUBUAT “... Ilmu pengetahuan manusia tidak akan mampu mengungkapkan rahasia-rahasia Yang Mahatinggi, Kuasa-Nya untuk mencipta tak terpahami sama seperti adanya Dia.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld, 1 hlm. 123

40 RANGKUMAN Melalui darah penebusan, Allah dengan sukarela menerima tuntunan keadilan bagi orang berdosa sehingga orang berdosa bisa meninggalkan pemberontakan dan mengubah mereka menjadi warga surgawi yang setia

41 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Rencana keselamatan sudah dibentangkan sejak penciptaan di Eden. Tetapi teori evolusi berusaha untuk merusak rencana keselamatan itu dengan mengajarkan bahwa penciptaan itu berdasarkan teori evlusi Cara Allah untuk mengatasi masalah dosa dan memberikan pengampunan adalah merupakan cara terbaik yang dengan mengirimkan anal-Nya mati ganti kita. Hal ini sudah dinyatakan jauh sebelumnya pada masa penciptaan Saya tidak menyedari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Tuhan untuk meniru teladan Yesus yaitu mengampuni orang yang bersalah kepada ku tanpa lebih dahulu mengharapkan mereka datang untuk meminta ampun. Sebab inilah cara Kristus, Dia mengambil inisiatif untuk membebaskan kita dari dosa.

42 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google