Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE RISET PEMASARAN OLEH: DWI ENDAH.K. PENDAHULUAN SIFAT-2 DAN RUANG LINGKUP RISET PASAR 1.1. PENDAHULUAN 1.2. PERAN RISET PASAR DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE RISET PEMASARAN OLEH: DWI ENDAH.K. PENDAHULUAN SIFAT-2 DAN RUANG LINGKUP RISET PASAR 1.1. PENDAHULUAN 1.2. PERAN RISET PASAR DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN."— Transcript presentasi:

1 METODE RISET PEMASARAN OLEH: DWI ENDAH.K

2 PENDAHULUAN SIFAT-2 DAN RUANG LINGKUP RISET PASAR 1.1. PENDAHULUAN 1.2. PERAN RISET PASAR DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN MANAJEMEN 1.3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEPENGARUHI RISET PASAR 1.4. PENGGUNAAN RISET PASAR 1.5. KODE ETIK DALAM RISET PASAR

3 1.1. PENDAHULUAN MARKETING: adalah sebuah proses perencanaan dan eksekusi harga, promosi dan distribusi dari ide-2, barang kebutuhan sehari-hari dan jasa untuk mengahsilkan perubahan-2 yang makin dapat memenuhi kepuasan pelanggan dibandingkan dengan memaksimumkan profit MARKETING RESEARCH merupakan bagian penting dari MARKETING INTELLIGENCE SYSTEM, yang dapat membantu mengembangkan pengambilan keputusan manajemen dengan menyediakan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Marketing Research  is the function that links an organization to its market through information. This information is used to identify and define marketing opportunities and problems, generate, refine, and evaluate marketing actions, monitor marketing performance, and improve the understanding of marketing as a process. Marketing research specifies the information required to address the issues, designs the method for collecting information, manages and implements the data-collection process, interprets the results, and communicates the findings and their implications.

4 STORE – SPECIFIC MARKETING Perusahaan-perusahaan consumen product menyimpulkan bahwa tidak cukup hanya berfokus hanya pada sebuah daerah, kecamatan atau kota. ‘ Store – Specific Marketing ’ akan menjadi sebuah ‘ The future of succesfull retailers ‘ Dari data pembelian akan terlihat perilaku pembelian konsumen. Digabung dengan data ekonomi, sosial, etnic dari profil pembeli di setiap supermarket. Dapat diamati pola traffic, biaya belanja maksimal, kepadatan penduduk, besar supermarket, volume penyediaan dari masing-masing jenis barang. Dikombinasikan dengan statistik pola konsumsi, profil demografi maka dapat dibuat rank setiap supermarket bagaimana mereka menjual barang

5 1.2. PERAN RISET PASAR DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MERUPAKAN PROSES TERUS MENERUS, SEHINGGA EVALUASI DARI KEPUTUSAN STRATEGI MERUPAKAN INPUT DARI UNTUK ANALISIS SITUASI DAN SETERUSNYA IMPLEMETATION SITUATION ANALYSIS STRATEGY DEVELOPMENT MARKETING PROGRAM DEVELOPMENT performance monitoring Refining strategies and program Understand the environtment and the market Identify threats and opportunities Asses the competitive position Define the bussiness scope and served market segments Establish competitive advantages Set performance objectives Product and chanel decision Communication decisions Pricing Personal selling decisions

6 SITUATION ANALYSIS Marketing strategy yang efektif dibangun dari pemahaman yang dalam dari situasi pasar dari bisnis dan karaketristik yang spesifik dari pasar Lingkungan Makro meliputi: tren politik dan regulasi tren ekonomi dan sosial tren technology Riset Pasar cenderung difokuskan untuk pda tren-2 tersebut yang berpengaruh pada demand untuk produk dan jasa. Sebagai contoh untuk tahun ’80-’90 an, hal-hal yang berpengaruh pada konsumen produk-2 makanan adalah: Perubahan demografi, terutama umur Perubahan demografi, terutama umur Perubahan yang sangat cepat dalam struktur keluarga, ibu-2 bekerja, penundaan perkawinan, banyak perceraian Perubahan yang sangat cepat dalam struktur keluarga, ibu-2 bekerja, penundaan perkawinan, banyak perceraian Sebagai akibatnya perhatian terhadap kualitas makanan dan nutrisi makin meningkat….cenderung lebih sehat, dan natural, misalnya cenderung makan dirumah, tidak suka jajan, lebih selektif dsb.

7 RUANG LINGKUP DARI ANALISIS SITUASI UNTUK PERUSAHAAN BARANG-2 RUMAH TANGGA 1. Lingkungan Pasar  Teknologi??  Tren ekonomi? Ada sisa income?  Social trend?  Tren Politik dan regulasi 2. Karakteristik Pasar  Ukuran pasar, potensi pertumbuhan?  Sebaran Geografis?  Segmentasi  Kompetisi  Kompetitif produk  Channel members: melalui supermarket, outlet lain (toko dll) 3. Perilaku Konsumen  Apa yang mereka beli?  Produk dan jasa  Siapa yang membeli?  Dimana mereka beli?  Bagaimana cara membeli?  Kapan mereka beli? Sekali seminggu, periodik dsb  Antisipasi adanya perubahan, misalnya ada produk baru, perubahan preferensi dan keinginan konsumen.

8 1.3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEPENGARUHI RISET PASAR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RISET PASAR: 1. RELEVANCE RISET SEHARUSNYA TIDAK DITUJUKAN UNTUK MEMUASKAN KEBINGUNGAN ATAU HANYA UNTUK MENGKONFIRMASI KEBIJAKAN SEBELUMNYA TETAPI LEBIH DIARAHKAN UNTUK MENDUKUNG STRATEGI ATAU AKTIFITAS PERENCANAAN 2. TIPE DAN NATURE DARI INFORMASI YANG DIAMATI JIKA INFORMASI YANG DIBUTUHKAN TERSEDIA DI PERUSAHAAN, MISALNYA DARI STUDI YANG LAIN YANG TELAH DILAKUKAN ATAU MERUPAKAN PENGALAMAN PERUSAHAAN MAKA SEBAIKNYA TIDAK DILAKUKAN RISET PASAR 3. WAKTU KEPUTUSAN MELAKUKAN RISET SANGAT TERGANTUNG WAKTU, MISALNYA KAPAN AKAN ADA PELUNCURAN PRODUK BARU, PERUBAHAN HARGA DSB. KEPUTUSAN MELAKUKAN RISET TIDAK BOLEH TERLAMBAT.

9 KETERSEDIAAN INFORMASI –MELIPUTI KETERSEDIAAN DANA DAN SDM –KETIDAKCUKUPAN TENAGA DAN DANA AKAN BERPENGARUH KEPADA KUALITAS HASIL RISET –DEMIKIAN JUGA JIKA TENAGA YANG MELAKUKAN RISET KURANG QUALIFIED COST AND BENEFIT ANALYSIS –SEBELUM MELAKUKAN RISET PASAR, ANALISIS UNTUK MEMPERHITUNGKAN COST AND BENEFIT DIGUNAKAN UNTUK VALUE DARI INFORMASI APAKAH SESUAI DENGAN COST AND BENEFIT ATAU WAKTU –OLEH KARENA ITU PERLU DILAKUKAN ESTIMASI NILAI INFORMASI YANG DICARI MELALUI RISET. ESTIMASI TERSEBUT AKAN MEMBANTU UNTUK MENENTUKAN SEBERAPA BANYAK HAL-HAL YANG HARUS DIINVESTASIKAN UNTUK RISET TERSEBUT (WAKTU, UANG DAN TENAGA)

10 1.4. PENGGUNAAN RISET PASAR Walaupun riset pasar memang ditujukan untuk menggali informasi, para manajer tidak selalu siap menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan problemnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan manajer untuk menggunakan informasi hasil riset pasar adalah: 1. Research quality 2. Conformity to prior expectations 3. Carity of presentation 4. Political aeccetability within the firm 5. Challenge to status quo Apakah Riset Pasar menjamin kesuksesan? Contoh riset yang telah dilakukan COCA COLA: Sebelum meluncurkan produk baru NEW COKE, Coca Cola melakukan riset untuk mengetahui kesukaan konsumen dan diperoleh informasi bahwa konsumen membutuhkan minuman berkalori bir yang rendah. Kemudian dibuat NEW COKE sesuai dengan “keingininan pasar” tersebut dan ternyata penurunan kadar bir membuat rasa Coca Cola berubah. Perubahan rasa tersebut menurunkan penjualan Coca Cola

11 1.5. KODE ETIK DALAM RISET PASAR (Research Association) PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DALAM RISET PASAR 1. CLIENT YANG MENSPONSORI PROJECT 2. SUPPLIER YANG MENDISAIN DAN MELAKSANAKAN RISET 3. RESPONDEN YANG MENYEDIAKAN INFORMASI  ISU KODE ETIK DALAM RISET PASAR MENYANGKUT SEMUA KOMPONEN TERSEBUT  KODE ETIK UMUMNYA DIBUAT OLEH LEMBAGA/ASOSIASI RISET YANG DIAKUI, DIMAKSUDKAN UNTUK: 1. MANJAGA STANDARD KOMPETENSI DAN INTEGRITAS DALAM SURVAI DAN RISET PASAR 2. MENJAGA PROFESIONALITAS 3. MENJAGA OBYEKTIFITAS DAN AKURASI 4. MELINDUNGI IDENTITAS RESPODEN 5. MEMBERIKAN PETUNJUK BERTANGGUNG JAWAB 6. MENYEDIAKAN METODE DAN TEKNIK RISET CLIENT SECARA DETIL 7. UNTUK MEMPROMOSIKAN KEPERCAYAAN THD KEGIATAN RISET DAN SURVAI PASAR KEPADA MASYARAKAT 8. DLL

12 SPONSOR’S ETHICS  OVERT AND COVERT PURPOSES  DISHONESTY IN DEALLYNG WITH SUPPLIERS  MISUSE OF RESEARCH INFORMATION THE SUPPLIER’S ETHICS  VIOLATING CLIENT CONFIDENTIALITY  IMPROPER EXECUTION OF RESEARCH: BIASED SAMPLING, IGNORING RELEVANT DATA OR MISUSING STATISTICS, ALL OF WHICH LEAD TO ERRORNEOUS AND MISLEADING RESULTS THE RESPONEDENT’S ETHICS AND RIGHTS  THE RIGHT TO PRIVACY  THE RIGHT TO SAFETY  THE RIGHT TO KNOW THE TRUE PURPOSE OF THE RESEARCH  THE RIGHT TO THE RESEARCH RESULTS  THE RIGHT TO DECIDE ON WHICH QUESTIONS TO ANSWER

13 Riset Pasar merupakan sebuah industri yang sedang berkembang sepuluh tahun terakhir, belanja (biaya) untuk riset pasar sudah lebih dari dua kali dari tahun-tahun sebelumnya. Riset pasar tidak hanya dikerjakan oleh industri-industri/perusahaan besar namun juga oleh: Instansi-instansi Sekolah Manager Perusahaan-perusahaan semacam bank, penerbangan, dsb.


Download ppt "METODE RISET PEMASARAN OLEH: DWI ENDAH.K. PENDAHULUAN SIFAT-2 DAN RUANG LINGKUP RISET PASAR 1.1. PENDAHULUAN 1.2. PERAN RISET PASAR DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google