Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 12 Kisah Cinta

10 POKOK PIKIRAN: Bagaimanakah kita memahami sisi kasih Allah?

11 Kata-kata Pembuka Allah menciptakan manusia sebagai individu dengan kemampuan luar biasa untuk memberi dan menerima cinta

12 Ayat Hafalan ”Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu” (Yeremia 31:3).

13 Pengantar  Dari sekian banyak sifat Allah yang kita ketahui dalam Alkitab, mungkin “Kasih,” adalah merupakan sifat Allah yang paling mudah untuk diingat.  Tentu saja kita tidak dapat menduga berapa tinggi dan dalamnya kasih Allah.  Ada satu aspek kedalaman kasih Allah yang tidak diperhatikan sebagaimana mestinya; yaitu Allah itu adalah pribadi yang romantis.

14 Pengantar 1.Allah memasukkan kisah romantika di antara catatan sejarah yang Dia ilhamkan untuk ditulis oleh para Nabi 2.Pekan ini kita akan melihat mengapa catatan-catatan ini diikutsertakan dan apa yang dapat kita pelajari dari cerita-cerita tersebut.

15 Kisah Cinta Selayang Pandang 1. Romantisme Alkitabiah (Kejadian 2:23) 2. Sebuah Buku Romantis (Kidung Agung 7:10; 08:07) 3. Allah yang Romantis (Keluaran 20:5,6)

16 Kisah Cinta 1. Romantisme Alkitabiah (Kejadian 2:23)

17 Kejadian 2:23 “Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki- laki."

18 Satu hal yang perlu diperhatikan Meskipun Alkitab meliputi banyak sejarah, namun di dalamnya terdapat beberapa kisah percintaan. Ada suatu ikatan kasih sayang yang kuat, yang kita temukan pada pasangan-pasangan suami istri dalam alkitab antara lain:

19 1. Adam dan Hawa (Kej 2) Adam dan Hawa adalah mahkota ciptaan Allah. Baik laki-laki maupun perempuan mencerminkan rupa-Nya (Kej 1:26,27). Adam dan Hawa diikat bersama-sama dengan begitu intim dan erat. Allah menciptakan perempuan dari tubuh laki-laki; secara harafiah mereka adalah sedaging dan sedarah

20 1. Adam dan Hawa (Kej 2) Adam berkobar dengan apa yang disebut “lagu cinta” pertama atau “puisi cinta” pertama dalam Alkitab, ketika secara terbuka dia menyatakan betapa eratnya mereka terikat satu sama lain. Dalam Bahasa Ibrani, kata untuk “laki-laki” yang digunakan dalam ayat 23 adalah ish; kata yang digunakan untuk “perempuan” adalah ishah, ini juga menunjukkan betapa eratnya mereka terikat satu sama lain.

21 1. Adam dan Hawa (Kej 2) Kejadian 2:24, mengatakan bahwa seorang laki-laki akan meninggalkan kedua orangtuanya dan bersatu dengan istrinya, dan mereka akan menjadi “satu daging,” ayat ini adalah merupakan indikator yang kuat tentang keintiman mereka. Akhirnya, ketelanjangan Adam dan Hawa juga menyatakan kedekatan dan keintiman pasangan pertama ini.

22 4 Hal Penting Yang Kita Temukan dalam Romantisme Pasangan Manusia Yang Pertama Mereka sedaging dan sedarah Bahasa Ibrani panggilan untuk pria “ish” dan untuk wanita “ishah” menyatakan bahwa Adam dan Hawa itu erat terikat satu sama lain Mereka itu “satu daging” (Kej 2:24) Keadaan “ketelanjangan” menyatakan kedekatan dan keintiman Adam dan Hawa

23 Fakta Penting Allah tidak menentang kemesraan. Sebaliknya, Dia menciptakan kita menjadi makhluk yang mampu untuk mengalaminya. Ternyata, hal itu tampaknya menjadi salah satu unsur utama yang Dia ciptakan di dalam kita.

24 2. Abraham dan Sara (Kej 16) Abraham tidak pernah mengganjar Sara selama tahun-tahun kemandulannya. Buktinya, Sara sendirilah yang menganjurkan agar Abraham mengambil Hagar sebagai pengganti fungsi istri. Ikatan cinta antara Abraham dan Sara sangat kuat.

25 3. Ishak dan Ribka (Kej 24) Dalam mencari calon istrinya dia menyerahkan masalah itu kepada Abraham bapanya yang lebih berpengalaman (EGW, Adventist Home, hlm. 75) Sangat mengasihi Ribkah istrinya. (EGW, Adventist Home, hlm. 75) Rumah tangganya digambarkan sebagai rumah tangga yang lembut, indah dan bahagia. (EGW, Christian Education, hlm 229)

26 4. Yakub dan Rahel (Kej 29) Yakub menunjukkan responsnya yang hangat kepada Rahel. Selain kitab Kidung Agung, tidak ada contoh lain dalam Kitab Suci mengenai seorang laki-laki dan perempuan berciuman, tentu saja bukan sebelum menikah.

27 Fakta Penting Allah adalah romantis, karena Dia memuat kisah cinta dan ciuman ini dalam Alkitab. Lihat Kejadian 29. Allah mengilhamkan penyertaan kisah cinta yang hangat

28 Fakta Penting Kisah cinta pasangan suami- istri Alkitab yang telah kita pelajari mirip dengan cerita- cerita roman dan kasih cinta di seluruh dunia; Pasangan-pasangan Alkitab ini juga menghadapi banyak tantangan dan penderitaan akibat kesalahan satu atau kedua belah pihak.

29 DISKUSIKAN Faktor-faktor apa sajakah yang memungkinkan timbulnya banyak penderitaan dan luka dalam hubungan pasangan Alkitab yang telah kita pelajari, seperti: Adam-Hawa; Abraham-Hagar; Ishak- Ribkah, Yakub-Rahel? Bagaimanakah kita bisa belajar dari kesalahan mereka, sehingga akhirnya sebagai pasangan suami istri kita dapat menghindari hal-hal yang bisa saja merusak hubungan mesra kita?

30 Allah yang Suka Mengampuni Banyak yang telah membuat kesalahan dalam hubungan mesra romantis mereka dengan pasangannya masing-masing. Kabar baiknya ialah bahwa Allah tidak hanya memaafkan, tetapi Dia menyembuhkan. Apa pun kesalahan romantis yang Anda perbuat, Ia rela mengampuni Anda, untuk itulah Dia sudah mati di kayu salib

31 Kisah Cinta 2. Sebuah Buku Romantis (Kidung Agung 7:10; 8:7)

32 Kidung Agung 7:10; 8:7 “Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.” “Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.”

33 Sekilas Mengenai Buku Kidung Agung Tidak ada buku lainnya di dalam Alkitab yang membahas topik yang berhubungan dengan kemesraaan, keintiman suami-istri yang mendalam melebihi buku Kidung Agung. Kidung Agung adalah merupakan sebuah buku yang berisi kesenangan romantis belaka. Semua kesenangan seksual dalam kitab itu tidak terkait dengan melahirkan anak. Kitab itu dengan tegas mengingatkan kita kesenangan khusus yang Allah rancang dan khususkan untuk suami dan istri.

34 Sekilas Mengenai Buku Kidung Agung Mata air cinta romantis yang menggembirakan itu dapat ditelusuri kepada sumbernya di dalam Allah. Pemikiran orang Kristen tentang seks, pernikahan, dan kesenangan jasmani... prinsip- prinsipnya berasal dari Dia yang menciptakan kesenangan jasmani kita, Dia yang mengetahui bagaimana mereka dapat menikmati yang terbaik, yakni ALLAH.

35 DISKUSIKAN Menurut para pengkritik Alkitab, ada 5 buku yang seharusnya tidak “layak” dimasukkan ke dalam Alkitabnya orang Kristen, salah satu diantaranya menurut mereka adalah buku “Kidung Agung,” sebab kata mereka, buku Kidung aku dipenuhi dengan hal-hal yang bersifat roman, erotis dan cinta birahi. Menurut anda, mengapa buku Kidung Agung dimasukkan dalam Kanonisasi Alkitab? Jelaskan!

36 Kisah Cinta 3. Allah yang Romantis (Keluaran 20:5,6)

37 Keluaran 20:5,6 “Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya... tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.”

38 Kasih Allah Banyak kali Allah mengungkapkan kecemburuan- Nya terhadap umat-Nya Kecemburuan ialah sebuah perasaan seorang pecinta ketika dia pikir bahwa orang yang dicintainya tidak setia kepadanya. Allah bukanlah satu “kekuasaan” atau pribadi yang tidak ramah, tidak berperasaan. Dia adalah satu Oknum pribadi yang penuh kasih sayang kepada keluarga umat manusia. Betapapun sulitnya kita memahami, Allah mencitai kita dan seperti pecinta yang lain, Dia terluka oleh ketidaksetiaan kita.

39 Kasih Allah Allah tidak hanya mengumumkan kasih-Nya kepada kita, tetapi Dia telah menunjukkannya kepada kita dalam banyak cara yang luar biasa. Tentu saja, yang terbesar, adalah salib Yesus dan apa yang terjadi di sana. Bukti apakah lagi yang kita perlukan dari kasih Allah lebih daripada apa telah diberikan kepada kita di Golgota?

40 Perkawinan di Kana Yesus, yang meresmikan pernikahan pertama di Eden, sekarang melakukan mukjizat-Nya yang pertama... Di pesta pernikahan. Dalam mukjizat ini kita dapat melihat kuasa kreatif Allah... Cinta romantis dan pernikahan adalah, pemberian yang terindah dari Allah.

41 DISKUSIKAN Kebiasaan, kehidupan sosial serta budaya apakah menurut Anda yang dapat menuntun Anda kepada penyalahgunaan kenikmatan fisik yang telah diberikan Allah kepada kita? Mengetahui bahwa Allah sangat mengasihi Anda apakah pengaruhnya hal itu terhadap sikap Anda kepada Allah dan sesama? Apakah setiap manusia harus menikah dan menikmati romantisme yang Allah berikan kepada manusia itu harus dinyatakan kepada pasangan hidup Anda? Kalau Anda tidak memiliki pasangan hidup, lalu bagaimana?

42 RANGKUMAN Bagi banyak orang modern, Allah telah direndahkan menjadi satu “teladan” yang baik. Atau Dia dicairkan menjadi sebuah konsep yang berguna untuk mengorganisir perdamaian dunia. Dia tidak nampak seperti satu Pribadi yang cinta-Nya dapat kita rasakan. Tetapi Kitab Suci menyatakan dengan tegas bahwa Allah adalah penyayang yang penuh kasih mesra. Pikirkan pertentangan yang menimbulkan doktrin- doktrin GMAHK berbeda.

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Dari pernikahan pertama di Taman Eden sampai kepada pernikahan Anak Domba dalam Wahyu banyak cerita diantaranya, Kitab Suci mengungkapkan kesucian dan keindahan asmara, cinta dan keintiman dalah hubungan yang sehay. Kisah romantis dan keintiman yang digambarkan dalam Alkitab adalah merupakan indikasi hubungan yang Tuhan harapkan antara umat- Nya dan diri-Nya. Allah rindu agar kita dapat merasakan hubungan yang intim dan dekat dengan Dia. Diharapkan melalui pelajaran SS minggu ini kita sebagai umat Tuhan dapat merasakan kemesraan dan keintiman dengan Allah dalam konteks yang tepat Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan melalaui doa dan belajar Alkitab, saya akan tetap menjaga hubungan pribadi saya dengan Tuhan agar tetap mesra dan intim, hal itu akan dinyatakan melalui hubungan saya kepada sesama anggota jemaat dan masyarakat yang saya temui.

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google