Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Talk Show bersama Oki Septiana Dewi dalam tema Ketika Cinta Bertasbih Kampus BSI Perwira Bekasi Utara, Sabtu, 20 Juli 2013 Sumanto, M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Talk Show bersama Oki Septiana Dewi dalam tema Ketika Cinta Bertasbih Kampus BSI Perwira Bekasi Utara, Sabtu, 20 Juli 2013 Sumanto, M.Pd."— Transcript presentasi:

1 Talk Show bersama Oki Septiana Dewi dalam tema Ketika Cinta Bertasbih Kampus BSI Perwira Bekasi Utara, Sabtu, 20 Juli 2013 Sumanto, M.Pd

2 Boyolali, 10 Juli 1973 Blok Am 12 No 1 PUP HP , WEB. Aktifitas : 1.Direkktur Ibroh Training Center Bekasi 2.Ketua MT Khalid bin Walid PUP 3.Ketua DKM Baiturahman PUP 4.Dewan Pendiri LAZIQOH Kendi Ummat PUP 5.Dewan Pendiri Yayasan Al-Fikroh Bekasi 6.Ti m Pengembang Kurikulum Pendidikan Berbasis Karakter Sudin Dikmenti Jakarta 7.Wakil kepala Sekolah SMAI Al-Azhar Kelapa Gading 8.Dosen STAISA Bekasi 9.Pemerhati dan praktisi Pendidikan Profil :

3 Makna Cinta Ketika kita mencintai sesuatu, maka sesuatu tersebut di dalamnya terdapat :  Manfaat  Nilai  Kelezatan  Keindahan  Kekaguman

4 CINTA SEJATI akan melahirkan perasaan yang tulus & Suci karenanya akan merasakan : 1. Kerinduan 2. Kedamaian 3. Sering disebut 4. Banyak menyebut 5. Kuat keinginan untuk berjumpa 6. Rela Berkorban untuknya 7. Bersifat Abadi

5 Makna Cinta

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16 Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta...

17 Cintailah seseorang itu atas dasar siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya. Kisah silam tidak perlu diungkit lagi, kiranya kamu benar-benar mencintainya setulus hati.

18 Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak, bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka, bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merasa rindu dan cemburu.

19 Cinta letaknya di hati, meskipun tersembunyi, namun getarannya jelas sekali. Ia mampu mempengaruhi fikiran sekaligus mengendalikan tindakan kita sehingga kadangkala kita melakukan hal terbodoh tanpa kita sadari

20 Cinta itu tidak menjanjikan sebuah rumah tangga aman damai, tetapi penerimaan dan tanggung jawab adalah asas utama kebahagiaan rumah tangga. Cinta hanya sebuah keindahan perasaan, cinta akan bertukar menjadi tanggung jawab apabila terbinanya sebuah rumah tangga.

21 MENCINTAI BUKAN KESEMPATAN MELAINKAN KEPUTUSAN Bertemu seseorang itu adalah Kesempatan.. Tapi mencintai seseorang sepenuhnya adalah Keputusan.. Ketika bertemu seseorang yang membuat kita tertarik, Itu bukan keputusan, tapi itu adalah Kesempatan.. Bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut, bahkan dgn segala kekurangannya.. Itu sudah Bukan sebuah Kesempatan, tetapi itu adalah Keputusan..

22 Ketika kita memilih bersama seseorang walau apapun yang terjadi, JUSTRU di saat kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih menarik, lebih pandai, lebih kaya daripada pasangan kita, namun kita tetap memilih untuk mencintainya.. Mengapa,… Karena itu adalah Keputusan..

23 Kita berada didunia BUKAN untuk mencari seseorang yang Sempurna untuk dicintai.. Tetapi untuk BELAJAR mencintai orang yang Belum Sempurna, Dengan cara yg Sempurna.. Mari BELAJAR mencintai dan menyayangi pasangan kita (suami/istri) yg Belum Sempurna melalui cara-cara yg Sempurna. Pasangan kita itu adalah Belahan HATI kita.. karena itulah yang akan melengkapi kita agar jiwa kita pun menjadi Sempurna.. :)

24 Kisah Cinta Tak Sampai Mughits kepada Barirah

25 HAKEKAT CINTA " Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita- wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula} " (QS. An Nuur: 26).

26 HAKIKAT CINTA Mengapa dicari secantik Balqis, anda sendiri tidak sehebat Sulaiman.. Mengapa mengharap kasih setampan Yusuf jika kasih Anda tidak setulus Zulaikha.. Mengapa mengharap teman seteguh Ibrahim andai diri Anda tidak sehebat Siti Hajar.. Mengapa didambakan teman sehidup yang sempurna seperti Muhammad jika ada masih banyak keburukan pada diri sendiri.. Bimbinglah diri Anda dan terimalah kekurangan itu sebagai keunikan.. Pasangan anda adalah CERMIN anda.

27 HAKIKAT CINTA “Aku mencintaimu kerana AGAMA yang ada padamu, Jika kau hilangkan AGAMA dalam dirimu, hilanglah CINTAku padamu..” (Imam Nawawi )

28 Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Cinta

29 Berikut adalah beberapa dari sekian banyak hadits tentang cinta yang diberikan Nabi Muhammad SAW.

30 Rasulullah SAW bersabda: Cintailah kekasihmu sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu. (HR. Al-Tarmidzi)

31 Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur dan bintang barat yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, “Siapa mereka itu?”. Mereka adalah orang-orang yang mencintai karena Allah SWT. (HR. Ahmad)

32 Perumpamaan orang-orang beriman dalam rasa saling mencintai, saling mengasihi, saling berkasih sayang adalah seperti satu tubuh yang ketika satu anggota tubuh itu ada yang mengeluh, maka seluruh tubuh merasa mengadu dengan terus terjaga tidak bisa tidur dan merasa panas. (HR. Muslim)

33 Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sebelum kalian saling mencintai. (HR. Muslim)

34 Cintai Dia Dalam Diam, Dari Kejauhan Dengan Kesederhanaan Dan Keikhlasan

35 Jika benar cinta itu karena ALLAH maka biarkanlah ia mengalir mengikut aliran ALLAH karena hakikatnya ia berhulu dari ALLAH maka ia pun berhilir hanya kepada ALLAH.. " Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran ALLAH." (QS. Adz Dzariyat: 49)

36 " Dan kahwinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkahwin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin ALLAH akan memampukan mereka dengan kurniaNYA." (QS. An Nuur: 32 )

37 " Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNYA ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNYA diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar- benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." ( QS. Ar Ruum: 21 )

38 Tetapi jika kelemahan masih nyata dipelupuk mata maka bersabarlah.. berdoalah.. berpuasalah.. " Wahai kaum pemuda, siapa saja diantara kamu yang sudah sanggup untuk menikah, maka menikahlah, sesungguhnya menikah itu memelihara mata, dan memelihara kemaluan, maka bila diantara kamu belum sanggup untuk menikah.. berpuasalah, karena sesungguhnya puasa tersebut sebagai penahannya." ( Hadis ) " Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah satu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. ( QS. Al Israa': 32 )

39 Cukup cintai dia dalam diam.., Bukan karena membenci hadirnya.. tetapi menjaga kesuciannya bukan karena menghindari dunia.. tetapi meraih surgaNYA bukan karena lemah untuk menghadapinya.. tetapi menguatkan jiwa dari godaan syaitan yang begitu halus dan menyelusup..

40 Cukup cintai dia dari kejauhan.., Karena hadirmu tiada kan mampu menjauhkannya dari ujian.. karena hadirmu hanya akan menggoyahkan iman dan ketenangan.. karena mungkin sajakan membawa kelalaian hati-hati yang terjaga.. Cukup cintai dia dengan kesederhanaan..,

41 Memupuknya hanya akan menambah penderitaan.. menumbuhkan harapan hanya akan membumbui kebahagiaan para syaitan.. Maka cintailah dia dengan keikhlasan.., ".. boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. ALLAH mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." ( QS. Al Baqarah: 216 )

42 Maka, Proporisonal lah dalam mencintai. NASIHAT UNTUK PARA SUAMI “Kaum Mukminin yang paling sempurna imannya adalah yang akhlaknya paling baik di antara mereka, dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada isteri-isterinya”. [HR. At-Tirmidzi (no. 1162)] Rasulullah SAW Bersabda, “Pergaulilah istri kalian dengan baik. Sebab mereka tercipta dr. tulang rusuk, bagian tulang rusuk yang bengkok adalah bagian atas. Jika kalian berupaya meluruskannya, bisa jadi malah mematahkannya. Namun jika kalian membiarkannya, ia tetap bengkok. Maka pergaulilah istri kalian dengan baik". (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Ad Darimi, Al Baihaqi & Al Hakim )

43 Maka, Proporisonal lah dalam mencintai. NASIHAT UNTUK PARA ISTRI “Tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suami), agar Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segera memisahkanmu kepada Kami (Allah dan Rasul)”. HR. Tirmidzi dari Muadz binJabal.

44 Maka, Proporisonal lah dalam mencintai. NASIHAT UNTUK PARA ISTRI Beliau saw bertanya: “Apakah kamu wanita mempunyai suami?”, aku jawab: “Iya”, beliau bertanya: “Bagaimana sikapmu terhadapnya?”, aku jawab: “Aku selalu mengurusinya kecuali yang aku tidak sanggup untuk melaksanakannya”, beliau bersabda: “Perhatikan sikapmu terhadapnya, karena dia adalah surga atau nerakamu”. (HR. Al Hakim)

45 Maka, Proporisonal lah dalam mencintai. NASIHAT UNTUK PARA ISTRI “Jika seorang wanita benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471)

46 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an

47 1.Derajat pertama (tertinggi), adalah cinta dalam bentuk tatayyum Cinta dalam bentuk tatayyum ini adalah cinta kepada Sang Khaliq. Ia berada pada derajat tertinggi. Tidak ada lagi yang diduakan. Cinta tatayyum adalah kecintaan totalitas. Ruang besar tanpa batas

48 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an 2. Derajat kedua, adalah `isy-qu. Cinta dalam bentuk ‘isyq adalah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Kecintaan inilah yang mendorong kita untuk bercontoh, ittiba’ atas sunnah-sunnahnya. Asyik, kesediaan jiwa dan langkah untuk berkorban dan berjuang menegakkan risalah yang dibawanya

49 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an 3. Derajat ketiga, adalah syauq Cinta syauq adalah kecintaan seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya. Antara suami- istri, anak dengan orang tuanya. Jenis kadarnya adalah kadar dengan komposisi penuh kerinduan. Mengharmoni. Pengikatnya adalah ikatan iman.

50 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an 4. Derajat keempat, adalah shababah Cinta Shababah adalah cinta ke sesama,cinta yang ditujukan kepada sesama muslim sehingga melahirkan ukhuwah Islamiyah. Ada itsar (selalu ingin mendahulukan saudaranya ketimbang dirinya) dan iffah (menjaga diri dari menghiba), ia terpuaskan jiwanya menakala ia sanggup keluar dari persoalan dirinya lalu memberi kemanfaatan untuk kekasihnya.

51 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an 5. Derajat kelima, adalah : `ithfi (simpati) Cinta `ithf (simpati) adalah cinta yang ditujukan kepada seluruh manusia. Tanpa memandang ras, suku dan keyakinan. Cinta ini dimunculkan untuk mengilhamkan seseorang menjalin muamalah dengan keluhuran budi. menyeru dan menuntunnya ke jalan Allah. Kadarnyapun (hanya) sebatas suka

52 Prioritas cinta menurut Al- Qur’an 6. Derajat yang keenam, derajat terendah cinta harta benda. Kecintaan pada materi. Fitrah ketetapan kecintaan manusia adalah pada materi. Pada benda. Atau yang menghasilkan materi. Kecintaan pada kedudukan, popularitas, posisi, jabatan. Islam membenarkan cinta ini. Lalu membimbingnya dalam dalam kadar yang terukur.

53 SOLUSI MERAIH CINTA YANG BAROKAH

54 1. Memohon pada Sang Khalik, karena Dialah yang menciptakan manusia berpasang-pasangan (QS.4:1). Permohonan kepada Allah SWT dengan meminta jodoh yang diridhoiNya, merupakan kebutuhan penting manusia karena kesuksesan manusia mendapatkan jodoh berpengaruh besar dalam kehidupan dunia dan akhirat seseorang.

55 2. Melalui mediator. a.Orang tua. Seorang muslimah dapat meminta orang tuanya untuk mencarikannya jodoh dengan menyebut kriteria yang ia inginkan. Pada masa Nabi SAW, beliau dan para sahabat- sahabatnya segera menikahkan anak perempuan. Sebagaimana cerita Fatimah binti Qais, bahwa Nabi SAW bersabda padanya : Kawinlah dengan Usamah. Lalu aku kawin dengannya, maka Allah menjadikan kebaikan padanya dan keadaanku baik dan menyenangkan dengannya (HR. Muslim).

56 2. Melalui mediator. b. Guru ngaji (murabbi/yah). Jika memang sudah mendesak untuk menikah, seorang muslimah tidak ada salahnya untuk minta tolong kepada guru ngajinya agar dicarikan jodoh yang sesuai dengannya. Dengan keyakinan bahwa jodoh bukanlah di tangan guru ngaji. Ini adalah salah satu upaya dalam mencari jodoh.

57 2. Melalui mediator. c. Sahabat dekat. Kepadanya seorang muslimah bisa mengutarakan keinginannya untuk dicarikan jodoh. Sebagai gambaran, kita melihat perjodohan antara Nabi SAW dengan Khadijah RA. Diawali dengan ketertarikan Khadijah RA kepada pribadi beliau yang pada saat itu berstatus karyawan pada perusahaan bisnis yang dipegang oleh Khadijah RA. Melalui Nafisah sebagai mediatornya akhirnya Nabi SAW menikahi Khadijah RA..

58 2. Melalui mediator. d. Biro Jodoh. Biro jodoh yang Islami dapat memenuhi keinginan seorang muslimah untuk menikah. Dikatakan Islami karena prosedur yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Salah satu di antaranya adalah Club Ummi Bahagia.

59 2. Melalui mediator. d. Biro Jodoh. Biro jodoh yang Islami dapat memenuhi keinginan seorang muslimah untuk menikah. Dikatakan Islami karena prosedur yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Salah satu di antaranya adalah Club Ummi Bahagia.

60 3. Secara Langsung Mencari jodoh secara langsung dalam arti calon sudah dikenal terlebih dahulu dan ia berakhlaq Islami menurut kebanyakan orang-orang yang dekat dengannya (temannya atau pihak keluarganya). Namun pacaran tetap dilarang oleh Islam. Abdul Halim Abu Syuqqoh pengarang buku Tahrirul Mar’ah, bahwa ada seorang temannya yang didatangi oleh seorang wanita untuk mengajaknya menikah. Temannya itu merasa terkejut dan heran, maka wanita itu bertanya, “Apakah aku mengajak Anda untuk berbuat haram? Aku hanya mengajak Anda untuk kawin sesuai dengan sunnah Allah dan Rasul-Nya”. Maka terjadilah pernikahan setelah itu.


Download ppt "Talk Show bersama Oki Septiana Dewi dalam tema Ketika Cinta Bertasbih Kampus BSI Perwira Bekasi Utara, Sabtu, 20 Juli 2013 Sumanto, M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google