Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kabel coaxial Kabel sepaksi/sesumbu (coaxial cable) adalah sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap infromasi yang telah diubah menjadi sinyal-sinyal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kabel coaxial Kabel sepaksi/sesumbu (coaxial cable) adalah sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap infromasi yang telah diubah menjadi sinyal-sinyal."— Transcript presentasi:

1 Kabel coaxial Kabel sepaksi/sesumbu (coaxial cable) adalah sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap infromasi yang telah diubah menjadi sinyal-sinyal listrik. Kabel ini memiliki kemampuan yang besar dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar, sehingga sanggup mengalirhantar (transmit) kelompok kanal frekuensi percakapan atau program televisi. Kabel sepaksi biasanya digunakan untuk saluran dengan jarak selebihnya km.

2 Kabel koaksial

3 Kabel Coaxial

4 Konstruksi Konduktor utama  Konduktor kabel harus terbuat dari bahan tembaga padat berbentuk silindris berkonduktivitas tinggi.  Sedangkan untuk tahanan dari konduktor yang letaknya di dalam ( inner conductor) adalah 1/58 per 1 meter. Isolasi Isolasi kabel terbuat dari bahan polietilena homogen dan melingkari pada konduktor utama. Untuk diameter nominalnya yakni 0,97 mm dan juga tidak diperbolehkan melebihi 0,05 mm. Konduktor bagian luar Konduktor terbuat dari pita tembaga yang memiliki tebal 0,25 mm dengan maksimum toleransi 0,2 mm. Untuk tahanannya adalah sebesar 1/52 per meter. Pada bagian atas pita tembaga ini dibalut dengan dua lapis pita baja yang memiliki tebal 0,15 mm yang digunakan sebagai pelindung elektromagnetik. Pembungkus luar Pembungkus luar kabel terbuat dari polietilena yang dicampur dengan karbon hitam sebanyak 2%. Untuk tebal rata – rata pembungkus tidak diperbolehkan melebihi dari 2 mm dan juga tidak boleh kurang dari 1,6 mm.

5 Kabel coaxial adalah sebuah kabel yang terdiri dari satu kawat dengan inti terletak ditengah yang dibungkus secara berlapis oleh plastik, kawat screen, plastik, aluminium foil dan terakhir adalah lapisan plastik lagi (polyuthylene). Digunakan kabel ini karena redamannya jauh lebih kecil dari pada kabel tembaga biasa. Kabel ini dipergunakan untuk gelombang yang membawa sejumlah kanal multiplexing besar. Kabel bawah laut juga menggunakan kabel coaxial untuk menyalurkan sampai 4000 kanal, dengan tiap kanalnya sebesar 3 KHz dengan lebar pita frekuensi adalah sebesar 30 MHz. Untuk perentangan didasar laut, maka kabel tersebut akan mengalami perenggangan yang cukup besar. Kabel Coaxial

6

7 KABEL COAXIAL THICK COAXIAL - Antar Jaringan LAN antar gedung THIN COAXIAL - antar jaringan LAN dalam gedung

8 Coaxial Cable / Kabel Coaxial Ada dua jenis cable coaxial : 1.Digunakan untuk transmisi analog Impedansi 75 Ohm Contoh : kabel antena TV external 2.Digunakan untuk transmisi digital Impedansi 50 Ohm Contoh : kabel jaringan komputer

9 Konektor Kabel Coaxial T Konektor BNC Konektor Pemasangan Pada LAN card Terminator

10

11 Kecepatan Transmisi Bit : Binary Digit Dalam transmisi bit merupakan pulsa listrik negatif atau positip Satuan kecepatan : – Bps = byte per second, bps = bit per second – Bps ≠ bps Satuan data digital – 8 bit = 1 byte – 1 byte= 1 karakter – 1 KB= 1024 byte – 1 MB= 1024 KB – 1 TB= 1024 GB

12


Download ppt "Kabel coaxial Kabel sepaksi/sesumbu (coaxial cable) adalah sarana penyalur yang bertugas menyalurkan setiap infromasi yang telah diubah menjadi sinyal-sinyal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google