Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 3 PERSEROAN TERBATAS (CORPORATION). Perseroan Terbatas : Badan hukum yang berdiri sendiri yang diatur berdasarkan Undang-undang. Ciri-Ciri Perseroan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 3 PERSEROAN TERBATAS (CORPORATION). Perseroan Terbatas : Badan hukum yang berdiri sendiri yang diatur berdasarkan Undang-undang. Ciri-Ciri Perseroan."— Transcript presentasi:

1 MATERI 3 PERSEROAN TERBATAS (CORPORATION)

2 Perseroan Terbatas : Badan hukum yang berdiri sendiri yang diatur berdasarkan Undang-undang. Ciri-Ciri Perseroan Terbatas adalah : a. Badan Hukum yang Terpisah (Separate Legal Existence). Perseroan dapat memperoleh, mempunyai dan menjual atas namanya sendiri. Termasuk mengadakan kontrak …

3 Termasuk mengadakan kontrak, mempunyai hutang selama aktivitasnya masih berada di dalam batas- batas anggaran dasar dan akte perusahaan. b. Hak Pemilikan yang dapat Dipindahkan (Transferable Units of ownership) Hak pemilikan atas PT dapat terdiri dari beberapa kelompok yang dapat dipindah-pindah kan yang namanya saham.

4 Sebelum lebih lanjut membahas bentuk-bentuk saham, maka sebagai dasar mengelompokkan saham bersumber dari hak-hak yang dimiliki oleh pemegang saham. Hak-Hak utama Pemegang Saham, meliputi : 1. Hak Suara (the right to vote) 2. Hak Memperoleh Pembagian Laba (the right to share in distribution of learning)

5 3. Hak untuk mempertahankan bagian modal yang dimiliki dengan jalan membeli secara proporsio nal dari setiap tambahan jumlah saham yang ditentukan. 4. Hak atas pembagian harta pada saat likuidasi Perseroan dapat mengeluarkan satu atau beberapa saham dengan pemberian hak-hak istimewa (Preferred Stock)

6 Hak-hak istimewa ini dapat berupa pembagian laba atau hak terlebih dahulu atas harta perusahaan jika perusahaan dilikuidasi. Jadi pemegang saham preferen akan dipenuhi terlebih dahulu pembagian dividennya, sebelum pembagian kepada pemegang saham biasa (common stock)

7 Sebuah perseroan telah mengeluarkan 500 lbr saham preferen dan 2000 saham biasa. Hak istimewa saham preferen yakni mempunyai hak pertama atas dividen sebesar Rp per lembar. Berikut disajikan cara pembagian : Tahun pertama : Laba sebesar Rp Tahun kedua : Laba sebesar Rp Tahun ketiga : Laba sebesar Rp

8 Dewan komisaris menetapkan bahwa sebagian laba atau sebesar 40% akan ditahan di dalam perusahaan. Pertanyaannya : a. Berapa jumlah laba yg dibagikan pada setiap tahun. b. Berapa jumlah dividen yang harus dibayarkan untuk pemegang saham preferen? c. Berdasarkan point (b), tentukan juga untuk pemegang saham biasa ?

9 d. Tentukan berapa besarnya dividen untuk setiap saham preferen e. Tentukan berapa besar dividen untuk setiap saham biasa. Penyelesaian :

10 KeteranganTahun Ke ITahun Ke IITahun Ke III Laba Bersih Jml yg Ditahan Laba yg Dibagi Div Saham Pref Div Saham Biasa Div per Saham Saham Preferen2.000 Saham Biasa KeteranganTahun Ke ITahun Ke IITahun Ke III Laba Bersih Jml yg Ditahan Laba yg Dibagi Div Saham Pref Div Saham Biasa Div per Saham Saham Preferen2.000 Saham Biasa

11 Saham Preferen dapat dibagi atas : 1. Saham preferen berpartisipasi dan tidak berparti sipasi. 2. Saham preferen komulatif dan tidak komulatif 3. Hak-Hak Istimewa lainnya. Saham Tidak Berpartisipasi (non participacing) Yakni saham yang diberikan hak istimewa kepada pemegang saham seperti saham preferen

12 Saham Preferen yang Berpartisipasi Yakni Jika jumlah dividen yang diberikan kepada para pemegang saham preferen lebih besar dari jumlah yang ditentukan (Bisa disebabkan krn laba perusahaan lebih besar) Saham Preferen Komulatif dan Tidak Komulatif Adalah Jika jumlah dividen yang diterima para pemegang saham tersebut tidak mencapai jumlah dividen yang telah ditetapkan.


Download ppt "MATERI 3 PERSEROAN TERBATAS (CORPORATION). Perseroan Terbatas : Badan hukum yang berdiri sendiri yang diatur berdasarkan Undang-undang. Ciri-Ciri Perseroan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google