Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 13 Janji Kedatangan-Nya Kembali

10 POKOK PIKIRAN: Kapankah Yesus datang kembali? Siapakah yang tahu? Dalam satu segi itu tidaklah penting. Yang penting adalah, bahwa Dia pasti kembali.

11 Kata-kata Pembuka Sebagai umat Kristen Advent Hari Ketujuh, sangat penting bahwa kita tetap fokus pada kedatangan Yesus selama bertahun-tahun, mudah kehilangan semangat dan keinginan untuk peristiwa tersebut.

12 Ayat Hafalan “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya” (Wahyu 22:12).

13 Pengantar Umat Masehi Advent Hari Ketujuh percaya bahwa kedatangan Kristus kedua kali telah dekat. Bahkan dalam laporan berita pun, reporter sekular kadang-kadang menggambarkan dunia ini sudah semakin dekat kepada beberapa krisis besar, baik politik, lingkungan hidup, ekonomi, militer, atau kombinnasi dari semuanya. Seseorang tidak perlu menjadi nabi Alkitabiah agar dapat melihat bahwa dunia ini sudah berada di tepi jurang malapetaka.

14 Pengantar Dengan mempelajari pelajaran mengenai “Janji Kedatangan-Nya Kembali,” diharapkan akan menghidupkan kembali pengharapan terhadap kedatangan Kristus—satu pengharapan yang dimiliki umat MAHK sebagai suatu tubuh yang berbadan hukum dan sebagai orang Kristen secara individu.

15 Janji Kedatangan-Nya Kembali Selayang Pandang 1. “Aku akan Datang Lagi” (Yohanes 14:2,3) 2. “Di Manakah Janji Kedatangan-Nya (2 Petrus 3:3,4) 3. “Lihatlah, Aku Datang Segera” (Wahyu 22:20)

16 Janji Kedatangan-Nya Kembali 1. “Aku akan Datang Lagi” (Yohanes 14:2,3)

17 Yohanes 14:2,3 “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”

18 Awal dan Akhir Yesus dengan jelas menghubungkan permulaan dan akhir dari segala sesuatu dengan diri-Nya sendiri. Yesus merujuk diri-Nya sendiri sebagai Alfa dan Omega. Itu menunjukkan kepada kita kuasa Yesus dan kehadiran-Nya di mana-mana, itu menceritakan kepada kita bahwa Yesus ada di sana, pada permulaan dari segala sesuatu, dan Dia akan akan pada akhir. Kita dapat percaya kepada-Nya tidak peduli di mana kita berada. Itu adalah satu cara mengatakan kepada kita, meskipun suasana terlihat kacau balau, Dia selalu ada di sana untuk kita.

19 Janji dan Pengharapan Karena “hal-hal terakhir” berkisar pada penetapan kerajaan Allah, perhatian kepada “hal-hal terakhir” selalu menjadi perhatian terpenting bagi umat Advent. Begitu banyak kita menaruh perhatian terhadap akhir zaman, itu tersirat dalam nama kita: Masehi Advent Hari Ketujuh. Nama itu sendiri menunjuk kepada kepercayaan kita kepada kedatangan Yesus yang kedua kali.

20 Janji dan Pengharapan Mengungkapkan sejarah adalah rumit, tidak dapat diperkirakan, dan terlalu banyak faktor yang menentukan untuk meyakinkan kita terhadap keputusan yang kita buat tentang hal itu. Dan ketidakpastian ini membuat kita gelisah. Para penulis Alkitab meyakinkan kita bahwa kita tidak perlu putus asa; Allah bertanggungjawab, dan kita mempunyai janji akan kedatangan-Nya kembali dan janji tentang apa yang akan Dia lakukan pada saat kedatangan-Nya itu.

21 Janji dan Pengharapan Dunia baru yang sangat berbeda... menunggu kita ketika Dia datang...Kita sudah terbiasa dengan dosa, penyakit, kematian, rasa takut, kekejaman, kebencian, kelaparan, perang dan penderitaan, kita tidak mudah membayangkan satu dunia tanpa hal-hal tersebut. Namun, tentu saja itulah dunia yang kita harapkan, dunia yang telah dijanjikan.

22 Jaminan Kita yang Besar... pengharapan besar akan kedatangan kedua kali bergantung pada apa yang Kristus telah lakukan bagi kita pada kedatangan-Nya yang pertama. Di kayu salib,...Yesus membayar tebusan bagi jiwa kita, suatu tebusan yang penuh, sempurna, dan satu kali bagi semua orang. Yesus akan datang kembali untuk mendapatkan apa yang telah dibayar-Nya dengan harga yang sangat mahal itu. Jadi, kedatangan Yesus yang pertama memberi kita jaminan untuk kedatangan-Nya yang kedua kali.

23 DISKUSIKAN Sebagai umat MAHK yang sudah lama menunggu kedatangan Kristus yang kedua, bahkan sudah menunggu sampai beberapa generasi seringkali hal ini membuat kita menjadi kurang “fokus.” Menurut anda, apakah cara yang mantap, agar kita tetap “fokus” dan bersemangat menantikan kedatangan-Nya yang kedua kali?

24 Jawab “Tetap berpusat Yesus”

25 Janji Kedatangan-Nya Kembali 2. “Di Manakah Janji Kedatangan-Nya (2 Petrus 3:3,4)

26 2 Petrus 3:3,4 “Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa- bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."

27 Penundaan Sejak hari-hari permulaan Gereja MAHK, orang Advent percaya bahwa Kristus akan datang segera, “lebih dekat daripada pertama kita percayai.” Sementara bertahan pada pendirian itu, kita masih di sini, lebih lama daripada yang kita harapkan. Bagaimanakah kita memahami “penundaan” ini?

28 Penundaan Pertama-tama, kita bukanlah satu-satunya orang yang memiliki pengharapan yang tidak segera dipenuhi Allah seperti yang kita pikirkan. Hawa, misalnya, berpikir bahwa Pelepas yang dijanjikan Allah (Kej 3:15) akan dipenuhi dalam kelahiran anak pertamanya. Baca Kejadian 4:1.

29 Renungkanlah Pernakah Anda berpikir bahwa Tuhan akan kembali sekarang? Apakah Anda berkecil hati karena “penundaan,” atau bahkan meragukan kedatangan kedua kali karena kita masih di sini? Ingatkah Anda semua bukti yang ada bahwa Kristus akan kembali, sadari juga, bahwa sebagai mahluk yang terbatas, pengertian Anda akan waktu sangat berbeda dengan Allah.

30 Diskusikan Menurut Anda, Mengapa Yesus menunda kedatangan-Nya (ditinjau dari sudut pandang manusia), begitu lama? Selain selalu “siap” menunggu, cara- cara apa saja yang seharusnya kita buat sementara kita menunggu kedatangan-Nya?

31 Janji Kedatangan-Nya Kembali 3. “Lihatlah, Aku Datang Segera” (Wahyu 22:20)

32 Wahyu 22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

33 Pelajaran SSD, Kamis 29 Maret sejauh pengalaman pribadi kita sendiri, kedatangan kedua kali itu adalah “sesegera” kematian kita. Kita mati, dan tanpa memperhatikan seberapa lama kita tidur dalam kubur kita—dua tahun, dua ratus tahun, dua ribu tahun—kita menutup mata kita dan hal berikutnya, dalam seketika, atau dalam sekejap mata, kita tahu bahwa Yesus telah datang kembali.

34 Pelajaran SSD, Kamis 29 Maret dari apa yang kita alami secara pribadi, kedatangan kedua kali itu tidak lebih lama daripada masa hidup manusia secara perorangan. Meskipun kedatangan kedua kali itu sendiri adalah sebuah persitiwa harafiah sedunia yang mempengaruhi bumi secara keseluruhan, kita mengalaminya hanya sebagai perorangan.

35 Pelajaran SSD, Kamis 29 Maret 2012 Meskipun kedatangan kedua kali itu sendiri adalah sebuah peristiwa harafiah sedunia yang mempengaruhi bumi secara keseluruhan, kita mengalaminya hanya sebagai perorangan.

36 DISKUSIKAN Menurut Anda, alasan- alasan apa saja yang membuat Yesus belum juga datang kembali ke dunia ini? Apakah sebagai umat Tuhan kita bertanggung jawab terhadap penundaan itu?

37 KUTIPAN ROH NUBUAT Doktrin mengenai kedatangan-Nya yang kedua kali adalah inti dari Alkitab yang suci itu. Sejak pasangan yang pertama melangkah meninggalkan Taman Eden, anak-anak yang beriman telah menunggu kedatangan Yang Dijanjikan untuk menghancurkan kuasa yang merusak itu dan untuk membawa mereka kembali ke Taman Eden yang telah hilang. Orang-orang saleh zaman dahulu mengharap kepada kedatangan Mesias di dalam kemuliaan, sebagai penyempurnaan pengharapan mereka.” Ellen G, White, Alfa dan Omega, Jld 8, hlm. 313

38 KUTIPAN ROH NUBUAT “...Kehidupan itu sama seperti uap, ‘yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.’ Anda tidak tahu seberapa cepat tangan Anda bisa kehilangan ketrampilannya, langkah Anda kehilangan kekuatannya. Ada bahaya dalam penundaan sesaat. “Carilah Allah selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Baiklah orang fasik meninggalkan jalanya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada Allah, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya’”—Ellen G. White, Review and Heraldm 23 Desemberm 1902

39 RANGKUMAN Kita mempunyai banyak alasan yang baik untuk percaya pada kedatangan Kristus kembali, tidak persoalan kapan itu terjadi.

40 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Mulai dari kejatuhan dan seterusnya, penduduk bumi telah diarahkan ke depan kepada waktu bilamana Allah akan datang untuk mengadakan pengadilan, pembersihan, dan solusi terakhir terhadap dosa. Kristus mengulangi janji-janji ini, dan kita yakin bahwa kedatangan-Nya akan segera. Meskipun tampaknya bahwa Dia menunda, kita perlu tetap waspada dan bersedia dalam persiapan untuk hari dan jam kedatangan-Nya kembali. Kedatangan Yesus itu pasti. Dia akan datang secara atau harafiah. Sebagai umat Allah kita harus selalu siap menunggu kedatangan-Nya dan pada saat yang sama kita secara aktif harus berusaha untuk mempercepat waktu kedatangan-Nya melalui ikut terlibat dalam mengabarkan Injil kepada sesama kita. Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan melalaui doa dan belajar Alkitab, saya akan tetap setia menantikan kedatangan-Nya yang sudah dekat itu dengan cara ikut terlibat membagikan iman saya kepada sesama saya di manapun saya berada.

41 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google