Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

…network GO QUIT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "…network GO QUIT."— Transcript presentasi:

1 …network GO QUIT

2 “JARINGAN KOMPUTER sebagai KOMUNIKASI DATA “
>>> Interconnected Collection Of Autonomous Computers (suatu kumpulan interkoneksi dari komputer-komputer yang otonom). Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain. >>> Node, adalah istilah yang diterapkan untuk router dan host.protocol, yaitu merupakan sebuah prosedur standar atau aturan untuk pendefinisian dan pengaturan transmisi data antara komputer-komputer.

3 “JARINGAN KOMPUTER sebagai KOMUNIKASI DATA “
Fungsi Dasar JARINGAN: Sebagai sarana Berbagi Data Proses dan Berkas Simpanan. Sebagai sarana Komunikasi Data antar Komputer ( Peer to peer, Server to Klien, Server to Server). Prinsip Fungsi JARINGAN: Membagi sumber daya Reliabilitas tinggi Menghemat Dana Operasional Sarana komunikas

4 PRINSIP DASAR PEMBANGUNAN JARINGAN
Membagi sumber daya; Jaringan Komputer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi Reliabilitas tinggi; Jaringan Komputer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian apabila computer salah satu computer rusak, data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain. Menghemat Dana Operasional; Dengan menggunakan jaringan computer,perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu Komputer. Sarana komunikas; Jaringan computer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, jadi pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan computer - LAN.

5 TUJUAN SETUP JARINGAN Membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, Memori, ataupun Harddisk. Komunikasi Internet; misalnya , Instant Messanging, Chatting, dll. Akses informasi Internet, misalnya Web Browsing. Misal: (http://aritapi.wordpress.com)

6 “JARINGAN KOMPUTER sebagai KOMUNIKASI DATA “

7 Permasalahan pd Jaringan
Kerusakan atau kesalahan Hardware; Kerusakan atau kesalahan pada bagian hardware mencakup seluruh komponen jaringan antara lain mencakup server, workstation (client), Kartu Jaringan (NIC/LAN-Card), Pengkabelan dan Konektor, serta komponen jaringan tambahan lainnya seperti Hub/switch, Router, dan lain sebagainya. Kesalahan Software; Kesalahan bagian software berhubungan dengan kesalahan bagaimana setting dan konfigurasi jaringan yang berkaitan dengan system operasi baik pada komputer server maupun komputer workstation (client) yang digunakan, jenis protokol yang dipakai serta topologi jaringan.

8 Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Yang Tersambung Jaringan

9 Pemahaman Langkah-langkah Persiapan Diagnosa:
Apa yang harus dikerjakan pertama kali dalam Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan ? Bagaimana cara Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan ? Apakah diagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambubng jaringan sudah sesuai dengan aturan dan apakah sistem dapat bekerja dengan baik dan benar ?

10 Memilah Jenis Kerusakan / Permasalahn Jaringan:
Kerusakan atau kesalahan Hardware Network Interface Card (kartu jaringan) Pengkabelan dan Konektor Kesalahan setting konfigurasi jaringan Kesalahan Protocol yang digunakan Kesalahan pengalamatan IP Kesalahan Indentifikasi Client dan server komputer Kesalahan Service Network (file and print sharing) Kesalahan Security System Kerusakan file program, sehingga perlu di update.

11 Kerusakan atau kesalahan Hardware
Network Interface Card LAN.Card (1) Secara fisik untuk mengenali bahwa kartu jaringan tersebut telah atkif atau tidak aktif dapat dilihat pada lampu indikator yang terdapat dalam Kartu jaringan tersebut saat komputer hidup dan kartu jaringan telah dihubungkan dengan kabel jaringan maka lampu indikator harus sudah menyala.

12 Kerusakan atau kesalahan Hardware
Network Interface Card LAN.Card (2) Secara software untuk mengetahui bahwa kartu jaringan telah bekerja atau aktif dapat dilihat pada : Klik Start > setting > klik Control Panel (2) Pilih icon system double klik pilih menu Device Manager

13 Kerusakan atau kesalahan Hardware
Pengkabelan dan Konektor (1): Kabel Coaxial: Kabel Terbuka (open). Kondisi ini menyatakan bahwa telah terjadiputusnya kabel dalam jaringan yang menyebabkan kabel tidak dapat menghantarkan data. Konektor longgar (tidak terhubung). Kondisi ini terjadi pada pada koneksi antar kartu jaringan dengan konektor kabel. Kabel short. Kondisi ini menyatakan bahwa telah terjadi kabel yang hubung singkat dalam jaringan. Resistor pada terminating Connector Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor Longgar pada male connector

14 Kerusakan atau kesalahan Hardware
Pengkabelan dan Konektor (2): Kabel UTP: Konektor longgar (tidak terhubung) 2. Kabel short 3. Kabel terbuka (open) * Untuk mengecek kabel yang terbuka (open) dan kabel yang short dapat dilakukan dengan menggunakan Multimeter(Ohm-meter) dan LAN-Tester dengan mengetes ujung-ujung kabel.

15 Kerusakan atau kesalahan Software
Kesalahan setting konfigurasi jaringan Kesalahan Protocol yang digunakan Kesalahan pengalamatan IP Kesalahan Indentifikasi Client dan server komputer Kesalahan Service Network (file and print sharing) Kesalahan Security System Kerusakan file program, sehingga perlu di update *Untuk seting Konfigurasi, ada dalam modul.

16 “JARINGAN KOMPUTER sebagai KOMUNIKASI DATA “
>>> Ada Pertanyaan….?? ….to be Continue.


Download ppt "…network GO QUIT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google