Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOCIAL NETWORK (JEJARING SOCIAL). TOPIK SOCIAL NETWORK ANGGOTA KELOMPOK: 1.WAHYU RAHMADANSYAH4212100015 2.ALFRIAN YOGA B.C4212100035 3.SAMPE TUA SITUMORANG4212100109.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOCIAL NETWORK (JEJARING SOCIAL). TOPIK SOCIAL NETWORK ANGGOTA KELOMPOK: 1.WAHYU RAHMADANSYAH4212100015 2.ALFRIAN YOGA B.C4212100035 3.SAMPE TUA SITUMORANG4212100109."— Transcript presentasi:

1 SOCIAL NETWORK (JEJARING SOCIAL)

2 TOPIK SOCIAL NETWORK ANGGOTA KELOMPOK: 1.WAHYU RAHMADANSYAH ALFRIAN YOGA B.C SAMPE TUA SITUMORANG M. FIKRI AZIZ ADNAN NOVAL DWI ANANDA

3 PENGERTIAN SOCIAL NETWORK “Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga”. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

4 Social Network atau jejaring social mengalami perkembangan pesat saat ini. Social network adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk berhubungan teman atau saudara untuk berbagi foto, video atau informasi lainnya tergantung dari sifat social media tersebut, bisa harus menjadi teman dahulu atau yang sifatnya open ( bisa dibuka siapa saja ). Media sosial adalah alat komunikasi yang merupakan bentuk nyata dari aplikasi IT. Ini adalah alat yang mendukung komunikasi dalam jejaring sosial.

5 CIRI – CIRI JEJARING SOSIAL: Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

6 Adapun kelebihan jejaring sosial, yaitu: 1. Menjalin silaturahmi Kita bisa menjalin silahturahmi antara sesama teman kita kapan saja dan dimana saja. Tanpa harus bertatap muka atau berkontak fisik secara langsung. 2. Membangun hubungan (Relasi) Jejaring sosial menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Misalnya sebuah perusahaan mendapatkan sebuah feedback, ide, pengujian dan mengelola layanan dari pelanggan dengan cepat.

7 3. Jangkauan Global Dengan jejaring sosial kita dapat mengakses bukan hanya antar kota saja tetapi dapat menjangkau secara internasional. 4. Menambah Ilmu Kita bisa menambah ilmu pengetahuan, misalnya (mendesign - design layout dari jejaring social kita atau bisa membuat aplikasi dan kemudian di share ke teman-teman melalui jejaring social).

8 5. Mendapatkan Informasi lebih cepat Dengan adanya jejaring sosial maka informasi yang didapatkan akan lebih terupdate. Sehingga menjadikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang cepat. 6. Sebagai layanan promosi / iklan Jejearing sosial dapat digunakan sebagai promosi dari suatu barang ataupun jasa dengan mudah dan murah. Dan para konsumen dapat mencari suatu barang ataupun jasa melalui jejearing socsial tanpa harus bertatapan muka secara langsung.

9 KEKURANGAN JEJARING SOSIAL 1.PENYALAHGUNAAN Adanya jejaring sosial sering disalahgunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya: penipuan, penculikan, dan perjudian 2. Pencemaran nama baik Banyak sekali account - account palsu yang mengaku dirinya seorang artis. Sehingga hal tersebut terkadang bisa di jadikan salah satu object perusakan nama baik seseorang

10 3. Terdapat virus – virus pada komputer Dengan banyaknya jejaring sosial yang dapat diakses dengan mudah dan cepat sehingga sangat memungkinkan untuk terdapat berbagai virus komputer yang ada. 4. Menjadi individualis Dengan adanya jejaring sosial yang banyak dalam dunia maya menyebabkan seseorang untuk malas berinteraksi pada dunia nyata. Karena dirasa dunia maya lebih mudah digunakan dari pada dunia nyata. Mereka kurang peduli terhadap lingkungan.

11 5. Menimbulkan beberapa penyakit Dengan kemajuan teknologi pada saat ini, sehingga menjamurnya warnet dimanapun. Hal tersebut membuat akses ke dalam jejaring sosial lebih mudah. Seseorang akan berlama – lama didalam warnet dengan tanpa mempedulikan kesehatan. Oleh karena itu dapat menumbulkan beberapa penyakit. Misalnya sakit mag dan sakit mata.

12 CONTOH SITUS JEJARING SOSIAL 1. SIXDEGREES.COM 2. FRIENDSTER 3. FACEBOOK 4. TWITTER 5. GOOGLE+ 6. PINTEREST 7. LINKEDIN 8. MYSPACE 9. BADOO 10. NING 11. DEVIANTART 12. CAFEMOM

13 Perkembangan Social Network 1. Sixdegrees.com Sixdegrees.com adalah media sosial pertama yang diluncurkan pada tahun Media sosial ini diciptakan oleh seorang CEO MacroView (yang kemudian diganti menjadi SixDegrees) bernama Andrew Weinreich

14 Founder sixdegrees.com Andrew Weinreich

15 Sixdegrees.com Sixdegrees.com menjadi media sosial populer pada masanya, tercatat hingga 3,5 jt akun yang terregistrasi pada saat itu. Namun pada tahun 2001,perkembangan internet yang kurang bagus membuat sixdegrees.com harus ditutup karena kekurangan dana.

16 2. Friendster Friendster menjadi salah satu pelopor social network modern sebelum munculnya facebook. Sosial media ini ditemukan oleh seorang programer asal kanada yang bernama Jonathan Abraham pada tahun Sama seperti sosial media yang lain melalui friendster kita bisa saling berinteraksi satu sama lain didunia maya.

17 Seiring berjalannnya waktu popularitas friendster kian meredup ditambah marak munculnya sosial media yang menawarkan fitur-fitur yang lebih atraktif. Akhirnya pada tahun 2011 friendster diluncurkan kembali menjadi website yang lebih fokus ke social game online Pendiri Friendster

18

19 3. Facebook Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

20 Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford hingga menyebar seantero Amerika dan dunia.

21

22 4. Twitter Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

23 Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet.

24

25 Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

26 5.Google+ Google+ adalah sebuah jejaring sosial baru yang tentu saja dikeluarkan oleh raksasa internet Google. Dioperasikan pertama kali pada 28 Juni 2011,dan langsung memiliki 750 juta pengguna pada tahun tersebut. Google+ memiliki fitur seperti, Circles, Messenger, Hangouts, dan lain-lain.Google+ didirikan untuk menyaingi facebook. Fitur Hangouts adalah kelebihan dari google+.

27

28 6. Pinterest Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board).Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain

29 Profil pendiri Pinterest Ben Silbermann adalah pengusaha muda yang lahir pada tahun1982 dan merupakan CEO serta pendiri dari PINTEREST, sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna bisa melihat dan nge-pin artikel dan gambar menarik. TAMPILAN AWAL PINTEREST

30

31 7. Linkedin Apa itu Linkedin???

32 LinkedIn adalah sebuah jejaring sosial layaknya Facebook atau Twitter yang tampil sedikit berbeda dengan jejaring sosial kebanyakan. Situs ini diperuntukkan bagi kalangan profesional. Alhasil, mengoptimalkan LinkedIn untuk ‘menjual diri’ pun sangat memungkinkan. Facebook Twitter Maksud ‘menjual diri’ di sini tentu saja untuk mencari kerja. Sebab bukan tidak mungkin para pemburu karyawan beroperasi atau mencari referensi dari situs ini.

33 LinkedIn sendiri didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 silam. Situs ini memang belum sebesar Facebook atau sepopuler Twitter. Sebab baru memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara.

34 Namun untuk ukuran jejaring sosial profesional, prestasi LinkedIn sejatinya cukup mentereng. Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir 17 bahasa.

35 Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006.

36 Perusahaan ini mendapatkan tantangan terberat semenjak munculnya situs jejaring sosial Facebook yang kian merajai internet. Tepatnya pada April Dampaknya, perusahaan ini memangkas 30 persen tenaga kerjanya pada juni Dengan hanya menyisakan 1000 karyawan saja

37 BADOO

38 Penjelasan Badoo adalah sebuah jejaring sosial multi bahasa yang dapat diakses di Badoo memiliki kantor di Soho, London, Inggris tetapi dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ada di Cyprus dan dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Andrei Andreyev, seorang berkebangsaan Rusia. Rusia

39 Sejarah Situs ini berasal dari Rusia dan situs ini diluncurkan di London pada tanggal November Dibuat oleh Andrei Andreyev, dikembangkan dari situs ia sebelumnya yang bertema kencan, Mamba.Rusiakencan Pada tanggal Januari 2008, seorang investor Rusia membayar 30 juta dolar amerika untuk bekerja sama dengan badoo dan mengambil keuntungan 10%. Pendapatannya akan digunakan untuk membangun kantor Badoo di Rusia. Pada tahun 2009, Finam (investor Rusia) mendapat 20% kepemilikan dari Badoo.2008 Pada bulan November 2010, Forbes melaporkan bahwa situs ini mungkin berkembang pada tahun Pada bulan September 2011, Badoo memiliki 125 juta pengguna yang terdaftar. Menurut halaman FAQ pada situs Badoo, Badoo telah memperkerjakan 200 orang secara internasional.

40 NING

41 Sejarah Kata " Ning " adalah Cina untuk " perdamaian ", seperti yang dijelaskan oleh Gina Bianchini di blog perusahaan. Ning mulai pembangunan pada bulan Oktober 2004 dan meluncurkan platform publik pada bulan Oktober Ning saat ini terletak di pusat kota Palo Alto, California dan kantor pusatnya berada di ruang kantor tua Facebook.

42 6. DEVIANART Suatu situs jejaring sosial yang bergelut dalam bidang seni, terutama dalam seni gambar. DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000 oleh Angelo Sotira,dkk.Angelo Sotira DeviantArt mengacu pada sekelompok seniman dalam satu tempat. Kerja akan terorganisir disini, seperti photography, digital art, traditional art, literature, Flash, filmmaking, skins for applications, Kphotographydigital art traditional artliteratureFlashfilmmakingskins for applications Pada Maret 2013, situsnya menccapai 250 juta pengunjung, and over 246 million submissions, [dan menerima umpan balik per harinya, pengguna deviantArt memasang 1.juta commment perharinya. Situs deviantart.com menerima kurang lebih 36 juta pengunjung pada tahun 2008 sesuai yang tertera di Compete.com study. Pada July 2011, Devianart menduduki peringkat ke 13 jaringan sosial terbesar dengan 3.8 juta perminggu dikunjungi.Compete.com

43 7. CAFEMOM Dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. CafeMom dibuat oleh Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun Selama satu tahun pelunncurannya, cafemom menjadi situs trafik bagi para ibu – ibu, pada situs comScore. CafeMom mendapat 8 juta pengunjung unik setiap bulannya, selama lebih dari 140juta halaman. Dan pada websitenya, di tahun 2009, CafeMom.com menjajaki profitable On March 30, 2010, CafeMom meluncurkan [prrogram The Stir, blog baru yang berisikan tentang gosip selebriti, masalah rumah tangga (dan solusinya), acara – acara, dan dekorasi rumahan. Bertempat di new York City, Cafemom.com mendapat banyak karyawan disini.


Download ppt "SOCIAL NETWORK (JEJARING SOCIAL). TOPIK SOCIAL NETWORK ANGGOTA KELOMPOK: 1.WAHYU RAHMADANSYAH4212100015 2.ALFRIAN YOGA B.C4212100035 3.SAMPE TUA SITUMORANG4212100109."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google