Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HERVI FIRDAUS SURGA ITU BERNAMA KELUARGA. “WAHAI ANAKKU, KEMBALILAH KEPADA KEHORAMATAN DALAM LEMBAGA PERNIKAHAN DAN JANGAN PERNAH PERCAYA BAHWA SATU JENIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HERVI FIRDAUS SURGA ITU BERNAMA KELUARGA. “WAHAI ANAKKU, KEMBALILAH KEPADA KEHORAMATAN DALAM LEMBAGA PERNIKAHAN DAN JANGAN PERNAH PERCAYA BAHWA SATU JENIS."— Transcript presentasi:

1 HERVI FIRDAUS SURGA ITU BERNAMA KELUARGA

2 “WAHAI ANAKKU, KEMBALILAH KEPADA KEHORAMATAN DALAM LEMBAGA PERNIKAHAN DAN JANGAN PERNAH PERCAYA BAHWA SATU JENIS MANUSIA AKAN CUKUP UNTUK MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN, PERNIKAHAN HARUSLAH DIJAGA AGAR DIRI KITA TETAP SUCI.” Nasihatku..

3 MOTIVASI MENIKAH Kemuliaan yang Allah berikan kepada manusia adalah Dia memberikan pahala bagi semua bentuk ikatan cinta yang mengeratkan hubungan kita dengan_Nya, bukan cinta yang justru menghalangi hubungan kita kepada_Nya. Allah dan Rasul_Nya telah mengingatkan kita akan menjauh dari dari segala bentuk cinta yang memutuskan dan melalaikan dari tujuan mulia.

4 NIKAH = ZAWAJ NIKAH SECARA BAHASA: BERKUMPUL, BERSATU. MENURUT ISTILAH: AKAD ATAU IKATAN LAHIR BATIN DI ANTARA SEORANG LAKI-LAKI DAN SEORANG WANITA, YANG MENJAMIN HALALNYA PERGAULAN SEBAGAI SUAMI ISTRI. DEFINISI PERNIKAHAN

5 Pernikahan adalah “Mitsaqan ghalidza” atau perjanjian yang sangat kuat antara pria dan wanita untuk berumah tangga. Oleh karena itu : Perlu ada data yang akurat dan transparan. Perlu ada wali dan saksi-saksi. Perlu ada publikasi agar tidak mucul fitnah Tidak boleh main-main dengan pernikahan. HAKIKAT PERNIKAHAN

6 “DAN NIKAHKANLAH ORANG-ORANG YANG SENDIRIAN DI ANTARA KAMU DAN ORANG-ORANG YANG LAYAK DARI HAMBA-HAMBAMU YANG PEREMPUAN. JIKA MEREKA MISKIN, ALLAH AKAN MENJADIKAN MEREKA MAMPU DENGAN KARUNIANYA. DAN ALLAH MAHA LUAS (PEMBERIAN-NYA) LAGI MAHA MENGETAHUI.” (QS. AN-NUR: 32) PERINTAH MENIKAH DAN LARANGAN MEMBUJANG..!!!

7 “ WAHAI KAUM MUDA, SIAPA DI ANTARA KAMU YANG TELAH MAMPU, HENDAKLAH MENIKAH. KARENA NIKAH ITU LEBIH DAPAT MENUNDUKKAN PANDANGAN MATA, DAN LEBIH DAPAT MENJAGA KEMALUAN. MAKA SIAPA YANG BELUM MAMPU HENDAKLAH BERPUASA, KARENA PUASA ITU MERUPAKAN PENGEKANG SYAHWAT BAGINYA.” (HR. JAMA’AH) “Orang yang paling buruk di antara kamu adalah para pembujang, dan di antara orang-orang mati yang terburuk adalah orang yang mati dalam keadaan membujang.” (HR. Abu Ya’la, Ath-Thabrani)

8 TUJUAN PERNIKAHAN

9 HIKMAH PERNIKAHAN Terpeliharanya kehormatan Kelanggengan hidup manusia dengan adanya keturunan Menentramkan dan menenangkan jiwa Mendapatkan keturunan yang sah yang akan menyambung amal dan pahala Bahu membahu untuk meraih kebaikan Mengembangkan tali silaturrahmi dan memperbanyak keluarga

10 “pernikahan adalah penenang jiwa dan kesenangan kepada istri, yaitu tatkala bersanfing dengannya, memandang, dan bercanda. Pernikahan juga menentramkan hati dan menambah kekuatan untuk beribadah. Karena jiwa itu mudah jemu lalu menghindari kebenaran. Sebab ia berbeda dengan tabiatnya. Andaikata jiwa terus menerus dibebani sesuatu yang kurang disukai, maka ia akan berteriak dan lari. Namun jika sekali waktu dihibur dengan kesenangan, maka ia menjadi kuat dan semangat.” (Imam Al-Ghazali)

11 PERNIKAHAN DISYARI’ATKAN DI DALAM ISLAM. HUKUM PERNIKAHAN DAPAT BERUBAH-UBAH DILIHAT DARI KONDISI SESEORANG YANG HENDAK MENIKAH. PERUBAHAN HUKUM DAPAT MENJADI: WAJIB, HARAM, MAKRUH, DAN MUBAH. APAKAH HUKUM NIKAH?

12 “DAN BERBEKALLAH, KARENA SESUNGGUHNYA SEBAIK-BAIKNYA BEKAL ADALAH TAQWA..” QS. AL-BAQARAH:197 DAN HENDAKLAH TAKUT KEPADA ALLAH ORANG-ORANG YANG SEANDAINYA MENINGGALKAN DIBELAKANG MEREKA ANAK-ANAK YANG LEMAH, YANG MEREKA KHAWATIR TERHADAP (KESEJAHTERAAN) MEREKA. OLEH SEBAB ITU HENDAKLAH MEREKA BERTAKWA KEPADA ALLAH DAN HENDAKLAH MEREKA MENGUCAPKAN PERKATAAN YANG BENAR. PERSIAPAN DIRI PRANIKAH

13 IKHLAS & TAWAKAL SEMUDAH ATAU SESULIT APAPUN USAHA, HENDAKNYA SESEORANG BERTAWAKAL SETELAH USAHA ITU DICOBA. AGAR IA TIDAK KEHILANGAN HIKMAH DI BALIKNYA. DAN BILA SAJA USAHA ITU TIDAK DALAM KEMAMPUANNYA, IA BISA MENEGUHKAN HATINYA UNTUK RIDHO DENGAN APA YANG DIBERIKAN ALLAH, DAN TIDAK MEMAKSAKAN DIRI..

14 UANG YANG BANYAK..? KENDARAAN..? RUMAH..? MASIH ADA YANG LAIN..? APA YANG HARUS ANDA PERSIAPKAN SEBELUM MENIKAH..?

15 Hal-hal pokok yang harus dipersiapkan sebelum menikah: Persiapan Ruhiyah (Hati & Iman) Persiapan Maliyah (Harta) Persiapan Fikriyah (Ilmu) Persiapan Jasadiyah (Jasmani)

16 “KATAKANLAH; SESUNGGUHNYA SEMBAHYANGKU, IBADAHKU, HIDUPKU, DAN MATIKU HANYALAH UNTUK ALLAH RABB SEMESTA ALAM.” QS. AL-AN’AM: 162 IKRAR KAMI

17 PERSIAPAN RUHIYAH Taubat dan memperbanyak istighfar Menjauhi dosa-dosa besar Qiyamullail (shalat malam) Shaum Shadaqah Sabar Menegakkan hukum Allah

18 APA PERSAMAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN..???

19 PERSAMAAN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN Laki-laki dan perempuan sama-sama dibebani hukum syari’ah Sama dalam hal mendapatkan pahala dan dosa Sama dalam hal kepemilikan harta berikut penggunaannya Sama dalam hal kebebasan memilih calon pasangan hidup

20 PERSIAPAN MALIYAH Harta yang dipersiapkan: yang halal & baik Harta sebagai sarana untuk membangun bahtera rumah tangga, bukan tujuan. “dan hendaklah takut orang-orang yang jika meninggalkan setelah mereka keturunanyang lemah..” (QS. An-nisa)

21 PERSIAPAN FIKRIYAH “ Dan janganlah engkau berbuat apa yang tidak kamu miliki ilmunya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan,dan hati, semua itu akan dipertanggung jawabkan” (QS. Al- Isra) Bukhori: “Urusan ilmu sebelum bekata dan berbuat.”

22 PERSIAPAN JASADIYAH “Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita” Allah lebih mencintai orang mukmin yang kuat daripada orang mukmin yang lemah. (Al-hadits)

23 APA PERBEDAAN LAKI-LAKI & PEREMPUAN..? Perbedaannya adalah: Di dalam urusan Akikah Shalat jenazah Air kencing bayi Urusan warisan Urusan nikah Kesaksian Aurat

24 PROSES PERNIKAHAN

25 TA’ARUF DITETAPKAN UNTUK MELURUSKAN PROSES PERNIKAHAN SESEORANG SEBELUM MASUK KE JENJANG KHITBAH, AGAR TIDAK TERJADI HAL-HAL YANG DIMURKAI ALLAH. apakah ta’aruf disyari’atkan dan wajib dalam sebuah pernikahan?

26 ETIKA TA’ARUF

27 MAKNA KHITBAH: MENUMBUHKAN KEINGINAN MENIKAH TERHADAP SEORANG WANITA, DAN MEMBERITUHAKANNYA OLEH SEORANG WANITA TERHADAP ORANG TUA DAN LAKI-LAKI YANG MELAMAR. KHITBAH

28 KHITBAH BUKANLAH PERNIKAHAN, MELAINKAN HANYA SEBATAS PERJANJIAN UNTUK MENIKAH. MAKA JAGALAH DIRI ANDA..!!! PERHATIAN..!

29 SYARAT MELAMAR SEORANG WANITA Bukan wanita yang haram untuk dinikahi Tidak dalam proses khitbah oleh laki- laki lain

30 ADAB-ADAB KHITBAH Melihat wanita yang dilamar Tidak melamar wanita yang sudah dilamar Melamar dengan kata-kata yang baik

31 MELIHAT WANITA YANG DIKHITBAH Tidak melihatnya melainkan setelah mengambil kepastiannya untuk menikah Tidak melihatnya melainkan wajah dan kedua tangannya Boleh melihat berkali-kali selama belum jelas Boleh melakukan pembicaraan di dalam majlis khitbah Tidak boleh berjabat tangan dengan wanita yang dilamar Tidak boleh berkholwat dengan wanita yang dilamar

32 “WANITA DINIKAHI KARENA EMPAT PERKARA: KARENA HARTANYA, KARENA KETURUNANNYA, KARENA KECANTIKANNYA, DAN KARENA AGAMANYA. MAKA PILIHLAH WANITA YANG MEMILIKI AGAMA, (JIKA TIDAK) MAKA BINASALAH ENGKAU.” (HR. BUKHORI & MUSLIM) KETAHUILAH..!

33 BENTUK-BENTUK PINANGAN Pinangan Khadijah: siti Khadijah langsung mendatangi Rasulullah dan mengatakan; wahai saudara misanku (Muhammad), saya tertarik kepadamu karena keluarga dan kemuliaanmu serta ketinggian kedudukan dan kehormatanmu. pinangan dilanjutkan dengan mendatangi rumah khadijah, dan disampaikan oleh paman Nabi Abu Thalib. Pinangan Hafshah binti Umar: Umar menawarkan langsung putrinya kepada beberapa orang, dan akhirnya dinikahi oleh Rasulullah. Dan banyak lg contoh2 pinangan yang insya Allah akan disampaikan dalam kajian.

34 SYARAT-SYARAT PERNIKAHAN Kedua belah pihak beragama islam Kedua belah pihak harus halal, tidak terkait secara nasab, perkawinan, dan sesusuan Niat nikah untuk selamanya Kerelaan mempelai wanita Terdapat wali Adanya dua saksi Mahar Ijab Qabul (Akad)

35 MAHAR RASULULLAH MAHAR RASULULLAH BAGI WANITA YANG AKAN DINIKAHINYA, BAIK DIA JANDA MAUPUN GADIS, TUA ATAUPUN MUDA. SELURUH MAHARNYA TIDAK LEBIH DARI 12 UQIYAH ATAU SENILAI 400 DIRHAM.

36 PESTA PERNIKAHAN ALA NABI PESTA PERNIKAHAN HAFSHAH Rasulullah mengadakan walimah bersama orang-orang muhajirin dengan kurma segar yang dicampur dengan minyak samin, kurma biasa, dan kurma ajwa. PESTA PERNIKAHAN UMMU HABIBAH an-najasyi yang membayarkan mahar Rasulullah untuk ummu habibah. Ia juga yang mengadakan walimahnya. Setelah akad nikah, ia berkata kepada para sahabat; duduklah dahulu, karena sunnah para nabi bila mereka menikah, mereka mengadakan jamuan makanan untuk merayakan pernikahan tersebut. masih banyak lagi contoh2 walimah, Insya Allah akan disampaikan dalam kajian.

37 “HIDUP BERUMAH TANGGA ADALAH KARUNIA, ANUGERAH, DAN IBADAH, YANG DENGANNYA SUAMI ISTRI DAPAT BERTAQARRUB KEPADA ALLAH” SUBHANALLAH..

38 KRITERIA SUAMI IDEAL Membayar mahar istrinya dengan sempurna Melapangkan nafkah istri Memperlakukan istri dengan baik, mesra, dan lemah lembut Meminta pendapat istri dalam urusan rumah tangga Bersenda gurau dengan istri tanpa berlebih-lebihan Memaafkan kekurangan istri dan berterima kasih atas kelebihannya Berpenampilan bersih, rapi, dan wangi di hadapannya

39 KRITERIA SUAMI IDEAL Membantu istri dalam tugas-tugas rumah tangga Menempatkan istri di tempat yang baik Menjaga istri dari hal-hal yang dapat menimbulkan fitnah Membimbing istri ke jalan yang Allah ridhoi Memperbaiki tali silaturrahmi dengan keluarga istri Memanggil istri dengan panggilan kesukaannya Bekerja sama dengan istri dalam ta’at kepada Allah SWT.

40 ADAB BERSANDING Disunnahkan agar suami meletakkan tangannya di atas kening istri sambil mendo’akannya Disunnahkan agar shalat dua raka’at kemudian berdo’a kepada Allah Disunnahkan agar suami berlemah lembut kepada istri

41 ADAB-ADAB BERJIMA’ Disunnahkan agar berdo’a ketika hendak menggauli istrinya Disunnahkan bermesraan terlebih dahulu, merangkul dan mencium sebelum menggauli istri Disunnahkan berwudhu ketika hendak mengulangi persetubuhan Berwudhu setelah berjima’ dan sebelum tidur Boleh tayamum sebagai ganti wudhu Suami istri boleh mandi bersama-sama

42 ADAB-ADAB BERJIMA’ Hendaknya keduanya sama-sama melepaskan pakaian, karena dengan demikian akan lebih leluasa dalam bergaul dan menambah kemesraam dan kasih sayang Lebih afdhal jika bertelanjang di dalam satu selimut Boleh bergaul dengan semua gaya “Istri-istri kamu adalah ladang kamu, maka datangilah ladang kamu sesukamu.” (Al-Baqarah: 223)

43 TINDAKAN-TINDAKAN TERLARANG..! Menyebarkan rahasia hubungan di antara keduanya Haram menyetubuhi pada duburnya Haram menyetubuhi wanita yang haid dan nifas Haram seorang istri puasa sunnat tanpa izin suami Haram seorang istri menolak ajakan suaminya tanpa udzur

44 “ TIDAKLAH MAU AKU KABARKAN KEPADA KALIAN TENTANG SESUATU YANG PALING BAIK DIJADIKAN BEKAL SESEORANG? WANITA YANG BAIK (SHOLEHAH) JIKA DILIHAT SUAMI IA MENYENANGKAN, JIKA DIPERINTAH SUAMI IA MENTA’ATINYA, DAN JIKA SUAMI MENINGGALKANNYA, IA MENJAGA DIRINYA DAN HARTA SUAMINYA.” (HR. ABU DAWUD & NASA’I) ALLAHU AKBAR..

45 AMIIN YA ALLAH… باَرَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ, وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ..


Download ppt "HERVI FIRDAUS SURGA ITU BERNAMA KELUARGA. “WAHAI ANAKKU, KEMBALILAH KEPADA KEHORAMATAN DALAM LEMBAGA PERNIKAHAN DAN JANGAN PERNAH PERCAYA BAHWA SATU JENIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google