Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GERAKAN-GERAKAN SEMPALAN DALAM GEREJA MAHK. Kelompok-Kelompok Yang Keluar Dari GMAHK Bukan hanya Paulus yang melihat adanya bahaya itu. Yohanes juga menulis,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GERAKAN-GERAKAN SEMPALAN DALAM GEREJA MAHK. Kelompok-Kelompok Yang Keluar Dari GMAHK Bukan hanya Paulus yang melihat adanya bahaya itu. Yohanes juga menulis,"— Transcript presentasi:

1 GERAKAN-GERAKAN SEMPALAN DALAM GEREJA MAHK

2 Kelompok-Kelompok Yang Keluar Dari GMAHK Bukan hanya Paulus yang melihat adanya bahaya itu. Yohanes juga menulis, "Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita." (1 Yoh 2:19.) Bukan hanya Paulus yang melihat adanya bahaya itu. Yohanes juga menulis, "Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita." (1 Yoh 2:19.)

3 Beberapa nama sempalan GMAHK 1. The Messenger Party 2. The Hope of Israel/Marion Party 3. Kelompok Kellog-Jones dan Canright (mengajarkan doktrin baru)

4 3. Kelompok Kellog-Jones dan Canright a. John Harvey Kellog ( ) – Ahli bedah yang Terkenal a. John Harvey Kellog ( ) – Ahli bedah yang Terkenal Seorang dokter lulusan Berveu Hospital Medical College, pada tahun 1876 diangkat menjadi pemimpin Western Health Reform Institute di Battle Creek, yang tidak lama kemudian berganti nama menjadi Battle Creek Sanatorium. Seorang dokter lulusan Berveu Hospital Medical College, pada tahun 1876 diangkat menjadi pemimpin Western Health Reform Institute di Battle Creek, yang tidak lama kemudian berganti nama menjadi Battle Creek Sanatorium.

5 Di kalangan masyarakat sekitar Battle Creek kemudian lahirlah istilah "Kellogg Scar" yang berarti bekas luka operasi yang hampir-hampir tidak kelihatan. Di kalangan masyarakat sekitar Battle Creek kemudian lahirlah istilah "Kellogg Scar" yang berarti bekas luka operasi yang hampir-hampir tidak kelihatan. Berduyun-duyun orang, termasuk pejabat- pejabat negara Amerika Serikat, datang ke Battle Creek untuk berobat ke rumah sakit ini karena resep alamiahnya --air, sinar matahari, udara segar, dan gerak badan -- seperti yang disarankan Ellen White. Berduyun-duyun orang, termasuk pejabat- pejabat negara Amerika Serikat, datang ke Battle Creek untuk berobat ke rumah sakit ini karena resep alamiahnya --air, sinar matahari, udara segar, dan gerak badan -- seperti yang disarankan Ellen White.

6 Dokter Kellogg yang vegetarian (tidak makan daging) ini menciptakan berbagai menu makanan, satu di antaranya ialah makanan "cornflake“, yang di kemudian hari hak cipta-nya dia berikan kepada adiknya, W. K. Kellogg.

7 Dia mulai menyusun teori-teori baru dan menerbitkan sebuah buku berjudul The Living Tample (Bait suci yang Hidup). Dia mulai menyusun teori-teori baru dan menerbitkan sebuah buku berjudul The Living Tample (Bait suci yang Hidup).  di dalamnya terdapat prinsip ajaran panteisme (Bahwa Allah adalah hukum alam dan kekuatan-kekuatan alam yang bergabung menjadi satu hingga terwujud alam semesta; Allah ada di dalam segala benda alam).

8 Keyakinan itu di dukung oleh b. Asa T. Jones ( ) b. Asa T. Jones ( ) c. Dudley Marvin Canright ( )

9 Kelompok Sempalan lainnya 4. German SDA Reform Movement (1915) 5. Rowenite Reformed Seventh-Day Adventist (1916) 6. United Sabbath-day Adventists 7. Davidian Seventh-day Adventist (The Shepherd's Rod)

10 Ajaran-ajaran pokok Davidian Seventh-day Adventist adalah sebagai berikut : A.Kerajaan Daud: TUHAN akan mebangkitkan kembali kerajaan Daud di dunia ini. B.Lokasi Kerajaan Daud itu berada di tanah Israel (Palestina), itu sebabnya semua yang mau masuk surga harus berkumpul di tanah Israel C.Di dalam kerajaan itu ada 5 kelompok. – orang Israel –Rombongan besar orang yang pulang ke Israel –Mereka yang dibangkitkan –Orang-orang Israel yang akan dibangkitkan –Semua yang dibangkirkan pada kebangkitan pertama

11 Nasihat Alkitab dan Ellen G. White tentang Ajaran Davidian: 1. Mengecam Untuk Bermigrasi Ke Yerusalem. Ajaran Tongkat Gembala bahwa kantor pusat Injil akan dibangun di Yerusalem, Palestina Modern, dan bahwa akan terjadi perpindahan umat Allah secara masal dari seluruh pelosok dunia ke tempat itu sebelum diangkut ke Surga pada saat kedatangan Kristus, adalah suatu khayal yang tidak berlandaskan Firman Tuhan dan Roh Nubuat.

12 2.Tidak Akan Ada Damai Mutlak di Dunia sebelum pintu kasihan ditutup, umat- umat ALLAH yang setia itu akan menghadapi penganiayaan karena iman mereka selama mereka masih hidup di atas dunia ini. 3.Umat Israel badani telah gagal dan TUHAN telah melanjutkan rencana itu kepada Israel rohani yaitu jemaat-Nya


Download ppt "GERAKAN-GERAKAN SEMPALAN DALAM GEREJA MAHK. Kelompok-Kelompok Yang Keluar Dari GMAHK Bukan hanya Paulus yang melihat adanya bahaya itu. Yohanes juga menulis,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google